Consumer insight merupakan suatu strategi dalam memahami perilaku pelanggan, termasuk kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait produk dan pelayanan. Yuk, ketahui pengertian dari consumer insight dan cara memaksimalkannya!.
Pengertian consumer insight
Consumer insight merupakan suatu strategi atau langkah untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perilaku, pemikiran, background pelanggan terkait dengan produk dan komunikasi promosinya. Jadi, setelah mengetahui pengertian consumer insight, bisa Anda simpulkan bahwa consumer insight dimanfaatkan untuk menguji hasil kreativitas pada saat mengembangkan produk dan layanan yang ditujukan untuk menjawab kebutuhan para pelanggan, tanpa perlu menyesuaikan hasil kerja. Makanya, dalam hal ini consumer insight hanya dimanfaatkan pada saat mengembangkan strategi komunikasi marketing dan promosi produk atau pelayanan yang telah dikembangkan oleh perusahaan.
Pentingnya consumer insight
Mengapa consumer insight penting? Setiap versi data pelanggan berfungsi sebagai referensi untuk meningkatkan pengembangan produk dan layanan, meluaskan fungsionalitas, memberi manfaat untuk para pelanggan, dan melakukan campaign marketing yang dipersonalisasi serta meningkatkan pengembangan penjualan.
Cara memaksimalkan consumer insight
Dalam dunia bisnis, consumer insight adalah konsep dan pedoman yang digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran dan periklanan untuk layanan produk, seperti yang disebutkan sebelumnya. Terdapat lima cara dalam memaksimalkan consumer insight yang perlu diketahui oleh Anda sebagai pemilik bisnis untuk menentukan tindakan yang tepat yang harus diambil dengan pelanggan Anda. Berikut adalah caranya.
1. Mengumpulkan data.
Cara pertama dari konsep ini adalah pengumpulan data, suatu cara yang terpenting dalam proses ini. Pendataan adalah data yang berisi berbagai permintaan pelanggan atau konsumen mengenai produk yang Anda tawarkan. Anda sebagai pelaku ekonomi perlu mendata keinginan pelanggan agar dapat membangun komunikasi yang baik dengan mereka dan mengetahui konsep dari consumer insight.
2. Menganalisis data.
Cara berikutnya adalah analitik data. Dalam hal ini, data yang dianalisis adalah data tentang keinginan pelanggan yang dikumpulkan dari proses sebelumnya. Data tersebut kemudian dianalisis untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Analisis data yang Anda lakukan bertujuan untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan pelanggan dan memudahkan perusahaan Anda dalam mengambil langkah yang tepat.
3. Melakukan Optimasi.
Cara selanjutnya dalam Consumer Insights adalah mengoptimalkan data sebelumnya. Hal ini akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai langkah-langkah yang akan Anda ambil. Langkah-langkah atau tindakan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Optimalisasi merupakan langkah awal bagi Anda untuk mencapai consumer insight itu sendiri.
4. Memanajemen Kampanye pemasaran(campaign marketing).
Cara keempat adalah memanajemen ide kampanye pemasaran(campaign marketing)secara menarik dan cara yang satu ini berkaitan dengan proses promosi atau periklanan. Dengan demikian, proses ini dimaksudkan untuk menjadi alat promosi bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Setiap kampanye atau promosi yang dijalankan harus mencakup berbagai Consumer Insights yang relevan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.
5. Menerapkan teknik Personalisasi.
Personalisasi adalah cara terakhir dalam konsep Consumer Insights. Setelah semua langkah dari proses sebelumnya telah dilakukan, proses terakhir adalah personalisasi. Artinya, proses mengubah dan menciptakan sesuatu yang menjadi ciri khas perusahaan. Artinya perusahaan Anda harus mampu menciptakan produk yang memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan tanpa harus melepaskan identitas atau keunikan dari produk Anda.
Apabila informasi tentang keinginan dan kebutuhan para pelanggan telah terkumpul, tetapi perubahan akan terjadi tanpa adanya tata cara pengoptimalan yang tepat. Makanya, sangat diperlukan beberapa cara di atas supaya strategi marketing Anda dapat meningkatkan hasil penjualan.