Contoh Dan Fungsi Brand Awareness,

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Brand awarenees atau kesadaran merek merupakan konsep pemasaran yang harus diketahui dan dipelajari dengan baik. Istilah ini menggambarkan bagaimana merek Anda dikenal publik, yaitu bagaimana calon pelanggan Anda dikenal oleh Anda.

Pengenalan merek yang kuat adalah kunci bagi perusahaan untuk tetap berada di depan para pesaingnya dalam bisnis. Alasannya, konsumen cenderung memilih produk dan layanan dari merek yang mereka kenal, yang mendorong penjualan.

Apa itu brand awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dan calon pelanggan untuk merasakan suatu merek, produk, atau layanan. Bisnis membutuhkan pengenalan merek karena mereka adalah tempat di mana mereka membentuk basis konsumen dan penjualan mereka. Pengenalan merek yang kuat adalah kunci bagi perusahaan untuk tetap berada di depan para pesaingnya dalam bisnis. Alasannya, konsumen cenderung memilih produk dan layanan dari merek yang mereka kenal, yang mendorong penjualan.

Apa fungsi brand awareness?

Pelanggan telah terbukti lebih memilih merek terkenal daripada merek yang tidak dikenal. Kesadaran merek adalah langkah pertama untuk membuat merek dikenal. Tetapi pentingnya kesadaran merek tidak berhenti di situ. Pengenalan merek itu seperti berlian, semakin Anda memolesnya, semakin cerah warnanya.

Berikut adalah beberapa fitur kesadaran merek dari bisnis atau produk Anda:

  • Menciptakan persepsi

Kesadaran merek menyebar melalui saluran seperti rekomendasi, PR, berita, dan media sosial. Ketika segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana perusahaan, itu menciptakan persepsi positif di benak pelanggan.

Misalkan seorang teman memberi tahu Anda tentang sebuah restoran Jepang di mana dia memiliki pengalaman yang luar biasa. Bahkan jika Anda tidak pergi ke restoran, ada kemungkinan Anda akan merekomendasikannya kepada seseorang yang dapat memberi saran tentang restoran Jepang.

  • Menumbuhkan kepercayaan

Kesadaran merek menciptakan kepercayaan. Melihat orang-orang berinteraksi dengan suatu merek dan memiliki pengalaman positif membangun kepercayaan terhadap merek tersebut, meskipun mereka belum mencobanya.

Misalkan Anda mengunjungi negara Somalia dan menemukan tiga restoran yang berbeda. Dua adalah restoran lokal dan satu adalah McDonald’s. Bahkan jika Anda belum pernah makan di McDonald’s di negara Anda, kemungkinan besar Anda akan melakukannya. Ini hanya karena Anda mengetahui merek dan mempercayai praktik kebersihannya.

  • Menciptakan jaringan

Dengan perencanaan yang baik, kesadaran menyebar seperti api. Merek Anda menciptakan buzz dan jaringan yang dapat Anda gunakan untuk menyebarkan informasi lebih lanjut.

Misalnya, TikTok tidak mempromosikan dirinya sendiri, pengguna membangun kesadaran melalui video dan dari mulut ke mulut.

  • Membangun ekuitas merek

Semakin Anda mengenal sebuah merek, semakin berharga itu. Ini adalah konsep ekuitas merek. Ekuitas merek mewakili nilai merek sebagai aset terpisah. Itu membuat penawaran umum menjadi menonjol hanya karena ditawarkan oleh merek tertentu. Brand awareness membangun ekuitas merek yang dirasakan.

Cara meningkatkan brand awareness

Teknik meningkatkan skala brand awareness adalah teknologi yang sulit, baik untuk bisnis secara umum atau profesi tertentu. Berikut ini adalah cara meningkatkan brand awareness  untuk pengusaha dan agen properti.

Untuk bisnis

Brand awareness adalah persepsi yang harus dibangun dari hubungan komunikasi yang berkelanjutan. Dengan mengingat hal itu, inilah cara meningkatkan brand awareness yang sesuai:

  • Mengetahui Posisi dan Kepribadian Pembeli yang Tepat
  • Berfokus pada penentuan karakteristik produk yang akan dijual
  • Penggunaan media apa saja untuk pemasaran
  • Buat logo dan slogan yang berbeda dari produk pesaing
  • Beriklanlah secara teratur daripada terlalu sering, karena ini akan menyebabkan titik jenuh konsumen untuk produk Anda.

Untuk agen property

Sebagai agen properti, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness di antara target klien Anda. Beberapa langkah yang mungkin opsional meliputi:

  • Kenali pelanggan Anda
  • Buat pemasaran konten tentang real estat
  • Manfaatkan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas

Itu adalah pembahasan lengkap dari pengertian hingga cara meningkatkan brand awareness bagi pebisnis serta agen property. Selain mempelajari apa itu kesadaran merek, menerapkan teknik periklanan dan pemasaran yang baik melalui aplikasi digital untuk Anda juga dapat memaksimalkan hasil bisnis Anda. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.