3 Cara Jitu Meningkatkan Sosial Media Engagement

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Sosial media engagement tidak sama dengan giveaway, iklan berbayar, dan posting reguler. Ini tentang memahami audiens Anda dan melibatkan mereka dengan cara yang membuat merek Anda menonjol di antara pesaing Anda. Di samping itu, sosial media itu kompleks. Anda melakukan segalanya dengan benar dan membuat setiap akun media sosial untuk merek Anda, memposting secara teratur, dan berinvestasi dalam iklan berbayar. Dalam meningkatkan sosial media engagement bisa melakukan strategi hebat untuk meningkatkan pengikut Anda, tetapi engagement tersebut yang signifikan dan konsisten membutuhkan lebih banyak lagi. Mengetahui audiens Anda, berhubungan dengan mereka, dan membangun komunitas adalah hal yang benar-benar mendorong pelanggan baru dan lama untuk terus datang kembali. Kemudian bagaimana cara-cara lain untuk meningkatkan sosial media engagement ?

Membalas Audiens Anda

Membalas interaksi yang diberikan oleh audiens Anda adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan engagement, tetapi para pembisnis sering mengabaikannya. Banyak bisnis akan memposting konten dan membiarkannya begitu saja. Tindakan ini adalah kesalahan Anda ingin membalas komentar pengikut Anda dan melibatkan mereka dalam percakapan karena dibutuhkan dua orang untuk melakukan percakapan, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk berbicara dengan audiens Anda. Jika orang mengomentari konten Anda, maka beri komentar kembali. Terlibat dalam percakapan dan memulai dialog dengan merek Anda. Jika Anda memposting konten di profil Anda, pantau komentarnya, dan luangkan waktu untuk berkomentar kembali.

Berada di Platform Sosial Media yang Tepat

Apakah Anda menggunakan platform media sosial yang paling sering dikunjungi audiens target Anda? Banyak bisnis membuat akun di setiap situs jejaring sosial yang tersedia dengan harapan menargetkan “semua orang.” Hal tersebut adalah salah satu cara untuk meningkatkan kehadiran merek di media sosial, menargetkan prospek yang memenuhi syarat pemasaran pada platform yang sesuai memberi Anda keuntungan terbaik, dan memastikan bahwa Anda menyalurkan  sesuatu yang Anda buat dan membagikan di sosial media yang dapat menghasilkan maksimal.  Dalam memutuskan platform mana yang akan digunakan, pertama-tama miliki pemahaman tentang berbagai platform yang tersedia dan apa yang paling sesuai dengan merek Anda berdasarkan tujuan pemasaran dan demografi audiens target Anda.

Memilih Jenis Konten yang Cocok

Anda harus memilih konten yang tepat dengan menyusun strategi media sosial yang tepat. 

Selain itu, singkirkan hal-hal mendasar. Setelah itu, buat kalender media sosial, rencanakan daftar konten asli, dan rencanakan untuk memposting pada waktu yang optimal, tetapi juga ingat kualitas posting. Berfokus pada jenis konten yang akan disampaikan sangat penting untuk seberapa hebat postingan dan jangkauan organik Anda. Membuat konten yang bermakna menambah nilai bagi pengikut pada sosial media  Anda. Konten tersebut bisa tentang saran untuk menjalani kehidupan sehari-hari atau bahkan hal-hal kecil yang dapat dikaitkan dengan audiens Anda. Pengikut di media sosial tidak ingin mengikuti merek yang memposting banyak konten, melainkan merek yang berbicara kepada mereka secara pribadi. Merek Anda harus membuat setiap postingan di sosial media dengan maksud untuk meyakinkan pengikut Anda tentang mengapa mereka harus mendengarkan apa yang dikatakan merek Anda.

Nah, cara mengembangkan sosial media engagement ini penting. Apalagi, bagi Anda sebagai pemilik sosial media yang digunakan untuk bisnis atau Anda merupakan influencer. Jadi jika Anda ingin membuat konten untuk menaikan engagement, maka Anda bisa menghubungi kami @DIGIMA