Dalam bisnis, pendapatan dan pengeluaran tidak hanya mempengaruhi penjualan, tetapi juga produk. Tahapan daur hidup ini disebut juga siklus hidup produk. Siklus produk itu sendiri ditentukan oleh berapa lama produk tersebut dapat dijual. Mampu melacak umur produk adalah salah satu kunci untuk menjalankan bisnis.
Siklus hidup produk diwakili oleh diagram yang terdiri dari empat fase (siklus hidup produk): pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan penurunan. Siklus Hidup Produk adalah rincian dari tahap pengembangan produk. Gunakan analogi produk tentang manusia yang lahir, hidup, dan mati untuk konsep ini.
Apa itu daur hidup?
Daur hidup produk atau product life cycle adalah siklus spesifik yang terjadi pada produk. Menurut Anderson dan Zeithaml, konsep siklus hidup produk menggambarkan serangkaian fase dari suatu produk hingga nilai yang dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat umum.
Adanya siklus produk membantu produsen menentukan strategi yang tepat saat memasarkan produknya. Selain itu, produsen dapat mengambil langkah-langkah untuk memperpanjang umur produknya dengan meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.
Daur hidup produk (Product Life Cycle) Merupakan konsep penting dalam pemasaran yang dapat memberikan gambaran daya saing produk, yaitu tahapan sejarah penjualan yang berbeda. Setiap lapisan produk memiliki tantangan yang berbeda dan dapat berkontribusi pada manfaat yang berbeda. Oleh karena itu, Anda memerlukan strategi pemasaran yang handal.
Tahapan Daur Hidup Produk
Tahapan produk dapat dibagi menjadi empat yaitu perkenalan,pertumbuhan,kedewasaan, dan penurunan.
- Pendahuluan: Tahap awal membawa suatu produk ke pasar agar konsumen dapat mengenali keberadaannya. Tahapan ini ditandai dengan tingkat pertumbuhan yang cukup pelan. Biaya iklan dan produksi sangat tinggi sehingga melebihi pendapatan dan tidak menguntungkan. Jika tidak ada pesaing lain di pasar, produk ditentukan dengan harga tinggi.
- Pertumbuhan: Periode pertumbuhan penjualan yang cepat dan pertumbuhan laba yang signifikan. Pesaing tahu seberapa sukses produk ini dan mencoba membawa produk dengan kualitas yang hampir sama atau lebih baik ke pasar.
- Maturity: Periode di mana produk diterima oleh beberapa pasar potensial dan pertumbuhan pasar melambat. Keuntungan tidak meningkat secara signifikan atau stabil, dan saat Anda berusaha untuk bersaing dengan pesaing Anda di pasar, keuntungan bahkan bisa menurun. Beberapa strategi pemasaran menawarkan diskon dan diferensiasi khusus pada desain produk yang ada untuk mempertahankan pangsa pasar.
- Penurunan: Periode penurunan penjualan dan tingkat keuntungan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh penurunan tajam dalam permintaan konsumen dan peningkatan pesaing di pasar.
Peranan Daur Hidup Produk dan Strategi Pemasaran
Konsep daur hidup produk memegang peranan penting dalam menentukan strategi pemasaran. Konsep ini membantu manajer pemasaran melakukan hal berikut:
- Identifikasi pentingnya tren penjualan.
- Perkirakan sifat persaingan, biaya, dan peluang pasar yang
Tahap perkenalan
Selama fase perkenalan, produsen membawa produk baru (barang atau jasa) ke pasar. Pertumbuhan penjualan masih kecil karena merupakan produk yang belum diketahui konsumen. Strategi pemasaran sedang dalam tahap perkenalan;
- Strategi peluncuran cepat (rapid-skimming strategy) ) Adalah peluncuran produk baru dengan harga tinggi dengan tingkat promosi yang tinggi.
- Strategi peluncuran lambat (slow-skimming strategy) Ini adalah produk baru dengan harga tinggi dan sedikit iklan.
- Strategi penetrasi cepat (rapid-peneratiion strategy) merupakan peluncuran produk pada harga rendah dengan biaya promosi yang besar.
- Strategy penetrasi lambat (slow-peneration strategy) Ini adalah produk baru yang berharga murah dan hampir tidak memiliki iklan.
Tahap Pertumbuhan
Ketika produk baru diterima oleh pasar atau konsumen, penjualan akan meningkat dan siklus hidup produk berada dalam tahap pertumbuhan. Fase ini menampilkan pesaing baru yang memasuki pasar dan kurang fokus dibandingkan ketika produk diluncurkan, tetapi telah memaksa produsen untuk meningkatkan aktivitas produksi. Harga tetap tidak berubah di, tetapi turun sedikit untuk menghadapi persaingan di, dan penjualannya mengalami lonjakan . Pada tahap ini, perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran seperti meningkatkan kualitas produk dan menambahkan fitur produk baru, mencari segmen baru, mencari saluran penjualan baru, mempromosikan melalui iklan, dan sebagainya kualitas Dari produk.
Tahap Kedewasaan
Tahap kedewasaan dibagi menjadi tiga tahap: peningkatan, stabilitas, dan penurunan pada tahap kedewasaan. Strategi pemasaran perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar adalah dengan mengubah pasar, mengubah produk, dan mengubah bauran pemasaran. Perubahan pasar dapat dilakukan dengan mencari pembeli dan segmen baru, meningkatkan penggunaan dan rebranding. Perubahan produk dilakukan dengan meningkatkan kualitas, penampilan (fitur) dan gaya. Misalnya, ubah bauran pemasaran Anda dengan menurunkan harga atau mempromosikan lebih agresif.
Tahap Penurunan
Pada tahap ini, penjualan produk mulai menurun hingga menghilang dari pasar. Penurunan penjualan bisa lambat atau cepat. Penjualan mungkin turun ke nol atau tetap pada level rendah. Penurunan penjualan tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi, perubahan selera konsumen dan meningkatnya persaingan di Jerman dan luar negeri.
Terdapat beberapa strategi yang dapat ditempuh pada tahap ini, yaitu:
- Meningkatkan investasi perusahaan (untuk mendominasi atau memperkuat posisi persaingannya)
- Mempertahankan tingkat investasi perusahaan sampai ketidakpastian tentang industri itu terselesaikan
- Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnya sehingga mendapatkan keuntungan.
Demikian pembahasan tentang pengertian daur hidup produk, tahapan daur hidup produk, peranan daur hidup produk dan strategi pemasaran! Product life cycle adalah salah satu kondisi alami produk yang wajib Anda pahami sebagai seorang pebisnis. Oleh karena itu, pelajari strategi siklus hidup produk dari sekarang yuk!