5 Karakteristik Branding yang Sukses

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Persaingan yang dihadapi para pengusaha di sebagian besar industri semakin ketat. Sangat penting bahwa bisnis Anda akan terus membedakan diri Anda dengan para pesaing Anda. Apakah Anda pernah berpikir bagaimana caranya? Hal ini mempunyai artian bahwa mengembangkan identitas unik dan proporsi nilai melalui branding yang strategis. Beberapa orang mengatakan bahwa menyediakan produk dan layanan yang berkualitas merupakan yang terpenting. Sebenarnya tidak ada salahnya mengatakan hal ini. namun, branding yang efektif diperlukan supaya perusahaan Anda dapat berkembang dengan cepat. Muncul pertanyaan bagaimana melakukan branding yang efektif. setidaknya terdapat 5 karakteristik umum dari strategi branding yang sukses. Namun, sebelum melangkah ke pembahasan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertian dan elemen atau unsur-unsur dari branding.

Pengertian branding

Kata branding berasal dari bahasa Indonesia, yaitu ‘brand’ yang berarti merek. Kata brand dan branding memiliki artian yang berbeda ketika digunakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kata brand berarti tanda dan branding merupakan sebuah proses. Oleh karena itu, istilah branding ialah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan mempromosikan suatu brand mereka. Proses brand juga dapat diartikan sebagai layanan komunikasi yang direncanakan oleh perusahaan. Tujuan dari proses branding ini secara umum yaitu untuk membangun kesadaran merek(brand awareness).

Elemen-elemen branding

Setelah mengetahui apa itu branding, kita juga perlu mengetahui elemen apa saja yang mencakup di dalamnya. Elemen atau unsur-unsur yang terpenting dari setiap aktivitas branding ialah nama bisnis atau merek itu sendiri. Namun, merek juga harus didukung oleh ikon atau simbol identitas visual yang mendukung komunikasi brand marketing. Unsur-unsur branding antara lain,

  1. Nama brand
  2. Ikon/logo yang meliputi jenis logo, monogram, dan bendera.
  3. Penampilan yang meliputi desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan sebagainya.
  4. Juru bicara yang meliputi co-founder, maskot, karakter perusahaan, influencer, selebriti, dan lain-lain.
  5. Suara yang meliputi lagu tema, kunci musik maupun audio.
  6. Kata-kata yaitu slogan, poster, akronim, maupun jingle(Suara atau Voice Over).

5 Karakteristik branding yang sukses

Selanjutnya, kita akan langsung membahas tentang 5 karakteristik dari branding yang sukses. Pahami sampai Anda benar-benar paham mengenai karakteristik ini. yuk, simak!

Memanfaatkan sosial media sebagai media untuk berpromosi

Anda pastinya telah mengetahui bahwa sebagian besar masyarakat memiliki media sosial saat ini. Bahkan, media sosial telah menjadi kekuatan unik tersendiri bagi perkembangan bisnis. Tiap-tiap perusahaan pasti mempunyai situs web atau akun sosial media perusahaan dalam mempromosikan produk atau layanannya. Dari sini, Anda dapat menyimpulkan bahwa memanfaatkan media sosial sebagai media untuk berpromosi sangat penting sekali.

Nama brand dan bentuk logo yang mudah diingat oleh masyarakat

Pastinya, nama merek harus mewakili produk atau layanan yang sedang ditawarkan. Buat nama brand yang mudah diingat oleh pelanggan. disarankan untuk Anda supaya membuat nama merek yang unik dan mudah diingat. Dalam pemberian nama brand, Anda dapat mengecek berbagai referensi dari berbagai merek lain. Ingatlah untuk memberikan nama yang mudah diingat serta mudah diucapkan. Anda juga dapat menghubungi konsultan brand atau agensi dari pemasaran digital Anda.

Sebelum merancang logo, ada baiknya jika Anda memikirkan terlebih dahulu logo yang ikonik dan juga mudah diingat sehingga pelanggan Anda mengetahui seperti apa logo dari produk atau layanan Anda. bentuk logo juga disarankan sangat sederhana, namun tetap melekat di benak pelangga meskipun mereka tidak berusaha untuk mengingatnya. Misalnya yaitu logo Nike.

Terus berinovasi

Maju dalam dunia bisnis saat ini bukanlah hal yang mudah. Menghentikan inovasi adalah kerugian besar, sehingga perusahaan dan merek harus terus berinovasi dan meningkatkan serta mengembangkan produk dan layanannya untuk selalu mencapai kepuasan pelanggan. Membuat pelanggan tetap loyal untuk Anda berarti membiarkan mereka merekomendasikan mereka tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan. Bisnis perlu menyadari bahwa keinginan dan kebutuhan pelanggan semakin meningkat. Ini juga meningkatkan kualitas produk dan layanan yang Anda harapkan.

Pemilihan warna merek yang representatif.

Warna dalam karakteristik branding yang sukses mempunyai dua pengaruh tersendiri, yaitu warna dapat mewakili emosi(hal ini berkaitan dengan psikologi warna), dan warna juga mempengaruhi memori visual manusia. Memilih warna tertentu untuk logo maupun warna untuk tema merek, terdapat beberapa makna yang tersembunyi dalam brand Anda. Misalnya saja,

  • Warna logo hitam, abu-abu tua, merah bata, cokelat, atau putih tua melambangkan keberanian, kemenangan, penguasaan, dan integritas.
  • Warna logo yang lembut seperti pastel dan warna terang melambangkan ketulusan, optimisme, keramahan, kemurnian dan keramahan.

Pelanggan juga dapat mengidentifikasi dan mengingat suatu merek melalui warna logo. Hal ini merupakan salah satu strategi pengenalan merek yang sederhana yang efektif. contohnya, sangat mudah mengenali bahwa seorang pengemudi ialah seorang ojek online karena dia memakai atribut warna hijau dan hitam. Di mana warna ini mewakili kedamaian dan juga keberanian.

Terdapat Kisah Merek yang Berkesan.

Suatu brand yang sukses pastinya mempunyai kisah merek yang tak terlupakan selamanya. Karakteristik ini memberikan makna filosofi yang kuat terhadap merek. Selain itu, mereka juga berkolaborasi dan mengevaluasi supaya produk atau layanan mereka tidak ketinggalan tren.

Itu saja penjelasan mengenai 5 karakteristik branding yang sukses. Semoga bermanfaat bagi Anda.