Cara Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif Untuk Produk Makanan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kemasan menjadi identitas produk dan desain kemasan yang baik adalah yang terpenting. Anda dapat menemukan contoh desain kemasan produk. Memilih desain kemasan yang menarik bukanlah tugas yang mudah bagi pelanggan pertama kali. Jika kemasan produk kita menarik bagi konsumen, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk kita.

Kira-kira seberapa penting desain kemasan produk yang menarik? Nah, berikut ini beberapa petunjuk desain kemasan produk yang harus Anda ketahui sebelum mencetak suatu kemasan.

Apa tujuan dari desain produk?

Tujuan utama dari desain produk dalam industri adalah untuk mendukung atau memfasilitasi pengembangan produk yang memenuhi tujuan atau konsep manufaktur. Konsep ini dapat dikaitkan dengan nilai fungsional dilihat dari sisi konsumen atau pengguna dan faktor perhitungan produksi dari sisi produsen.

Apa itu desain kemasan produk?

Desain kemasan adalah upaya kreatif untuk menangani benda-benda yang kemudian bertindak sebagai paket atau wadah untuk product. Proses design mengacu pada desain produk itu sendiri, termasuk bahan dasar kemasan, warna, font, dan elemen grafis.

Jenis-jenis kemasan produk

  • Kemasan primer adalah jenis kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk dan berfungsi untuk menampung dan melindungi produk.
  • Kemasan sekunder adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah untuk beberapa kemasan primer.
  • Kemasan tersier adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung kemasan sekunder, terutama pada saat pengiriman produk yang menempuh jarak jauh seperti untuk ekspor ke pasar internasional.

Cara membuat desain kemasan produk kreatif untuk produk makanan

Di era yang menuntut ini, persaingan pasar semakin ketat. Selain itu, perangkat digital telah mempermudah dalam menjalankan bisnis. Tak heran, banyak pebisnis yang menggunakan bahasa promosi dan desain yang menarik untuk mengiklankan produknya ke publik.

Tentunya desain kemasan produk menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha. Tidak hanya akan menarik perhatian orang, tetapi juga dapat menjadi merek dagang dari industri Anda, terutama di sektor kelontong. Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu dimiliki oleh manusia.

Untuk membuat pembeli membeli produk Anda lagi, itu lebih dari sekadar meningkatkan kualitas rasa. Namun perhatikan juga desain kemasan produk. Namun, calon konsumen sebaiknya selalu mengecek kemasan produk terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan pembelian.

Jika kemasan produk berantakan, tidak sedap dipandang, atau tidak sesuai dengan produk. Bisa dipastikan pembeli akan lebih memiliki produk makanan lain dibandingkan produk Anda. Desain kemasan produk ini harus diperhatikan dengan cermat.

Nah, untuk itu ada cara membuat label makanan yang terbaik dan mampu menarik calon pembeli. Cara cukup mudah, simak penjelasan dibawah:

  • Kenali berbagai jenis kemasan

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui semua jenis kemasan makanan. Jenis makanan memiliki kemasan yang berbeda-beda yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Keamanan adalah pertimbangan pertama saat memilih paket makanan. Makanan tanpa kemasan yang aman dapat menyebabkan kualitas yang buruk. Dengan ini, pembeli mungkin kecewa. Untuk itu, pilihlah jenis kemasan yang aman dan sesuai dengan jenis makanan yang Anda miliki.

  • Perhatikan ukuran kemasan

Setelah Anda mengidentifikasi jenis kemasan yang akan Anda gunakan nanti, Anda dapat langsung memilih ukurannya. Anda dapat menemukan berbagai ukuran kemasan makanan dan memilih ukuran yang tepat. Jangan sembarangan memilih ukuran. Tapi Anda juga perlu berpikir matang.

  • Pilih desain kreatif yang mudah diingat konsumen

Desain kemasan produk merupakan salah satu hal terpenting bagi Anda. Kehadiran desain ini akan menjadi daya tarik utama produk Anda. Memiliki desain kemasan sendiri juga membuat branding menjadi lebih mudah. Pilih desain yang mudah diingat orang.

Untuk membuat desain yang berkesan, Anda bisa memilih logo produk yang sederhana namun menarik. Desainnya yang sederhana dan unik akan dikenang oleh masyarakat. Juga, pastikan font logo dapat dibaca.

  • Pilih warna yang cerah

Penting untuk memilih dengan benar tidak hanya design, tetapi juga warna kemasan produk. Anda dapat memilih warna-warna cerah untuk membuat makanan lebih menarik perhatian orang. Ada banyak warna cerah yang bisa dipilih, namun tentunya Anda juga harus memilih kombinasi warna yang akan menonjolkan kemasan produk Anda.

Product packaging design tidak boleh asal-asalan. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui keunggulan produk Anda agar bisa Anda tonjolkan nanti pada kemasan produk. Alhasil, kemasan produk memiliki design yang unik dan berbeda dari product lainnya.

Pastikan desain kemasan produk Anda memiliki daya tarik yang mampu  untuk menarik calon pembeli, kemudian lanjutkan dengan strategi digital marketing Anda untuk meningkatkan popularitas produk Anda.