Pahami Fitur – Fitur TikTok For Business

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

TikTok for Business adalah akun di TikTok yang secara spesifik bisa digunakan untuk mengoptimalkan bisnis dalam mempromosikan produk atau jasanya. Sebagai informasi, Aplikasi TikTok mulai pertama kali hadir di Cina pada tahun 2016. Selanjutnya, TikTok pun menjadikan fenomena global termasuk di Indonesia. Kendati sempat diblokir oleh kementerian komunikasi info pada juli 2018 lalu, siapa sangka jika sekarang penggunanya sudah mencapai lebih dari 2 Miliar. Bahkan prestasi ini, mampu mengalahkan pendahulu mereka seperti Instagram, Twitter dan Facebook, masa pandemi yang dimulai dari tahun 2020 menjadikan masa keemasan dai Aplikasi buatan perusahaan teknologi Cina, ByteDance Inc ini.

Fitur- fitur yang Ada Pada TikTok for Business

Setiap aplikasi ponsel, khususnya media sosial tentunya memiliki fitur – fitur nya tersendiri. Fitur – fitur yang ada biasanya digunakan lebih tertarik untuk menggunakan layanan yang ditawarkan suatu aplikasi. Nah, TikTok for Business ini juga memiliki fitur – fitur yang dikhususkan untuk bisnis. Tak jauh berbeda dengan TikTok personal, hanya saja terdapat fitur tambahan seperti di bawah ini:

Unique Engagement Solution

Seperti namanya, melalui fitur ini, pebisnis bisa membuat interaksi atau berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang unik. Tidak hanya bisa membalas pertanyaan atau komentar dengan bentuk video. Fitur ini menjadikan solusi yang unik supaya bisnis yang dijalankan menjadikan jauh lebih dekat dengan konsumen.

Real – timee Perfomance Tracking

Fitur dalam TikTok for Business yang satu ini, akan membuat pebisnis dapat melihat bagaimanakah performa dari setiap konten yang diunggah secara real time. Maka dari itu, pebisnis atau divisis marketing dari suatu perusahaan bisa mengambil keputusan dengan cepat untuk meningkatkan perfoma kontennya.

Bisa Mengetahui Trending Content

Jika dalam akun personal, anda bisa mengetahui konten apa yang sedang tren dengan mengira konten yang sedang trending atau banyak menjadikan tren di kalangan pengguna TikTok. Misalnya saja seperti, produk yang bisa dijual, strategi marketing hingga bagaimana konten nya. Maka dari itu, pebisnis atau divisi marketing dari perusahaan bisa melakukan ATM (Amati – Tiru – Modifikasi) konten tersebut agar produk/layanan menjadikan viral.

TikTok Ads

Sebagai akun TikTok for Business, tentu anda juga bisa melakukan iklan pada konten produk atau layanan anda supaya dapat menjangkau lebih banyak konsumen. selengkapnya tentang TikTok Ads bisa dilihat di bawah ini.

Fitur – fitur Lainnya

Berikut ini adalah fitur tambahan yang tidak hanya tersedia pada akun Bisnis, melainkan juga kain TikTok  personal.

Apa saja?

  • Pengeditan video
  • Countdown
  • Stiker
  • Hashtag
  • Filter dan efek video
  • Filter voice
  • Penambah Musik
  • Live
  • Hapus Komen dan Blokir Pengguna

Cara Membuat Akun TikTok Bisnis

Setelah mengetahui kegunaan dari masing – masing fitur yang ada pada TikTok for Business, anda tentu jadikan ingin membuat akun bisnis.

Adapun cara untuk membuatnya mudah kok, berikut pembahasannya:

  • Install Aplikasi TikTok

Anda bisa mengunduh aplikasi TikTok melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna IOS Apple.

  • Buat Akun Personal

Daftarkan diri untuk membuat akun personal TikTok, bisa melalui Email, Nomor Handphone, Akun Google, Facebook, Instagram, Twitter, LINE dan KakaoTalk

  • Klik Menu pada Profile
  • Pilih Manage Account
  • Pilih “Switch to Business Account”.
  • Klik “Next”
  • Pilih kategori bisnis, lalu klik “Next”
  • Akun anda sudah menjadi Akun TikTok Bisnis, buatlah konten yang menarik tentang produk atau jasa yang anda tawarkan.

Itulah informasi tentang TikTok for Business yang bisa menjadi insight baru dalam anda melakukan promosi bisnis melalui media sosial. Semoga berhasil!