Sebuah website memiliki banyak elemen yang perlu Anda perhatikan. Ada banyak hal yang termasuk ke dalam landing page, seperti homepage, alamat IP, hosting, domain, dll. Landing page adalah elemen yang sangat penting dari sebuah website untuk mendapatkan konversi yang Anda inginkan. Semakin baik landing page Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan konversi yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak tahu apa itu landing page, mungkin awalnya sedikit membingungkan. Nah, di bawah ini merupakan pengertian dari landing page beserta fungsi-fungsinya.
Pengertian landing page
Landing page atau disebut dengan halaman arahan adalah halaman di situs web yang dirancang dengan pola pikir pemasaran. Halaman ini muncul ketika pengunjung menemukan situs Anda di hasil pencarian. Landing page ini biasanya digunakan untuk hasil pencarian berbayar (Paid Search). Misalnya, jika Anda ingin menjalankan strategi pemasaran menggunakan mesin telusur pemasraan atau Search Engine Marketing (SEM), maka pengunjung akan diarahkan langsung ke halaman landing page. Karena halaman yang Anda sudah memiliki pemasaran konten untuk membantu menarik pengunjung baru untuk membeli produk atau layanan Anda.
Landing page berbeda dengan website. Landing page ini dibuat khusus untuk iklan atau kampanye pemasaran (campaign marketing) Anda. Seperti dikutip dari Unbounce, situs tersebut menjadi “halaman utama” bagi pengunjung yang mengklik link di email, iklan dari Google, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, atau lokasi serupa di web. Tidak seperti halaman web, yang biasanya melayani berbagai tujuan dan mendorong eksplorasi, landing page dirancang dengan satu fokus atau tujuan yang disebut ajakan bertindak, atau disingkat menjadi CTA.
6 Fungsi landing page
Tingkatkan konversi.
Fungsi pertama landing page adalah membantu bisnis meningkatkan konversi secara efektif. Ini akan tampak pada hasil, dengan hampir 68% strategi bisnis B2B mengatakan bahwa mereka menggunakan landing page mereka untuk menghasilkan prospek untuk konversi di masa mendatang. Ini karena landing page yang menargetkan pengunjung tertentu dapat mengubah lalu lintas ke halaman Anda menjadi penjualan. Tindak lanjut diperlukan untuk mengubah pengunjung landing page menjadi prospek bisnis. Misalnya, dengan menghubungi Anda menggunakan informasi kontak yang Anda berikan untuk memfasilitasi pembelian.
Pendukung keputusan iklan.
Fitur landing page berikutnya yaitu untuk membantu merek membuat keputusan periklanan. Landing page yang tersegmentasi secara khusus dapat memberi Anda informasi tentang topik mana yang menghasilkan konversi tertinggi. Pada akhirnya, Anda dapat menemukan minat pengunjung dengan berbagai target Anda. Banyak informasi pengunjung dari landing page ini akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang lebih bertarget dan personal. Halaman ini tidak hanya menguraikan konten yang paling disukai grup pengunjung Anda, tetapi juga dapat memberikan informasi tentang strategi pemasaran mana yang paling sering digunakan. Anda dapat menggunakan informasi penting ini untuk membuat kampanye yang lebih bertarget dan spesifik berdasarkan target Anda.
Membangun kepercayaan dan kredibilitas.
Membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis juga merupakan bagian dari fungsi halaman ini. Jadi pastikan Anda membuat halamannya dengan menciptakan citra yang baik di benak pengunjung Anda. Kepercayaan dan kredibilitas itu dapat dibangun melalui landing page Anda dengan menambahkan ulasan positif dari pengunjung sebelumnya. Ini memberi pengunjung Anda yang mengunjungi landing page Anda ide bagus tentang produk atau layanan Anda. Citra positif ini akan membuat Anda merasa lebih aman dan lebih percaya diri dalam keputusan pembelian Anda.
Pengumpulan Data Pengunjung.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi terpenting dari halaman ini adalah memungkinkan merek mengumpulkan data pengunjung. Setelah pengunjung melakukan tindakan di landing page Anda, Anda bisa mendapatkan berbagai data prospek seperti nama, email, nomor telepon, dll. Pengumpulan data pelanggan dan informasi kontak ini dimaksudkan agar prospek yang ada dapat ditargetkan ulang hingga mereka kembali dan melakukan pembelian. Retargeting yang dilakukan pada prospek biasanya dilakukan melalui iklan online, seperti iklan Facebook (Facebook ads) dan iklan Google (Google ads).
Mengiklankan produk atau jasa.
Boleh dibilang, fitur landing page masih sangat populer. Salah satunya membantu Anda mengiklankan produk dan layanan Anda secara lebih efektif. Ini adalah pilihan iklan yang murah, tetapi cukup ampuh untuk meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan penjualan. Alasannya, Anda tidak perlu repot dengan platform lain untuk budget khusus Anda. Hanya dengan satu landing page, Anda dapat mempromosikan fitur dan produk baru Anda dengan cara yang lebih bertarget, menambah nilai, dan menunjukkan manfaat kepada pengunjung Anda. Landing page juga merupakan cara yang bagus untuk mengomunikasikan pesan inti merek Anda seefektif mungkin.
Ciptakan kesadaran merek.
Landing page juga membantu merek meningkatkan kesadaran merek di benak pengunjung Anda. Misalnya, mengunggah ulasan positif dari pengunjung sebelumnya atau memberi tahu pengunjung tentang penawaran produk atau layanan baru. Landing page membawa pemirsa ke situs web toko online Anda dan media sosial perusahaan Anda. Landing page yang diterapkan dengan benar juga membantu pengunjung mengingat identitas perusahaan Anda, contoh sederhananya yaitu pada nama merek atau logo. Setelah Anda berhasil membangun kesadaran merek, Anda dapat menggunakan data pengunjung dan informasi kontak yang Anda berikan untuk menciptakan pemasaran yang lebih personal. Materi pemasaran yang ditargetkan ini membantu mengubahnya menjadi pengunjung yang membelinya. Bahkan, jika Anda menerima layanan yang memuaskan, Anda bahkan dapat berbagi pengalaman berbelanja di toko online kami dengan calon pengunjung baru lainnya.
Ini adalah penjelasan tentang apa itu landing page, dan 5 fungsi dari landing page. Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah siap untuk membuat landing page untuk bisnis Anda?