Strategi segmentasi email marketing perlu diketahui oleh setiap marketer. Meskipun ada banyak sekali alasan mengapa email marketing Anda tidak efektif, dengan segmentasi email marketing, seorang marketer dapat menjangkau audiens yang tepat dan secara cepat. Tidak hanya itu, segmentasi juga dilakukan untuk dapat membantu Anda mengetahui kebutuhan mereka.
Mengapa Segmentasi Email Marketing Penting?
Mengapa Anda harus menggunakan segmentasi pada email marketing? Lalu apa manfaatnya? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini!
Tidak semua subscriber itu sama
Setiap subscriber akan memiliki harapan yang sangat berbeda untuk brand Anda. Pendekatan satu ukuran untuk semua tidak akan berhasil. Dengan cara yang sama Anda menargetkan persona yang berbeda, kelompok audiens yang berbeda memiliki tujuan khusus ketika mereka berlangganan pemasaran Anda.
Segmentasi email membantu Anda mengidentifikasi karakteristik umum dari mereka. Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang subsriber Anda, segmen Anda bisa menjadi lebih terperinci. Semakin dalam, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengkonversi pembaca. Anda mempersonalisasi email berdasarkan minat mereka dan membantu mereka mencapai tujuan.
Tahapan yang berbeda dari siklus penjualan
Pembaca akan berada pada tahap yang berbeda dari siklus penjualan saat email Anda masuk ke kotak masuk mereka. Untuk memaksimalkan dampak Anda dan pengalaman mereka, penting bagi Anda untuk menargetkan pelanggan dengan konten yang mereka butuhkan, di setiap langkah.
Anda dapat menggunakan segmentasi untuk mengelompokkan audiens Anda menurut tahap mereka dalam perjalanan. Jika mereka baru saja bergabung dengan daftar marketing Anda, Anda harus mengirimi mereka email selamat datang (welcome email) dan konten untuk memperkenalkan brand Anda. Saat mereka melakukan pembelian baru-baru ini, mereka memerlukan konten tindak lanjut untuk membuat mereka tetap terlibat.
Gagal terhubung dengan pelanggan pada tahap kunci siklus penjualan Anda, berisiko kehilangan mereka sampai akhir. Segmentasi membuat kemungkinan kehilangan peluang ini secara signifikan lebih kecil.
Hasil yang lebih baik
Karena manfaat yang diuraikan di atas, Anda akan melihat hasil yang lebih baik saat Anda mengirim pemasaran email tersegmentasi. Anda akan menargetkan pelanggan yang tepat, dengan pesan yang tepat, pada tahap perjalanan yang tepat. Ini akan menghasilkan lebih banyak konversi, penjualan, dan pada akhirnya pendapatan untuk merek Anda.
Email yang tersegmentasi menikmati tarif terbuka hingga 15% lebih tinggi daripada kampanye yang tidak tersegmentasi, dengan RKT lebih dari 100% lebih tinggi. Email yang ditargetkan, dipersonalisasi menggunakan taktik segmentasi juga dapat mendorong pendapatan 3x lebih banyak daripada email siaran. Jika Anda ingin meningkatkan ritme pemasaran email Anda, segmentasi adalah suatu keharusan.
Peningkatan kemampuan pengiriman
Semakin relevan konten yang Anda kirim, semakin banyak subscriber yang akan membuka email Anda. Semakin tinggi tingkat terbuka Anda, semakin baik reputasi email Anda. Semuanya terhubung.
Saat Anda mengirim email bertarget ke database tersegmentasi, Anda bisa berinteraksi lebih bebas dengan subscriber Anda. Saat subscriber mulai mengharapkan email yang relevan dan menarik, mereka akan lebih sering membuka dan berinteraksi dengan email Anda. Semakin banyak pembaca yang terlibat dengan penyedia email marketing, email Anda akan mengenali Anda sebagai merek yang bereputasi dan dapat dipercaya. Email Anda tidak akan lagi mendarat di folder spam secara tidak sengaja.
Itulah beberapa poin penting atas penggunaan segmentasi email dalam marketing. Jika Anda membutuhkan informasi lain, Anda dapat mengunjungi website dan media sosial DIGIMA.