Istilah branding mengacu pada proses melengkapi produk dan layanan dengan kekuatan merek, untuk menciptakan garis demarkasi antara produk perusahaan dan produk lain di pasar. Dalam konteks ini, perbedaan identity dan brand image cukup umum disandingkan. Namun, mereka berbeda. Inilah perbedaan identity dan brand image.
Definisi Identity Image
identity image, seperti namanya, adalah cara perusahaan menampilkan dirinya kepada pelanggan dan menginginkannya dirasakan oleh orang-orang. Dengan kata lain, wajah perusahaanlah yang mencerminkan nilai, kepribadian, dan gagasan perusahaan. Ini terdiri dari fitur, atribut, kualitas, kinerja, layanan dan fasilitas pendukung yang dimilikinya.
identity image adalah hasil dari upaya kolektif organisasi dan manajemennya untuk menciptakan produk unggulan dengan karakteristik yang berbeda. Ini menentukan cara organisasi menginginkannya dikenali oleh audiens target di pasar.
Untuk tujuan ini, strategi dan teknik branding dan pemasaran sangat membantu organisasi dalam mengkomunikasikan identitas kepada orang-orang. Ini memerlukan visi merek, posisi, kepribadian, hubungan, dll. Ini semua tentang koneksi intelektual dan operasional dengan merek, untuk memberikan keakraban dan diferensiasi merek.
Definisi Brand Image
Definisi Kami mendefinisikan istilah ‘brand image’ sebagai persepsi pelanggan (yang ada dan prospektif) tentang merek. Ini mencakup kumpulan keyakinan, ide, dan kesan yang dipegang oleh pelanggan, yang terbentuk dari berbagai sumber, tentang merek. Dalam istilah yang lebih halus, ini menjelaskan cara pelanggan memikirkan suatu merek dan perasaan yang digambarkannya ketika konsumen mendengar namanya.
brand image bukanlah urusan satu hari, melainkan dikembangkan dari waktu ke waktu, baik melalui kampanye promosi atau interaksi pelanggan langsung dengan merek yang bersangkutan. Itu adalah segala sesuatu yang mempengaruhi persepsi pelanggan tentang merek.
Perbedaan Utama Antara identity image dan brand image
Perbedaan antara identity image dan brand image dibahas di bawah ini dalam poin:
- identity image adalah keseluruhan dari seluruh komponen merek yang dibuat oleh perusahaan dengan tujuan untuk menggambarkan citra perusahaan yang benar di mata konsumen. Di sisi lain, brand image mewakili kesan lengkap tentang produk atau merek di benak konsumen dengan mempertimbangkan semua sumber.
- Sementara penciptaan identity image membutuhkan partisipasi aktif dari perusahaan, brand image adalah hal yang pasif, yang diciptakan oleh pengalaman nyata dengan mengkonsumsinya.
- identity image mencakup semua elemen merek yang terlihat seperti logo, nama, warna, simbol desain, dan sebagainya. Sebaliknya, brand image mencakup elemen visual seperti logo, tagline, warna, desain, dan asosiasi merek seperti kualitas, keandalan, dll.
- identity image mewakili realitas perusahaan, yaitu visi, misi, nilai-nilai inti dan tujuan, sedangkan brand image menunjukkan persepsi konsumen tentang merek.
- identity image tergantung pada bagaimana perusahaan menampilkan dirinya di depan konstituen targetnya? Sebaliknya, brand image didasarkan pada interaksi dan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut.
- identity image adalah tentang melihat ke belakang, dengan tujuan untuk meningkatkannya. Sebaliknya, brand image berkonsentrasi pada harapan untuk meningkatkan pengalaman konsumen dengan merek.
- Sementara brand image menunjukkan persepsi konsumen terhadap merek, identity image menyampaikan tujuan, misi, visi, dan sasaran organisasi.
- Jadi, brand image menggunakan asosiasi merek dan elemen merek yang terlihat, identity image menggunakan elemen merek yang terlihat.
- brand image merupakan representasi dari pandangan atau persepsi orang lain terhadap merek sedangkan identity image merupakan representasi dari keinginan suatu perusahaan.
Itulah perbedaan identity dan brand images. Selain itu, Anda ingin menggali informasi lain di DIGIMA.