Yuk, Pelajari Tentang Atribut Produk dan Kualitas Produk

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Hai teman-teman semua! Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kemampuan manajemen untuk memposisikan suatu produk melalui atribut produk dan kualitas produk yang  tepat di pasar merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan suatu produk di pasar. Jika suatu produk memiliki atribut atau karakteristik produk  yang memenuhi harapan konsumen, maka konsumen menganggap produk tersebut sesuai. Produk seperti itu akan menjadi produk yang sukses.

Pada dasarnya kualitas produk merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjalankan bisnis dimana kualitas produk  menentukan  kepuasan pelanggan dan  masa depan bisnis teman-teman semua.

Kualitas produk merupakan salah satu kunci persaingan antar pelaku ekonomi yang ditawarkan kepada konsumen. Sebagian orang beranggapan bahwa produk mahal adalah produk berkualitas tinggi, namun konsumen selalu ingin mendapatkan produk  berkualitas tinggi sesuai dengan harga yang mereka bayar. Jika perusahaan dapat melakukan ini, mereka dapat  memuaskan  konsumen dan meningkatkan jumlah konsumen.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai atribut produk ,kualitas produk unsur komponen produk, pelayanan pendukung produk dan dimensi kualitas produk  untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Tapi sebelum kita membahas lebih dalam lagi, kalian tau gak sih, apa itu pengertian atribut produk? Jika belum yuk simak di penjelasan dibawah ini!

Pengertian Atribut Produk

Atribut Produk adalah Faktor-faktor yang digunakan dalam pengembangan atau diferensiasi produk yang memberikan nilai tambah dan kegunaan serta dipertimbangkan dalam  keputusan pembelian. Atribut produk dapat berupa fitur, kualitas, harga, kemasan, merek, garansi, dan pelayanan.

Dampak yang signifikan pada bagaimana pembeli memandang produk. Selain membedakan suatu produk dengan produk lain, atribut produk juga harus mampu menarik konsumen. Hal ini karena sifat fisik  produk memberikan berbagai manfaat yang dibutuhkan dan diinginkan pembeli.

Pengertian Atribut Produk Menurut Para Ahli

  • Kotler dan Armstrong (2012) Atribut produk adalah pengembangan produk atau layanan yang mencakup manfaat yang  ditawarkan produk atau layanan tersebut.
  • Suharno dan Sutarso (2010) Atribut produk adalah pengembangan produk yang perlu dilakukan dengan mendefinisikan manfaat yang  ditawarkan, dikomunikasikan, dan disampaikan melalui atribut produk seperti kualitas, fungsionalitas, gaya, dan desain.
  • Tjiptono (2008) Atribut produk merupakan elemen produk yang dianggap penting oleh konsumen dan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan pembelian. Atribut produk meliputi merek, kemasan, garansi, layanan, dan lainnya.
  • Gitosudarmo (1995) Atribut produk adalah komponen yang menjadi ciri produk yang menjamin suatu produk  dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
  • Simamora (2000) Atribut produk adalah manfaat yang diberikan produk. Manfaat tersebut dikomunikasikan dan diwujudkan melalui atribut produk yang berwujud seperti merek produk, kualitas produk, fitur produk, desain produk, pelabelan produk, kemasan produk dan dukungan produk. Atribut ini sangat mempengaruhi reaksi konsumen terhadap.

Pengertian Kualitas Produk

Kualitas produk adalah suatu kondisi fisik, sifat, dan dan fungsi produk, baik itu produk barang atau produk layanan jasa, berdasarkan tingkat mutu yang disesuaikan dengan durabilitas, reliabilitas, serta mudahnya penggunaan, kesesuaian, perbaikan serta komponen lainnya yang dibuat untuk memenuhi kepuasan dan juga kebutuhan pelanggan.

Unsur dan Komponen Atribut Produk

Menurut Kotler dan Armstrong (2012), suatu produk biasanya diikuti oleh serangkaian atribut-atribut yang menyertai produk meliputi beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

  • Kualitas Produk

Kualitas produk adalah salah satu alat penentuan posisi yang paling penting bagi pemasar. Ini memiliki dampak langsung pada kinerja produk. Untuk alasan ini, kualitas berkaitan erat dengan nilai dan kepuasan pelanggan.

