Anda mungkin memiliki produk yang bagus, tetapi pelayanan untuk pelanggan Anda masih tidak begitu bagus, tidak menolong pelanggan, maka Anda akan kehilangan pelanggan Anda. Itulah salah satu alasan besar mengapa berinvestasi dalam layanan pelanggan adalah kunci kesuksesan bisnis jangka panjang. Namun, apa artinya memberikan layanan pelanggan yang hebat, dan bagaimana Anda bisa memastikan bahwa setiap pelanggan memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan perusahaan Anda saat mereka meminta bantuan?
Oleh karena itu, rekomendasi tips untuk memberikan pelayanan terbaik:
1. Kenali produk Anda
Sebagai pemiliki produk, Anda mungkin pernah menghabiskan sepanjang hari untuk memecahkan masalah pelanggan, dan itu berarti Anda harus menjadi ahli produk. Pengetahuan yang luas tentang produk Anda adalah keterampilan layanan pelanggan yang penting. Idealnya, Anda harus percaya pada produk Anda dapat mendiskusikan fitur dan penggunaan dengan cara yang berwawasan luas serta menunjukkan kepada pelanggan Anda bagaimana produk dapat menguntungkan mereka. Selain itu, belum lagi memecahkan masalah apa pun yang tidak berfungsi dengan benar. Tugas Anda adalah membantu pelanggan Anda mendapatkan hasil maksimal dari pembelian mereka dan merasa mereka mendapatkan nilai sebenarnya dari uang mereka. Jadikan tujuan Anda untuk mempelajari semua yang perlu diketahui tentang produk Anda sehingga Anda dapat memukau pelanggan Anda dengan rekomendasi yang tepat waktu untuk menggunakan fitur dan layanan baru.
2. Pertahankan sikap positif
Sikap adalah segalanya dalam hal berbisnis dan sikap positif sangat membantu dalam memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Karena sebagian besar interaksi pelanggan tidak dilakukan secara tatap muka, sikap Anda harus tercermin dalam bahasa dan nada suara. Sangat mudah untuk salah mengartikan nada komunikasi tertulis, dan email atau obrolan langsung dapat dianggap dingin. Kemudian otak menggunakan banyak sinyal untuk menafsirkan nada emosional orang lain, termasuk bahasa tubuh dan ekspresi wajah, banyak di antaranya tidak ada secara online. Jangan takut menggunakan emoji untuk menyampaikan kehangatan dan humor yang baik, atau angkat telepon jika Anda menemukan email atau percakapan obrolan menjadi tegang.
3. Merespon dengan cepat
66% orang percaya bahwa menghargai waktu mereka adalah hal terpenting dalam setiap pengalaman pelayanan pelanggan. Menyelesaikan pertanyaan pelanggan secepat mungkin adalah landasan layanan pelanggan yang baik. Kecepatan harus menjadi esensi terutama untuk masalah kecil yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan. Pelanggan tidak ingin berlama-lama dalam antrian , tetapi mereka akan menghabiskan waktu sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah mereka. Anda juga harus menghubungi kembali pelanggan Anda secepat mungkin, tetapi jangan terburu-buru untuk mengeluarkan mereka dari telepon atau menutup tiket tanpa menyelesaikan masalah sepenuhnya.
4. Jadikan Mengumpulkan Feedback untuk Pelanggan Mudah
Kunci untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda adalah belajar tentang pengalaman baik, buruk, dan buruk yang dihadapi pelanggan Anda. Meskipun Anda mungkin telah memperhitungkan setiap masalah pelanggan sebagai bagian dari strategi pengalaman layanan pelanggan Anda, Anda mungkin menghadapi kesulitan dalam merampingkan alur kerja. Hal terbaik yang dapat dilakukan agen dukungan pelanggan Anda adalah membuat beberapa titik kontak di sepanjang perjalanan pelanggan untuk mendorong umpan balik pelanggan.
Nah, itulah mengapa pentingnya pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Mulai dari mengenali produk Anda hingga mengumpulkan feedback untuk memudahkan pelanggan mengetahui kendala yang sama dengan pelanggan lain. Kemudian Anda bisa menguak informasi lain di DIGIMA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda