Email marketing yang menarik adalah cara bagi perusahaan untuk menarik pelanggan potensial sebanyak mungkin. Bahkan email marketing adalah cara untuk menarik referensi karena komunikasi yang terjalin sifatnya lebih personal.
Ada banyak ide kampanye yang bisa diterapkan untuk menarik perhatian pelanggan. Misalnya social media marketing, iklan berbayar di media konvensional, optimasi website agar lebih SEO friendly.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas ide marketing yang lebih spesifik bukan dari beberapa contoh diatas, yakni terkait penyusun konten promosi melalui email marketing untuk kemajuan bisnis perusahaan.
Kenapa harus menggunakan email marketing?
Email marketing sebenarnya memiliki efektivitas pemasaran yang tidak jauh berbeda dengan platform periklanan lainnya. Namun jika menggunakan layanan ini, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti hubungan yang lebih personal antara konsumen dan bisnis, tidak ada resiko perubahan algoritma, karena bisa dilakukan secara masal dengan pemasaran digital menggunakan SEO, dan biaya lebih murah.
Manfaat menggunakan email marketing
- Meningkatkan keterlibatan konsumen
Di era digital, konsumen merupakan aset yang harus dimiliki agar mereka tetap setia pada produk bahkan merekomendasikannya secara gratis kepada kerabat, teman, maupun saudara.
- Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Sama seperti hubungan antar teman, pelanggan ingin diingatkan tentang hal-hal pribadi seperti ulang tahun, harapan liburan, atau kenangan liburan. Pemasaran email memungkinkan Anda mengirimkan hal-hal di atas secara massal atau bahkan secara otomatis dengan autoresponder.
- Menjangkau pelanggan non-aktif
Email marketing yang dikirimkan secara berkala nantinya bakal membantu Anda untuk menjangkau pelanggan yang belum pernah atau sudah jarang melakukan pembelian.
- Mengetahui segmen pasar
Fleksibilitas email marketing untuk dikirim secara masal dengan sekali klik tentunya memudahkan untuk mencapai target acak kemudian memfilternya ke dalam segmen tertentu. Saat ini, layanan email marketing di Indonesia seperti MailToGo bahkan memiliki fungsi statistik yang sangat berguna untuk mengukur efektivitas sebuah kampanye.
Ide email marketing untuk menarik perhatian pelanggan
- Buat email marketing pengingat promo yang sedang berjalan
Ide konten email marekting adalah dengan pengingat promosi berjalan adalah ide yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian lebih banyak pelanggan. Cara ini sangat efektif dalam menjangkau nasabah karena mereka cenderung melupakan penawaran atau menunggu penawaran hingga detik terakhir setelah penghimpunan dana.
Selain itu pengiriman email marketing campaign atau kampanye di awal musim pengiriman masih kurang efektif menurut kami. Jadi Anda tetap harus mengingatkan konsumen tentang berbagai promosi yang sedang berlangsung.
- Kirim email edukasi produk kepada pelanggan
Ide konten email marketing yang ke dua adalah suatu produk, meskipun berkualitas tinggi, tidak akan banyak berguna di pasar jika calon pengguna tidak memahami apa yang mereka beli. Misalnya, di serial televisi HBO Silicon Valley, sekelompok anak muda berhasil membuat algoritme baru yang bisa jadi berada di balik lahirnya jaringan internet terdesentralisasi. Namun, karena adanya ketakutan akan potensi lahirnya SkyNet dan minimnya edukasi, pada akhirnya teknologi tersebut tidak berhasil berkembang dipasar.
Jadi Anda tidak hanya harus mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga mendidik calon pembeli. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan artikel melalui email marketing, seperti yang banyak dilakukan oleh startup berbasis teknologi saat ini.
- Email marketing berisi survey kepuasan pelanggan
Survei kepuasan pelanggan yang Anda kirimkan melalui email bisa menjadi feedback atas produk atau jasa yang Anda pasarkan. Anda dapat menggunakan beberapa pendapat pelanggan sebagai ide awal untuk meningkatkan kualitas atau menambahkan fitur baru yang saat ini terkait dengan kebutuhan pasar.
Sayangnya, konten pemasaran email yang mencakup survei pelanggan sering gagal karena jumlah pemirsa yang rendah. Agar strategi promosi Anda berjalan lancar, sebaiknya tambahkan reward berupa kupon diskon atau hadiah berupa paket cinderamata kecil yang dapat menarik minat konsumen.
Lagi pula, tidak ada salahnya bukan sesekali berbagi untuk menyenangkan hati pelanggan?
- Kirim konten terkait informasi perkembangan bisnis
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ungkapan “komunikasi sebagai pilar sebuah hubungan”. Konsisten dengan kebijakan ini, Anda harus memberikan informasi terkini tentang operasi perusahaan Anda. Pelanggan setia juga harus mengetahui perkembangan bisnis agar lebih percaya diri menggunakan jasa Anda.
Adapun konten email marketing yang berisi informasi perusahaan sendiri bisa Anda isi dengan materi seperti penambahan fitur baru, promo terbaik yang bisa didapatkan pelanggan,update artikel postingan, hingga kehadiran layanan baru jika kebetulan sedang dalam proses pengenalan.
- Buat email marketing berisi ucapan selamat datang
Satu ide terakhir untuk membuat konten pemasaran email yang akan menarik perhatian pelanggan Anda adalah mengirim pesan selamat datang yang terus-menerus setelah mereka mendaftarkan alamat email mereka dengan layanan bisnis Anda.
Bagi pelanggan baru, email selamat datang dapat memberikan kesan bahwa perusahaan Anda telah memberikan kepribadian untuk memberikan kesan yang baik di masa depan.
Selain itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat konten ucapan selamat datang yaa. Usahakan untuk membuat kalimat awal yang terlihat kasual dan mudah dibaca, sehingga tidak terkesan melakukan promosi secara berlebihan.
Ini adalah lima ide pemasaran email yang dapat Anda gunakan untuk membangun hubungan periklanan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Selain tips di atas, coba gali berbagai ide atau penemuan yang menurut Anda cocok untuk diterapkan. Apabila Anda ingin lebih lanjut mengetahui tentang kami Anda dapat mengunjungi akun media sosial kami.