  • Fitur Produk

Fitur produk adalah  produk yang dapat ditawarkan dengan fitur yang berbeda, model dasar, model tanpa suplemen, dan ini adalah titik awalnya. Organisasi dapat mencapai tingkat pemodelan yang lebih tinggi dengan menambahkan fungsionalitas. Atribut adalah sarana kompetitif untuk membedakan produk perusahaan dari produk pesaingnya.

  • Gaya dan Desain Produk

Desain memiliki konsep yang lebih luas daripada gaya. Desain ini tidak hanya mempertimbangkan  penampilan, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja produk, mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

  • Merek

Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya yang mengidentifikasi produsen atau penjual produk atau layanan. Konsumen melihat merek sebagai bagian penting dari produk dan  merek dapat menambah nilai  produk.

  • Kemasan

Pengemasan adalah desain dan pembuatan wadah atau kemasan untuk produk. Fungsi utama kemasan adalah untuk menyimpan dan melindungi produk. Kemasan yang dirancang dengan tidak benar dapat menghalangi konsumen untuk membeli dan perusahaan menghindari kehilangan penjualan. Sebaliknya, ketika kemasan inovatif dapat memberikan keunggulan bagi perusahaan dibandingkan pesaingnya dan mendorong penjualan.

  • Label

Label berkisar dari tanda sederhana  pada produk hingga huruf rumit yang merupakan bagian dari kemasan. Label ini memiliki beberapa fungsi, seperti representasi produk atau merek, dan berbagai deskripsi produk.

Pelayanan Pendukung Produk

Layanan pelanggan adalah elemen lain dari strategi produk. Layanan yang disediakan oleh perusahaan biasanya mencakup beberapa layanan pendukung, yang dapat menjadi sebagian kecil atau sebagian besar dari total layanan yang diberikan.

Dimensi Kualitas Produk

Menurut Mullins, Orville, Larreche, dan Boyd (2005) apabila perusahaan ingin mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam pasar, perusahaan harus mengerti aspek dimensi apa saja yang digunakan oleh konsumen untuk membedakan produk yang dijual perusahaan tersebut dengan produk pesaing. Dimensi kualitas produk tersebut terdiri dari :

  1. Kinerja mengacu pada karakteristik operasi dasar suatu produk
  2. Daya tahan, yaitu, waktu atau masa pakai sebelum produk yang bersangkutan perlu diganti. Semakin lama produk digunakan oleh konsumen maka semakin lama pula masa simpan produk tersebut.
  3. Kesesuaian dengan spesifikasi, yaitu apakah karakteristik pengoperasian dasar produk memenuhi spesifikasi  konsumen tertentu, atau apakah produk tersebut cacat.
  4. Fitur adalah fitur produk yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas produk atau meningkatkan minat konsumen terhadap produk.
  5. Keandalan (reliability) adalah probabilitas bahwa suatu produk akan bekerja atau tidak akan bekerja dengan baik dalam jangka waktu tertentu. Semakin kecil kemungkinan rusak, semakin dapat diandalkan produk tersebut.
  6. Estetika mengacu pada bagaimana penampilan, rasa, bau, dan bentuk suatu produk dapat digunakan untuk mengidentifikasi penampilan produk.
  7. Sering dikatakan bahwa kualitas yang dirasakan adalah hasil  pengukuran  tidak langsung, karena  konsumen mungkin tidak memahami atau kekurangan informasi tentang produk yang bersangkutan. Oleh karena itu, persepsi konsumen terhadap produk didasarkan pada harga, merek, iklan, reputasi, dan negara asal.

Jadi teman-teman, berdasarkan penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa kualitas produk adalah suatu kondisi fisik,sifat, dan fungsi produk, baik itu produk barang atau produk layanan jasa. Sedangkan untuk atribut produk adalah unsur-unsur yang menjadi pengembangan atau pembeda pada suatu produk, sehingga memberikan nilai tambah, manfaat serta menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian. Selain itu juga harus memperhatikan pelayanan kualitas produk dan juga dimensi kualitas produk.