Sebelum melakukan kegiatan branding, terdapat dokumen yang harus terlebih dulu Anda buat agar bisa berjalan dengan lancar. Nah, dokumen tersebut adalah brand platform Mengembangkan suatu brand memerlukan proses yang panjang, salah satu kegiatan penting diadakan proses tersebut adalah menilai kondisi pasar dan juga kompetitor. Selain itu, Anda pun harus mengetahui posisi brand Anda di asar. Sehingga, Anda harus membuat personifikasi brand yang menarik di mata audiens. Karena, berdasarkan laman Small bigenius, audiens akan selalu ingat pada suatu brand bila audiens sudah melihat brand tersebut sebanyak 5 hingga 7 kali. Bila brand Anda sulit untuk diingat, maka brand Anda bisa dipastikan sulit untuk melakukan penjualan. Ingin mengetahui lebih lanjur tentang brand platform? Ayo baca artikel tentang brand platform di bawah ini hingga selesai.
Apa Itu Brand Platform?
Berdasa kan laman MarketPoint, brand platform adalah dokumen yang disusun untuk menjelaskan berbagai fitur khas pada suatu brand, baik itu dalam bentuk visual ataupun ideologis. Dokumen ini memiliki peran yang penting untuk membentuk citra bisnis secara menyeluruh dan memberikan penawaran yang unik serta menarik untuk target audiens.
Selain itu, dokumen ini pun menjadikan suatu kerangka komunikasi pada suatu brand secara eksternal ataupun internal. Dokumen ini juga bisa menjadikan dasar bagi pegawai dalam melakukan kegiatan operasionalnya setiap internal. Selain itu, dokumen ini juga akan menyentralisasikan elemen branding. Sehingga, hal tersebut akan membentuk brand value perusahaan.
Manfaat Brand Platform
Tujuan utama dari dibuatnya dokumen ini adalah agar bisa memastikan manajemen bisnis pada suatu brand bisa berjalan dengan efektif. Selain itu, dokumen ini pun sangat membantu Anda dalam meraih niche market dan meningkatkan pendapatan dengan cara menarik perhatian konsumen. lebih dari itu, dokumen brand platform pun memiliki banyak manfaat lainnya, yaitu:
1.Membantu Brand Membuat Pesan Yang Jelas
Dikutip dari laman SendPulse, dokumen ini akan memastikan pada semua komponen identitas brand dan kegiatan marketing bisa selaras. Sehingga, nantinya akan tercipta suatu asosiasi yang kuat di antara keduanya. Sehingga, brand akan bisa mengirimkan pesan yang jelas pada target audiens. Hal ini tentunya membuat brand mempunyai posisi yang lebih kuat di pasar.
2.Membuat Brand Menjadi Lebih Menonjol Dari Kompetitor
Suatu brand yang mempunyai brand platform efektif bisa menarik konsumen secara lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan brand akan mempunyai sesuatu yang lebih unik di mata audiens. Selain itu, brand juga nantinya bisa memberikan pengalaman yang baik pada audiens via dokumen ini. Sehingga, brand Anda nantinya akan terlihat lebih menonjol daripada kompetitor lain.
3.Membantu Brand Mencari Cara Baru Untuk Berkembang
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dokumen ini mampu membantu suatu brand untuk lebih memperjelas dan juga memahami brand value yang dimilikinya secara lebih baik lagi. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan brand value tersebut untuk membuat rencana pemasaran yang baik dan tidak bisa mudah diubah – ubah.
4.Memungkinkan Komunikasi yang Efektif Antar Staf
Suatu brand platform yang baik akan bisa membantu perusahaan dalam membuat petunjuk untuk para karyawan yang terlibat di dalamnya akan lebih terdorong dan memiliki tujuan yang sama. Hal ini pun nantinya akan menciptakan rasa kesatuan di antara para karyawan dengan berdasarkan kesamaan nilai tersebut.
Demikian penjelasan yang harus Anda ketahui tentang brand platform. Dokumen ini tentunya hanya satu dari sekian unsur yang harus Anda perhatikan agar kegiatan branding Anda bisa berjalan dengan baik.