Kenali Lebih Dalam Pengertian Brand Image

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Mempertahankan reputasi perusahaan dengan pelanggan adalah hal terpenting yang wajib diperhatikan oleh pemilik bisnis. Untuk mempertahankan reputasi tersebut, perusahaan biasanya perlu memiliki brand image yang baik untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Namun pada kenyataannya, membangun brand image yang baik membutuhkan proses yang cukup panjang. Jadi apa sebenarnya pengertian dari brand image? Dan bagaimana contoh brand image yang baik? Anda akan mengetahui semuanya setelah membaca penjelasan di bawah ini!

Pengertian brand image

Anda harus memahami bahwa pengertian dari Brand image adalah reaksi orang atau pemahaman pribadi terhadap merek tersebut. Nah, reaksi tersebut umumnya muncul dari interaksi dengan brand. Persepsi merek yang mudah diingat yang dapat menjadi brand image. Interaksi, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, brand image juga memiliki dampak yang signifikan terhadap persepsi produk.

Kesan yang Anda buat dalam interaksi sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian cukup besar, oleh karena itu Anda harus menjaga brand image Anda dengan baik. Tentu saja, brand image yang baik sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda bukan? Jadi Anda harus benar-benar peduli dengan brand image dari bisnis yang Anda jalankan.

5 Fungsi dari brand image

Di bawah ini adalah 5 fungsi yang dapat Anda gunakan untuk brand image perusahaan Anda. Adapun 5 fungsi tersebut antara lain yaitu,

  1. Mengategorikan jenis pasar
  2. Berpengaruh terhadap kenaikan harga sesuai dengan kualitas dimungkinkan
  3. Mendatangkan pelanggan baru
  4. Sebagai pembeda dari perusahaan lain
  5. Menawarkan pelanggan dengan daya tarik khusus

Contoh brand image yang baik

Pada dasarnya, produk atau layanan dengan brand image yang baik dapat memungkinkan untuk mendapatkan tingkat pelanggan yang tinggi. Bahkan bisa saja produk tersebut akan menjadi top of mind ketika pelanggan memikirkan produk atau layanan tersebut. contoh sederhananya yaitu ketika Anda diberi kata air mineral, biasanya Anda akan langsung memikirkan satu brand, yaitu Aqua. Mengapa begitu? Tentu saja, citra brand dari Aqua ini sudah dibentuk sejak dulu yang mana membuat semua orang berpikir jika top of mind dari minuman air mineral yaitu adalah Aqua.

Berdasarkan contoh di atas, brand image tentu saja sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. dengan kepercayaan dan loyalitas yang tinggi dari pelanggan, maka tentu saja perusahaan akan mendapatkan hal positif yaitu peningkatan produksi barang dan juga peningkatan keuntungan.

Cara membangun brand image

Membangun brand image adalah sebuah proses dan Anda sebagai pemilik merek tidak memiliki kendali penuh. Karena pasti setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing tentang bagaimana mereka menilai perusahaan atau produk Anda. Terlepas dari itu, Anda memiliki kendali penuh untuk membangun kepribadian merek Anda. Di bawah ini merupakan 4 cara membangun brand image.

Buat desain logo yang menarik

Cara pertama untuk membangun brand image Anda adalah dengan membuat desain logo yang menarik. Logo merupakan salah satu identitas perusahaan. Membuat desain logo yang unik sesuai selera pasar dan zaman modern dapat membuat produk Anda kompetitif di pasaran. Jadi jika Anda ingin produk Anda berkembang, Anda dapat membuat desain logo yang menarik.

Melakukan periklanan dan promosi penjualan secara berkelanjutan

Cara lain untuk meningkatkan brand image suatu layanan atau produk adalah dengan melakukan iklan atau promosi secara terus menerus. Ini adalah poin yang sangat penting untuk memperkenalkan merek Anda kepada calon pelanggan. Jangan lelah menjalankan iklan dan kampanye yang selalu menjangkau berbagai kalangan.

Penggunaan Layanan Dukungan

Di dunia yang serba digital ini, menggunakan layanan pendukung untuk meningkatkan brand image Anda adalah salah satu cara yang tepat untuk mempromosikan produk Anda. Namun, Anda juga harus mencocokkan influencer yang Anda pilih dengan produk Anda.

Lakukan evaluasi dan inovasi terus menerus

Citra produk dievaluasi tidak hanya berdasarkan penampilan produk, tetapi juga kualitas produk. Untuk menjaga kualitas dan memuaskan selera pelanggan, sebaiknya para pebisnis selalu melakukan evaluasi dan inovasi produk.

Kepribadian merek berarti bagaimana Anda ingin merek Anda dikenal oleh publik. Anda menyampaikan kepribadian merek ini melalui identitas merek Anda dan pesan yang Anda komunikasikan melalui iklan, misalnya. Tujuan Anda dalam membangun brand personality adalah untuk membentuk bagaimana brand image terbentuk di mata masyarakat.

Pada akhirnya, jika kesan merek Anda di masyarakat sesuai dengan yang Anda inginkan, berarti merek Anda memiliki citra yang kuat. Penerapan ini menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan pelanggan. Sehingga Anda merasakan banyak manfaat dari penerapannya. Sekian, semoga penjelasan ini bisa menambah pengetahuan Anda!