Content marketing atau biasanya disebut dengan pemasaran konten ialah salah satu strategi pemasaran yang sering kali dipakai dalam mempromosikan suatu produk. Di era digital, pemasaran konten bisa dilakukan secara online maupun offline. Contoh secara online ialah pemasaran konten melalui instagram ads, dan facebook ads. Anda sebagai seorang pebisnis bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukannya. Hal ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Apa sih pemasaran konten itu?
Pengertian Pemasaran Konten
Pemasaran konten adalah strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan konten yang relevan dan konsisten untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda. Konten ini sengaja dibuat untuk mendapatkan sesuatu yang Anda harapkan. Jadi, Anda tidak hanya membuat konten, Anda memiliki tujuan tertentu yang ingin Anda capai dengan konten tersebut.
Menurut Neil Patel, pemasaran konten bertujuan untuk membangun hubungan dan keterlibatan jangka panjang yang kuat dengan calon pelanggan Anda. Jadi ini bukan hanya tentang membuat konten viral yang melibatkan pelanggan Anda. Tetapi, buat konten yang melibatkan calon pelanggan Anda dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia.
Kriteria Pemasaran Konten yang Baik
Pemasaran konten yang baik harus dapat membangkitkan kebutuhan dan rasa ingin tahu calon pelanggan Anda. Ini menciptakan afinitas emosional untuk konten dan merek Anda.
Seiring dengan visual yang baik, konsistensi adalah kunci keberhasilan pemasaran konten. Dengan mengunggah konten Anda secara konsisten, Anda menarik perhatian calon pelanggan ke konten dan juga merek produk Anda. Adanya hal semacam ini, mereka bahkan telah menunggu konten baru Anda. Pada tahap ini, strategi telah berhasil. Dalam pemasaran konten, Anda bisa menggunakan berbagai media sosial, misalnya saja instagram ads, facebook ads, konten blog, dan sebagainya.
Pemasaran Konten Pada Instagram
Content marketing pada Instagram sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kalimat ini mengacu pada kegiatan pemasaran apa pun yang memanfaatkan konten yang dipublikasikan melalui platform Instagram untuk terlibat dengan calon pelanggan yang melihatnya.
Seperti strategi pemasaran lainnya, memulai pemasaran konten Instagram memerlukan strategi. Anda tidak bisa begitu saja membuat konten di akun media sosial bisnis yang berisi informasi dangkal.
Semua ide konten harus ditentukan sebelumnya dari awal. Riset data yang menyeluruh membuat konten yang telah Anda kumpulkan lebih bermakna dan informatif bagi audiens kami. Konten yang menarik lebih cenderung menarik pengikut baru. Orang yang mengikuti akun Instagram bisnis Anda menunjukkan minat pada produk yang Anda jual. Di masa mendatang, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah jumlah pengikut Anda menjadi lalu lintas penjualan.
Tujuan Pemasaran Konten Pada Instagram
Pada penerapannya, pemasaran konten pada instagram berperan sangat penting. Hal ini menjadikan platform instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup diminati oleh banyak orang. Sehingga, banyak sekali para pebisnis yang melebarkan sayapnya pada platform ini. Beberapa tujuan yang bisa Anda pahami dalam penerapan pemasaran konten pada instagram,
Meningkatkan Brand Awareness
Dengan begitu banyak pengguna Instagram di Indonesia dan luar negeri, platform ini dapat digunakan sebagai media promosi dan branding. Bayangkan Indonesia memiliki 70 juta pengguna Instagram aktif bulanan, tolong beri saya. Angka ini cukup besar untuk pasar yang terbuka lebar.
Bagaimana jika Anda bisa menjangkau 70 juta orang itu dan memperkenalkan mereka ke bisnis Anda? Yang pasti angka penjualan bukan main-main. Tentu saja, menjangkau 70 juta orang sekaligus merupakan hal yang sulit.
Anda tidak harus menghubungi semua orang. Cukup jangkau orang-orang yang tertarik dengan merek dan produk yang Anda tawarkan… sehingga mereka dapat menghasilkan penjualan di masa mendatang.
Meningkatkan Penjualan
Selain meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek produk seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Pemasaran konten yang Anda buat juga dapat digunakan untuk meningkatkan lalu lintas penjualan untuk bisnis Anda.
Penting seberapa menarik konten yang disajikan kepada pelanggan. Semakin menarik, semakin besar kemungkinan orang untuk mengikuti akun Instagram bisnis yang Anda kelola, dan semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Mendekatkan Diri dengan Konsumen
Menjalankan strategi pemasaran konten Instagram juga memudahkan untuk terlibat dengan pelanggan Anda. Anda selalu dapat menghubungi kami atau mengajukan pertanyaan tentang produk dan perusahaan kami. Tidak ada lagi khawatir tentang menelepon layanan kontak tradisional. Pesan langsung (DM) dan komentar memudahkan orang untuk mengajukan pertanyaan dan menjangkau merek favorit mereka.
Bisa Menghemat Biaya
Selain kemudahan implementasi, pemasaran konten Instagram bisa dikatakan lebih murah dibandingkan promosi tradisional. Selain itu, iklan yang digunakan di media sosial dapat ditargetkan ke berbagai orang tertentu, seperti jenis kelamin, kelompok usia, minat, dan hobi.
