Situs Web Manajemen Konten

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Jika Anda mencari “Google” untuk kata kunci “pengelolaan konten” atau “pengelolaan konten” sebagian besar tautan yang akan diindeks dan ditampilkan oleh Google adalah artikel tentang sistem pengelolaan konten atau sistem pengelolaan konten “CMS”. CMS dikenal sebagai software atau aplikasi untuk membangun web site. B. wordPress, Joomla, Codelgniter (CI), dan Drupal. Perangkat lunak ini memungkinkan web master untuk dengan mudah mengelola konten media mereka (dalam hal ini, konten situs web). Menurut definisi, CMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambah atau manipulasi konten situs web. Blog atau web site yang Anda kunjungi menggunakan CMS WordPress. Administrator situs wes dan media sosial harus memiliki keterampilan atau kemampuan manajemen konten. Layanan pengelolaan konten terkait pembuatan, pengeditan, penerbitan, pengaturan konten situs web, dan pembaruan status media sosial.

Pengertian Manajemen Konten

Definisi Kamus Bisnis atau definisi Manajemen Konten adalah proses dan alur kerja yang terkait dengan pengorganisasian, pengelompokan, dan penataan aset informasi sehingga dapat disimpan dan digunakan kembali berbagai cara.

Dalam pembahasan berikut, Kamus Bisnis juga mencakup CMS. Mengacu pada sistem manajemen konten yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengunggah konten sebagai komponen atau dokumen secara keseluruhan dengan menjaga hubungan antar komponen, dan untuk menyimpan konten. CMS juga dapat mengontrol revisi konten.

Ketika informasi ini disimpan dan di akses melalui komputer, terkadang lebih tepat disebut konten digital, atau sekadar konten.

Konten digital dapat berupa teks (seperti dokumen elektronik), gambari, file multimedia (seperti file audio dan video), atau jenis file lain yang mengikuti siklus hidup konten yang perlu dikelola.

Proses ini cukup kompleks untuk mengelola vendor perangkat lunak komersial besar dan kecil, seperti Interwoven dan Microsoft, yang menyediakan perangkat lunak manajemen konten yang mengontrol dan mengotomatiskan aspek-aspek kunci dari siklus hidup konten.

Praktik dan tujuan pengelolaan konten Anda akan bervariasi tergantung pada misi organisasi dan struktur kata kelola.

Organisasi berita, situs e-commerce, dan institusi pendidikan semuanya menggunakan manajemen konten, tetapi dengan cara yang berbeda. Ini menghasilkan termonologi dan nama yang berbeda, serta jumlah langkah dalam prosedur.

Misalnya, beberapa konten digital dibuat oleh lebih dari satu penulis (multiple author). Konten dapat diedit dari waktu ke waktu. Satu atau lebih orang dapat memberikan pengawasan editorial dan menyetujui konten untuk diunggah.

Komponen Manajemen Konten

Manajemen konten pada dasarnya bersifat kolaboratif. Ini sering terdiri dari peran dan tanggung jawab dasar berikut:

  1. Pencipta (Creator) – bertanggung jawab untuk membuat dan memodifikasi konten. Penulis konten disebut content writer.
  2. Editor – bertanggung jawab untuk menyesuaikan pesan konten dan gaya pengiriman, termasuk terjemahan dan pelokalan.
  3. Penerbit – bertanggung jawab untuk merilis konten untuk digunakan.
  4. Administrator – bertanggung jawab untuk mengelola izin akses ke folder, koleksi, dan file, biasanya dilakukan dengan menetapkan hak akses ke grup atau peran pengguna. Admin juga dapat membantu dan mendukung pengguna dengan berbagai cara.
  5. Konsumen, penonton, atau tamu – orang yang membaca atau mengonsumsi konten setelah atau dibagikan.

Aspek penting dari manajemen konten adalah kemampuan untuk mengelola versi konten saat berkembang. Penulis dan editor sering kali perlu menemukan versi lama dari produk yang diedit karena kegagalan proses atau rangkaian info yang tidak diinginkan.

Konten yang peka waktu juga mungkin memerlukan karena materi pelajaran berkembang dari waktu ke waktu.

Aspek lain yang sama pentingnya dari manajemen konten melibatkan perbuatan, pemeliharaan, dan penerapan standar.

Setiap anggota proses pembuatan dan pembuatan konten memiliki peran unik dan tanggung jawab dalam pengembangan atau publikasi konten.

Demikian pengertian manajemen konten secara umum dan situs manajemen konten web site.