Strategi campaign marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang saat ini diminati banyak pemasar. Strategi ini begitu populer dan sering digunakan sebagai strategi brand marketing. Karena, hal ini dapat membantu bisnis dalam meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Selain itu, sangat penting untuk mengidentifikasi ide marketing dengan cermat supaya campaign marketing yang sedang dijalankan tidak gagal dan mencapai hasil yang sesuai dengan keinginan. Apa sih campaign marketing itu?
Pengertian campaign marketing
Kampanye pemasaran atau campaign marketing adalah serangkaian kegiatan strategi yang memajukan satu atau lebih tujuan bisnis. Kampanye ini dapat digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau seluruh merek. Ketika Anda ingin menerapkannya, Sebaiknya direncanakan dengan hati-hati dan melibatkan berbagai kegiatan untuk mencapai hasil yang paling efektif. Untuk meningkatkan pemasaran, kampanye pemasaran menggunakan banyak saluran, platform, dan media untuk memaksimalkan dampak publik.
Kampanye pemasaran atau campaign marketing yang efektif sering membedakan antara bisnis yang tumbuh cepat dan bisnis yang tumbuh lambat atau menurun. Pada saat yang sama, kedua bisnis melayani pasar yang sama dan menawarkan produk yang serupa. Dari sini, kampanye pemasaran memainkan peran penting untuk menonjol dari pesaing yang sama.
Bisnis dapat menjalankan kampanye pemasaran menggunakan media cetak, media sosial, iklan online, email, demo langsung, dan banyak lagi. Setiap kampanye berbeda berdasarkan tujuan yang ingin Anda capai. Namun, pesan dan gaya kampanye tertentu terkait erat dengan gaya merek corporate perusahaan, yang dapat membuat kampanye pemasaran menjadi sangat efektif. Selain itu, dalam menjalankan campaign marketing sebaiknya disesuaikan dengan konsep bisnis Anda. Di bawah ini terdapat 6 ide menarik yang dapat Anda terapkan dalam melakukan campaign marketing.
6 ide campaign marketing yang menarik
- Kampanye edukasi/pendidikan.
Ide kampanye pertama adalah edukasi atau informasi. Jenis kampanye ini berisi konten yang dimaksudkan untuk mendidik audiens tentang produk dan layanan bisnis Anda. Kampanye seperti ini sangat cocok jika Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran merek sekaligus meningkatkan penjualan. Untuk membuat kampanye ini, Anda dapat memilih jenis konten dari Petunjuk, Tips & Trik. Selain itu, Anda dapat menyertakan CTA (Call to Action) di keterangan unggahan Anda. Jangan lupa sertakan penjelasan yang lebih detail di bagian caption juga. Dengan demikian, pembaca dapat memiliki pemahaman yang lebih baik dan sajian pendidikan dapat lebih lengkap.
- Tantangan kreatif.
Pernahkah Anda mendengar tentang Pass the Brush Challenge? Kegiatan ini memiliki banyak pengikut di media sosial. Bayangkan merek Anda membuat kampanye yang menantang dan ratusan hingga jutaan pengguna media sosial mengikutinya. Tentu saja, merek mendapat manfaat dari banyaknya kontributor yang mengetahui dan berbicara tentang kampanye. Keuntungan lain yang bisa didapat merek adalah efek bola salju yang berkelanjutan memungkinkan kami memiliki lebih banyak konten daripada yang kami tuju. Dengan kata lain, melalui efek bola salju, konten yang dibuat oleh seorang influencer akan diikuti oleh pengikutnya, juga oleh orang lain yang mengikuti pengikut influencer tersebut.
- Bercerita(storytelling)
Strategi lain untuk menarik perhatian audiens Anda adalah menceritakan kisah emosional. Keunggulan dari ide konten ini adalah cerita yang disampaikan influencer kepada calon pembaca akan memasukkan emosi mereka, membuat pesan yang disampaikan lebih kredibel.
- Penempatan Produk.
Konten untuk kampanye ini dikemas secara unik untuk mengubah pesan pemasaran Anda menjadi cerita yang dapat dikaitkan dengan audiens target Anda. Misalnya, memposting foto atau video yang menggambarkan aktivitas sehari-hari influencer, menampilkan merek atau produk tertentu. Ini juga dapat dilakukan dengan membuat konten dari topik dalam bidang keahlian influencer untuk pengikut mereka.
- Tutorial.
Tujuan dari konten kampanye ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk lebih mudah menemukan merek yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan produk dari merek yang sudah mereka incar.
- peluncuran produk
Ide kampanye terakhir adalah memanfaatkan momen peluncuran produk baru. Kampanye ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan hype seputar peluncuran produk terbaru Anda. Ini penting untuk membangun kesadaran dengan pelanggan yang sudah ada. Anda juga dapat menawarkan promosi dan diskon saat kampanye ini dirilis. Misalnya bonus untuk 10 pembeli pertama, diskon untuk pelanggan yang membeli banyak produk, dan lain sebagainya.
Ini adalah 6 ide untuk campaign marketing menarik yang dapat Anda terapkan. Anda tidak dapat melakukan semuanya, tetapi Anda memiliki setidaknya satu atau dua pilihan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.