Beriklan di Google merupakan salah satu strategi digital marketing yang perlu anda coba. Karena peluang iklan anda dilihat oleh banyak orang menjadikan lebih besar. Menariknya lagi, ada jenis iklan Google Ads yang bisa anda pilih, yaitu.
- Search Ads.
- Display Ads.
- Shopping Ads.
- Video Ads.
- Google AdMob.
Masing – masing jenis iklan didesain untuk tujuan bisnis tertentu. misalnya untuk meningkatkan penjualan (sales), website traffic, leads, product, app promotion, brand consideration, dan lain – lain.
Anda bisa melihat 5 jenis Google Ads, beserta contohnya.
1.Search Ads
Search ads yaitu iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari. Misalnya ketika user melakukan pencarian menggunakan keyword “digital marketing agency”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa agensi digital marketing yang menggunakan iklan Google ads.
Ada beberapa keunggulan menggunakan jenis iklan ini, seperti iklan bisa dilihat oleh banyak orang dan anda juga bisa menentukan target audiens dengan lebih spesifik. Jika tujuan iklan anda digunakan untuk meningkatkan penjualan, trafik website, dan leads, jenis iklan iklan cocok untuk anda gunakan.
2.Display Ads
Pernahkah anda membuka sebuah website tertentu, dan menemukan berbagai iklan yang muncul. Biasanya iklan tersebut berupa gambar. Nah, iklan tersebut dinamakan dengan display ads. Jenis iklan ini dapat meningkatkan brand awareness bisnis dan peluang iklan yang diklik juga lebih besar, karena tampilan visual iklan lebih menarik dibandingkan iklan yang hanya terdiri dari teks.
Google akan menampilkan iklan di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata unci, lokasi geografis, atau minat audiens. Google juga hanya akan menampilkan iklan di website yang relevan dengan sebuah iklan.
3.Shopping Ads
Jika anda seorang pebisnis yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual, maka jenis iklan ini cocok anda gunakan. Jenis iklan akan membuat anda dalam menaikkan trafik website bisnis anda. Selain itu, anda juga dapat menjangkau banyak calon klien untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Shopping ads juga membantu transaksi penjualan dapat lebih mudah.
4.Video Ads
Google tidak hanya menyediakan iklan dengan format teks atau gambar. Ada juga iklan dengan format video untuk YouTube, yaitu Video Ads. Video ads yaitu jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika anda membuat sebuah video di YouTube.
Jenis iklan ini memiliki beberapa tipe iklan yang bisa anda pilih. Ada skippable in – Stream Ads yang bisa di skip, Discovery Ads yang akan muncul di halaman hasil pencarian hingga Non – video Ads yang formatnya bisa berupa teks atau gambar. Video ads dapat digunakan untuk berbagai tujuan bisnis, mulai dari meningkatkan brand awareness, product consideration, meningkatkan trafik website atau leads.
5.Google AdMob
AdMob (Advvertising on Mobile) adalah jenis iklan Google yang membantu anda mempromosikan produk melalui aplikasi seluler. Melalui jenis iklan ini, banner iklan anda akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna. Google AdMob bersifat multi platform, artinya mendukung berbagai sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.
Jenis iklan ini cocok untuk bisnis yang menyediakan aplikasi seluler untuk para klien. Anda juga dapat mempromosikan aplikasi seluler di mesin pencarian, Play Store, atau YouTube. Iklan ini juga akan mendorong mereka agar mengunduh aplikasi tersebut. Untuk mempromosikan aplikasi tersebut, anda perlu menyediakan konten yang menarik, anggaran biaya yang dibutuhkan untuk mengunduh (jika ada), dan beberapa penawaran menarik setelah mendownload aplikasi tersebut.
Demikian artikel kita hari ini yang membahas tentang 5 jenis google ads untuk iklan bisnis anda, semoga bermanfaat.