5 Fungsi Kemasan Produk Dan Tujuan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kemasan produk tidak dapat dipisahkan dari proses penjualan dan pemasaran. Kemasan produk memiliki banyak manfaat yang berkontribusi terhadap rasa aman dan nyaman saat menggunakannya. Secara umum, packaging dapat menjadi bahan pengemas suatu produk yang membantu melindunginya dari kerusakan. Oleh karena itu peran kemasan produk sangat penting bagi produk itu sendiri.

Apa itu kemasan produk?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bungkusa pelindung adalah tutup pelindung barang hasil kegiatan pengemasan.

Menurut Rodrigues, adalah kemasan yang menambahkan bahan aktif untuk mengubah keadaan bahan makanan, memperpanjang umur simpan makanan yang dikemas, meningkatkan keamanan, dan mempertahankan kualitas.

Philip Kotler dan Gary Armstrong berpendapat bahwa mendefinisikan kemasan produk adalah aktivitas yang melibatkan desain dan product untuk memastikan bahwa packaging yang terkandung di dalam produk berfungsi dengan baik dan melindungi product yang terkandung di dalamnya.

Dari beberapa definisi packaging di atas, dapat disimpulkan bahwa kemasan produk adalah bahan yang digunakan untuk mengemas produk, untuk meningkatkan keamanan dan menjaga kualitas produk.

Berikut ini 5 fungsi kemasan produk dan kenali tujuannya

Fungsi kemasan

  • Melindungi dan mempertahankan produk

Fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi dan mempertahankan product. Lindungi produk dari kerusakan selama perjalanan dari produsen ke toko atau dari pasar ke rumah pembeli. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kemasan harus memiliki bentuk yang sesuai dan nyaman serta tidak boleh terlalu besar untuk penyimpanan jangka panjang. Terutama dalam mempertahankan kualitas. Karena makanan biasanya tidak dikonsumsi pada hari yang sama saat dibeli atau dibuka.

  • Identitas produk

Fungsi selanjutnya adalah identifikasi produk. Suatu  produk dikemas dalam wadah ukuran, warna dan bentuk khusus untuk membedakan produk Anda dari yang lain. Setiap kemasan memiliki ciri khas tersendiri, seperti logo dan warna pabrikan, yang mudah dikenali oleh masyarakat umum. Identitas produk merupakan salah satu fitur packaging yang paling penting untuk menarik pembeli.

  • Kemudahan transportasi

Untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan pengangkutan produk, tidak hanya tampilan label tetapi juga fungsi pengemasan sangat penting. Seperti produk teknis, benda tidak hanya dilindungi dari kerusakan, tetapi juga lebih mudah diangkut dari pabrik ke rumah.

Makanan juga memperhitungkan fungsi pengemasan selama transportasi. Pengemasan memudahkan pengangkutan, penyimpanan, dan konsumsi.

  • Daya tarik

Fungsi kemasan berikutnya sebagai daya tarik. Melihat ribuan produk di rak, konsumen bisa penasaran bagaimana produk dikemas. Banyak merek memerlukan penelitian ekstensif tentang skema warna, desain, dan jenis kemasan untuk mengetahui apa yang paling disukai konsumen.

Kemampuan pengemasan ini memainkan peran penting dalam keberhasilan atau kegagalan penjualan produk. Selain itu, packaging memainkan peran penting dalam menggambarkan informasi tentang produk. Untuk memudahkan konsumen dalam memilih dan memperoleh informasi untuk mengambil keputusan pembelian.

  • Mempublikasikan merek

Fungsi terakhir dari kemasan, kemasan dapat digunakan sebagai wahana untuk mengkomunikasikan ide dan konsep pemasaran yang dicari konsumen. Dalam kasus toko pakaian, merek tas, dan layanan transportasi barang dagangan gunakan waktu rilis yang tepat. Bisnis dapat beriklan dengan desain, logo, ikon, dan warna yang menarik.

Nah, setelah Anda mengetahui apa saja fungsi diatas tentu Anda juga harus mengetahui apa saja tujuannya.

Tujuan kemasan

Selain memiliki fungsi kemasan, product juga tersebut disimpan dalam wadah yang memiliki tujuan tertentu. Untuk itu ada beberapa macam tujuan diantaranya, adalah sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan pelanggan potensial untuk membeli produk Anda.
  • Meningkatkan profit atau keuntungan.
  • Melindungi produk dari kotoran, debu, air, dan zat lain yang dapat merusak isi produk.
  • Menarik minat pembeli.
  • Memudahkan pembeli untuk mengetahui produk Anda.

Dengan demikian, Kemasan produk sama pentingnya dengan product itu sendiri, dan menyediakan kemasan produk membantu melindungi product, mencegah kerusakan product, menjaga kondisi product, dan meningkatkan nilai jual produk.

Peran kemasan produk tidak hanya sebatas itu. Desain kemasan produk yang menarik Terbukti dengan kemasan produk, penggunaan packaging dalam product meningkatkan penjualan dan meningkatkan kenyamanan promosi. Padahal, menggunakan kemasan produk dapat meningkatkan daya jual product yang ditawarkan. Terima kasih telah membaca dan mengunjungi artikel kami, semoga membantu Anda.