Tips Membuat Copywriting Yang Menarik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda ingin membuat copywriting atau tulisan copy yang akan membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda? Jika demikian, lihat tips copywriting yang menarik, berikut ini.

Copywriting adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Tujuan utama seorang copywriter (seseorang yang berspesialisasi dalam menulis salinan) adalah untuk membuat orang mengambil tindakan. Seperti membeli produk atau layanan, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, atau mengklik tombol tertentu.

Copywriting tidak hanya membantu Anda menjual produk atau layanan Anda, tetapi juga memiliki manfaat sebagai berikut. Seperti  ciptakan citra yang baik untuk merek Anda dan tarik pelanggan setia.

Jenis-jenis tulisan copywriting

Jika Anda mengira copywriting jenis ini hanya sebatas menulis iklan untuk billboard dan media sosial, Anda salah besar. Ada begitu banyak jenis copywriting di luar sana hari ini sehingga Anda bahkan mungkin menemukannya tanpa menyadarinya, yaitu:

  • Video promosi di youtube dalam bentuk skriip
  • Iklan suara di layanan streaming music
  • Artikel di internet atau koran

Pada intinya, informasi yang menarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa pada umumnya adalah tulisan copywriting. Jika Anda mengetahui jenis-jenis copywriting seperti di atas, Anda akan mendapati bahwa membuat copywriting sangatlah mudah.

5 tips membuat copywriting yang efektif

Copywriting yang baik membuat produk dan layanan Anda lebih menarik. Selain itu, copywriting yang menarik  tidak harus menggunakan kalimat yang panjang.

Yuk, cari tahu tips membuat copywriting yang menarik di bawah ini:  

  • Kenali produk yang akan Anda tawarkan

Jika ingin calon konsumen membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan, terlebih dahulu mereka harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus meneliti produk terlaris dari deskripsi dan manfaat calon pelanggan yang akan menggunakan atau membeli produk dan target pasar (dari usia, jenis kelamin, hobi hingga lokasi geografis).

Juga, jangan lupa untuk meneliti pro dan kontra dari produk yang Anda jual. Ini akan membantu Anda memutuskan formula mana yang tepat untuk jenis pembuatan teks Anda.

  • Tentukan jenis tulisan copywriting yang akan digunakan

Langkah lain yang dapat Anda ambil untuk membuat copywriting Anda adalah memutuskan jenis copywriting yang Anda inginkan. Misalnya video promosi di Youtube, artikel di internet, iklan di media sosial, dan lain sebagainya.

Hal ini karena semua jenis copywriting memiliki panjang huruf dan kata yang berbeda. Misalnya, saat menggunakan teks dalam sebuah video, jumlah kata yang digunakan bisa sangat panjang dan menjangkau beberapa halaman, tergantung pada panjang video.

Sebaliknya, jika Anda menulis copywriting untuk media sosial, jangan terlalu panjang. Misalnya, Instagram hanya mengharuskan Anda menulis hingga 150 kata untuk menulis copywriting Anda. Jika Anda ingin menulis copywriting di baliho, jumlah kata harus kurang dari 10 kata.  

  • Buat slogan yang menarik

Cara lain untuk membuat copywriting Anda adalah membuatnya menarik. Anda dapat menyertakan slogan dalam bentuk hashtag di YouTube, media sosial, billboard, atau teks apa pun yang Anda buat. Contoh slogan yang umum digunakan adalah #BerPijar dan #MulaiSekarang.

  • Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas

Salah satu tantangan terbesar bagi copywriter adalah membuat kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Rata-rata, calon konsumen tertarik untuk melihat atau mendengarkan iklan produk kurang dari 10 detik. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat kalimat yang sepadat mungkin dan tetap menarik perhatian calon konsumen.

  • Tuliskan kata-kata yang seolah membujuk calon konsumen untuk melakukan suatu tindakan

Seperti disebutkan di paragraf kedua, salah satu tujuan utama copywriting adalah untuk membujuk calon konsumen melakukan suatu tindakan. Jadi, di akhir teks Anda, jangan lupa untuk menyertakan kata-kata yang secara tidak langsung membujuk calon pelanggan. misalnya “Yuk tunggu apa lagi, segera gunakan produk ini” atau “Jangan buang kesempatan ini ya”.

Dengan demikian, itu tadi beberapa cara membuat copywriting yang menarik. Tunggu apa lagi segera praktikkan. Selamat mencoba!