Pahami 5 Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kondisi perekonomian dan persaingan pasar yang semakin meningkat menuntut pemilik usaha dalam memanfaatkan segala sumber daya yang ada secara optimal sekarang ini. hal ini juga termasuk pengembangan dari produk terbaru. Beberapa faktor yang terdapat pada desain produk yang bisa mempengaruhi desain dan fungsi produk yang telah diproduksi. Entah penggunaan barang atau layanan, cara barang tersebut di pasar, dan juga tujuan dari adanya pemasaran produk dan biaya produksi. Lalu apa saja faktor-faktor tersebut? yuk, baca sampai tuntas!

Pengertian desain produk

Desain produk merupakan prosedur perencanaan, pembuatan, dan peningkatan yang dapat memecahkan masalah khusus pengguna. Kunci sukses dalam pembuatan desain produk ini ialah pemahaman yang menyeluruh mengenai konsumen, karena mereka yang menggunakan produk tersebut. Dalam pembuatan desain produk, Anda bisa menggunakan kreativitas yang telah Anda miliki seperti pengamatan dan empati yang bisa membantu Anda dalam memahami para pelanggan secara keseluruhan. Yang dimulai dari kebiasaan, tingkah laku, kebutuhan dan juga keinginan. Di samping itu, desain produk yang telah Anda buat juga harus memiliki manfaat bagi kelangsungan bisnis Anda dalam waktu jangka panjang.

Tujuan penggunaan desain produk

Secara umum, penggunaan desain produk dalam bisnis memiliki 4 tujuan, antara lain:

a. Menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan nilai eceran tinggi.

b. Produk menurut konsumen, terutama produk yang sedang trend saat ini.

c. Membuat produk seekonomis mungkin tanpa mengurangi nilai jual, kualitas dan kegunaan produk tersebut.

d. Meningkatkan pangsa pasar dan membuka segmen pasar baru bagi produk.

5 faktor yang mempengaruhi desain produk

Setelah membahas pengertian dan tujuan dari desain produk, jadi apa sih yang sebenarnya mempengaruhi desain produk? Nah, Anda jangan khawatir, di bawah ini merupakan penjelasan lengkap mengenai 5 faktor yang mempengaruhi desain produk yang harus Anda ketahui.

Fungsi dan tujuan produk

Dalam memproduksi suatu produk, Anda harus memahami fungsi dan kegunaan produk secara keseluruhan. Anda juga bisa melihat kompetitor dengan produk yang sama selain meneliti dari berbagai sumber.

Desain kemasan yang sederhana

Penggunaan desain kemasan yang sederhana seperti sebutan di atas harus dirancang supaya kemasan produk terlihat sederhana berdasarkan seluruh aspek-aspek tertentu, misalnya mudah dibuka, gampang disimpan, praktis(mudah dibawa dan ditempatkan di mana saja), dan sebagainya.

Garansi Produk(tanggung jawab)

Definisi dari tanggung jawab produk ialah usaha Anda sebagai pelaku bisnis dalam memberikan garansi atau jaminan mengenai informasi kualitas produk terhadap para konsumen Anda yang menggunakan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor Anda. Hal ini berguna pada saar Anda ingin menghilangkan kekhawatiran terhadap pelanggan dalam menggunakan atau membeli produk Anda tanpa ada keraguan. Sehingga, dalam produksi besar-besaran, mereka bisa menggunakan produk Anda dengan perasaan yang tenang dan nyaman hingga produk tersebut telah sampai ke tangan konsumen Anda.

Harga dan Jumlah Produk

Selain itu faktor yang mempengaruhi desain produk adalah harga dan kuantitas produk. Harga sangat berhubungan dengan kuantitas produk yang dihasilkan, yang menjadi lebih murah dengan kuantitas yang lebih besar. Jumlahnya tergantung pada ukuran produk yang ditawarkan oleh Anda.

Prototipe produk

Prototipe adalah model produksi pertama yang dapat berfungsi sebagai template untuk pembelian di masa mendatang. Misalnya untuk sampel parfum, body cream atau sejenisnya. Biasanya ukuran sampel lebih kecil dari ukuran asli yang ada di pasaran.

Desain produk harus direncanakan sedemikian rupa sehingga mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Selain itu, desain kemasan produk harus unik untuk membedakannya dengan produk lain, terutama produk sejenis dari kompetitor. Semoga membantu!