Strategi Pemasaran Konten pada Instagram
Anda bisa memanfaatkan instagram dalam mempromosikan produk Anda. Tetapi, jangan lupa untuk menerapkan strategi yang tepat dalam melakukan content marketing pada instagram. Beberapa strategi tepat yang bisa Anda terapkan dalam mempromosikan produk Anda, yaitu:
Pertama, Buat Akun Instagram Marketing Terlebih Dahulu
Anda harus membuat akun instagram marketing yang bertujuan supaya akun Anda bisa terlihat profesional. Selain terlihat profesional, akun instagram marketing Anda bisa mempermudah calon pelanggan dalam menjangkau dan juga berinteraksi dengan Anda. Dalam instagram, terdapat beberapa fitur yang bisa diakses oleh beberapa pengguna akun berbisnis, misalnya saja instagram ads dan juga insight instagram.
Kedua, Mengoptimalkan Profil Akun Instagram Bisnis Anda
Langkah kedua ialah optimalkan profil Anda hingga terlihat seperti akun profesional. Di bawah ini terdapat tips yang bisa Anda gunakan, antara lain:
- Pertama, Anda harus memastikan username dalam menghandle instagram Anda dengan menggunakan nama bisnis Anda sehingga bisa mempermudah dalam penemuan dan pengingatan oleh calon konsumen Anda.
- Tips kedua, sebaiknya gunakan logo brand Anda sebagai foto profil akun instagram bisnis Anda.
- Ketiga, deskripsikan dengan ringkas dan mudah dipahami oleh pengguna mengenai jenis bisnis Anda pada bio instagram
Ketiga, Anda Harus Memahami Jenis Unggahan Produk Anda pada Instagram
Setelah Anda berhasil menyesuaikan profil Anda, langkah selanjutnya adalah membuat strategi konten Instagram Anda. Aplikasi Instagram membagi konten menjadi empat jenis:
- Sebuah feed yang berisi semua konten dan video yang diupload akan memaksimalkan tampilan feed dan membuatnya terlihat menarik.
- Stories akan muncul di bagian atas feed Anda dan hanya akan bertahan/terlihat selama 24 jam. Anda bahkan dapat memposting iklan di cerita Instagram!
- Instagram Live adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan siaran langsung dan berkomunikasi dengan pengikut Anda secara real time.
- Instagram TV tempat Anda bisa mengunggah video berdurasi lebih panjang seperti YouTube.
- Keempat, memerlukan konsistensi dalam mengunggah postingan
Agar brand cepat membuat konsumen terkesan, dibutuhkan konsistensi dalam mengunggah postingan. Namun, bukan berarti Anda harus melakukan spam atau posting secara berlebihan. Ini adalah salah satu langkah pertama untuk pemasaran Instagram yang sukses.
Idealnya, lakukan 10-11 posting per minggu. Jadi Anda memiliki kesempatan untuk mengunggah satu atau dua posting setiap hari. Ini adalah cara menjual produk Anda di Instagram yang memungkinkan merek Anda langsung dikenali dan konsumen membeli produk Anda.
Kelima, Perlu Menentukan Jadwal Unggahan
Selanjutnya, tentukan waktu berulang yang cocok untuk membuat postingan. Anda dapat menjalankan tes untuk melihat kapan waktu terbaik untuk mengunggah. Lihat saat unggahan paling banyak berinteraksi.
Setelah Anda mempunyai data, buat catatan dan atur pengingat untuk diposting pada waktu yang paling ideal. Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi ketiga yang memungkinkan Anda menjadwalkan dan mengunggah konten Anda secara otomatis.
Terakhir, Lakukan Promosi dan Giveaway Secara Berkala
Promosi dan penghargaan(Give away) merupakan bentuk pemasaran melalui Instagram yang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan secara konsisten menunjukkan hasil yang positif. Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa manfaat membagikan produk Anda?” Sebenarnya, tujuan membagikan produk ini adalah untuk meningkatkan lalu lintas ke halaman Anda. Dan harus Anda pahami bahwa pengaruh dari giveaway ini sangat besar sekali dalam salah satu strategi pemasaran.
Bayangkan Anda menggunakan seorang influencer. Anda pastinya mengirim produk secara gratis dan juga perlu membayar sejumlah tertentu untuk mempromosikan produk Anda. Namun, hal itu tak perlu dilakukan, sebaiknya Anda menyelenggarakan hadiah yang Anda sponsori atau undang merek lain untuk berkolaborasi dan mensponsori. Misalnya, katakanlah Anda memiliki makro influencer yang ingin mengadakan giveaway untuk merayakan jumlah pengikut mereka yang terus bertambah. Anda dapat menawarkan untuk mensponsori acara tersebut. Nantinya, Anda akan mendapatkan traffic dari freebie sourcing.
Atau, Anda mungkin ingin meningkatkan lalu lintas dan berkolaborasi dengan merek lain yang ingin mensponsori aktivitas Anda untuk meluncurkan kampanye berbagi produk sehingga Anda dapat menarik lebih banyak peserta. Anda juga bisa menggunakan iklan Instagram sebagai sarana untuk mempromosikan kegiatan giveaway.
Itu saja pembahasan kali ini semoga bisa menambah pengetahuan Anda.