4 Strategi Marketing Tik Tok

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda mengetahui tik tok merupakan aplikasi yang sedang tren saat ini? pastinya hampir semua orang mengetahui aplikasi tik tok ini. Aplikasi tik tok ini memiliki banyak pengguna. Selain itu, banyak brand yang memutuskan untuk terjun menggunakan TikTok. Namun mereka tidak yakin apa yang harus mereka lakukan.  Tik tok telah menjadi peluang yang bagus untuk meningkatkan penjualan brand di sini. Kemudian inilah  strategi pemasaran TikTok yang dapat Anda ikuti untuk memaksimalkan kesuksesan pemasaran Anda di platform.

Menggunakan Hashtag yang Sesuai

Seperti banyak jaringan media sosial lainnya, pengguna strategi pemasaran TikTok mengandalkan tagar untuk membuat katalog video mereka dan mencari klip berdasarkan subjek.  Anda bisa mengeklik “Temukan atau find” di bagian bawah layar, maka akan melihat daftar video yang diurutkan berdasarkan tagar yang sedang tren. Beberapa manfaat brand yang menggunakan tagar TikTok adalah:

  • Untuk memperkuat jangkauan konten Anda
  • Untuk mengidentifikasi pesaing
  • Untuk mendapatkan lebih banyak pengikut
  • Meskipun Anda harus menyertakan tagar yang relevan di video Anda, Anda mungkin harus menghindari tagar umum yang paling populer.

Tentukan Tujuan Anda dan Keunggulan di Konten Bermerek

Pertama dan terpenting, pikirkan “mengapa atau alasan” Anda muncul di aplikasi tersebut. Manfaatkan saluran ini untuk menumbuhkan suara merek Anda melalui ulasan produk dan konten buatan pengguna. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada audiens Anda apa yang diperlukan untuk membangun merek Anda. Tawarkan kesan di balik layar tentang bagaimana rasanya menjadi bagian dari merek Anda, baik itu dari influencer atau karyawan. Konten berperforma terbaik termasuk cuplikan pemotretan kampanye, produk yang dikenalkan oleh influencer, dengan mensinkronisasi bibir dengan suara yang terkait, dan karyawan bersenang-senang di tempat kerja. Kemudian orang-orang datang ke TikTok untuk hiburan ringan, bukan video yang diproduksi. 

Tetap Konsisten

Seperti yang diketahui oleh setiap pengusaha menggunakan strategi pemasaran tik tok, konsistensi adalah kuncinya. Konsep ini sangat penting ketika menetapkan strategi pemasaran TikTok Anda untuk membangun pengikut yang tulus dan terlibat. Memposting setidaknya satu hingga tiga kali sehari akan membantu Anda dengan cepat membangun audiens yang substansial untuk merek Anda. Meskipun memposting beberapa kali per hari di TikTok bisa tampak berlebihan atau membosankan, postingan yang konsisten sangat penting untuk tetap relevan dan menjadi tren di platform. Beberapa cara untuk membuat diri Anda dan bisnis Anda bertanggung jawab adalah menggunakan kalender atau perencana konten, membuat storyboard konsep video Anda, dan merekam video secara batch. Ingatlah bahwa konsistensi sama pentingnya dengan kualitas, jadi jangan biarkan tekanan posting yang konsisten memengaruhi kualitas konten video Anda karena mencerminkan merek Anda.

Bercerita

Sementara konsumen sangat ingin membeli produk yang mereka sukai atau percayai, mempersonalisasi narasi di balik merek Anda adalah hal yang benar-benar mengamankan audiens dan pelanggan. Membuat cerita di balik produk Anda memungkinkan Anda, sebagai pemilik bisnis, untuk berhubungan dengan audiens Anda. Melampirkan “cerita” ke identitas merek Anda dapat membantu Anda mengaitkan narasi dan tema tertentu dengan merek Anda yang mendorong penjualan. Komponen utama yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa iklan TikTok terbaik tidak terasa seperti seseorang menjual produk kepada Anda. 

Nah, itulah strategi pemasaran tik tok atau strategi marketing tik tok. Mulai menggunakan hashtag sampai menggunakan konten “bercerita atau storytelling.” Kemudian DIGIMA juga bisa loh membuat kalender konten atau manajemen konten untuk marketing Anda.