Memperbarui konten Anda yang tidak relevan dan ketinggalan zaman sama pentingnya dengan menukar teknologi lama Anda dengan yang baru. Anda harus mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti permintaan akan informasi yang relevan. Tujuan utama Google adalah memberikan konten terbaik, berwawasan luas, dan relevan kepada pencari. Jadi jika konten Anda tidak relevan, konten Anda tidak akan ditemukan.
Konten usang dan lama Anda mungkin tidak terlihat atau tidak terpikirkan bagi Anda. Tetapi Google tahu itu ada di sana, dan Google tidak menyukainya. Ketika Google tidak menyukainya, itu berarti konten Anda tidak akan mendapat peringkat yang baik dan tidak ada yang akan melihatnya. Tidak hanya itu, tetapi juga dapat memengaruhi seluruh website Anda.
Untuk memahami mengapa hal ini terjadi, kita perlu memahami lebih lanjut tentang SEO.
Pahami Lebih Lanjut SEO
SEO (Search Engine Optimization) mengacu pada teknik on-page dan off-page yang berfungsi untuk meningkatkan peringkat organik halaman web di SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari). Tujuan akhir penerapan praktik SEO adalah membuat halaman web muncul secara organik di halaman pertama SERP.
Salah satu komponen kunci SEO on-page adalah konten halaman web Anda. Google bertujuan untuk menyediakan penggunanya dengan konten berkualitas yang menyediakan pencari dengan jenis informasi yang mereka cari. Jika Anda tidak memiliki informasi yang relevan lagi, kemungkinan besar Anda tidak akan ditarik oleh Google saat pengguna mengirimkan pencarian. Bahkan jika halaman web Anda ditarik, dan pengguna dapat menemukan Anda, jika Anda tidak relevan, Anda akan melihat rasio pentalan yang tinggi, dan Google akan mencatatnya.
Pada akhirnya, memiliki konten lama, usang, dan tidak relevan berdampak negatif pada SEO Anda karena:
- Konten lama memengaruhi peringkat baru konten Anda.
- Konten lama dan tidak relevan memengaruhi popularitas konten Anda.
- Konten lama kemungkinan memiliki tautan yang rusak.
Ketiga faktor tersebut memengaruhi SEO Anda. maka dari itu diperlukan content maintenance.
Konten yang Fresh
Memiliki konten yang fresh sangat penting, itulah sebabnya Anda perlu memperbarui konten Anda secara teratur untuk memastikannya tetap relevan. Perlu Anda ketahu bahwa “fresh rank” adalah istilah yang biasa disebut “kesegaran” halaman web dan digunakan untuk menggambarkan seberapa mutakhir informasi di halaman web dan seberapa sering konten baru ditambahkan ke sebuah situs web. Pada akhirnya, semakin fresh dan baru konten Anda, semakin besar kemungkinan bot mesin pencari dipaksa untuk merayapi halaman web Anda.
Popularitas dan Relevansi Konten
Semakin populer halaman web Anda, semakin banyak permintaannya, artinya bot akan ingin merayapinya. Popularitas mengacu pada jumlah pemirsa yang dimiliki suatu konten, yaitu seberapa sering URL digunakan. Saat URL sering dikunjungi, ini menunjukkan kepada bot bahwa informasi di halaman itu relevan, dan ada permintaan yang tinggi untuk itu. Semakin banyak pengguna yang menunjukkan bahwa mereka mencari informasi tersebut, semakin relevan hal itu dilihat oleh spider dan semakin banyak anggaran perayapan yang akan mereka alokasikan ke situs web Anda. Karena itu, jika Anda tidak memiliki konten populer yang diminati, itu akan membuat situs web Anda kurang relevan.
Broken Link
Salah satu masalah terbesar akibat memiliki konten lama dan usang di situs web Anda adalah mereka memiliki risiko lebih tinggi mengandung broken link. Broken link, juga disebut “dead link”, adalah link di laman web yang tidak lagi berfungsi atau tidak mengarah ke mana pun. Alasan paling umum untuk broken link adalah karena 404 error, yang secara resmi dikenal sebagai “Kode Status HTTP 404: Halaman Tidak Ditemukan”.
Jadi, content maintenance sangatlah penting agar tidak mempengaruhi keseluruhan website Anda. Anda harus selalu menciptakan konten yang fresh dan baru, dan juga tidak lupa untuk memastikan tidak ada broken link di SEO Anda.
Kunjungi website dan edia sosial DIGIMA untuk mendapatkan informasi fresh dan baru lainnya.