Media sosial kini bukan hanya menjadikan ajang komunikasi atau mendapat informasi, pebisnis online kini telah merambahnya dan mempromosikan dagangan mereka melalui media sosial. Sebelum mempromosikan produk atau layanan anda di media sosial, anda wajib paham waktu yang tepat untuk mengunggahnya. Ternyata promosi Facebook, Twitter, dan Instagram memiliki waktu tertentu loh.
Banyak perusahaan yang telah mempelajari tren dan menganalisis waktu terbaik untuk memposting produk mereka di Facebook. Meskipun Anda telah menggunakan Facebook Ads, tidak ada salahnya kok tetap menerapkan strategi ini. Dikutip dari Spoutsocial, inilah waktu terbaik untuk memposting produk bisnis Anda di Facebook:
- Setiap hari kerja jam 10.00 sampai 15.00.
- Khusus hari Rabu paling tepat di jam 12.00 sampai 14.00
- Sementara untuk hari Kamis adalah hari terbaik untuk mempromosikan produk di Facebook, tapi lebih tepat di jam 13.00 sampai 14.00.
- Memposting di pagi hari dan sedikit kurang efektif.
- Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit dari pada hari – hari lainnya.
Berdasarkan data tersebut, bisa dilihat bahwa rata – rata jumlah pengguna Facebook akan meningkat pada siang hari di hari kerja. Karena banyak pengguna khususnya yang pekerja sedang menjalani istilah makan siang. Selain itu, akhir pekan cenderung kurang efektif untuk promosi karena banyak pengguna yang lebih sibuk di dunia nyata ketimbang memegang ponsel mereka.
Bukan hanya Facebook, Instagram juga menjadikan platform menarik bagi para pebisnis online. Strateginya, selain menggunakan Instagram Ads, anda juga bisa meraih traffic dengan mengunggah produk diwaktu yang tepat.
Dikutip dari Expertvoice, ternyata waktu paling efektif, namun bukan terbaik, adalah sekitar pukul 2 dini hari. Kenapa efektif? Pada jam tersebut, tidak banyak orang mengunggah foto di Instagram. Namun, ketika pagi datang, produk anda bisa langsung dilihat oleh pengguna.
Lantas, jam berapa dan hari apa waktu yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk via Instagram?
- Minggu, pukul 17.00
- Senin, pukul 19.00 dan 22.00
- Selasa, pukul 03.00 dan 22.00
- Rabu, pukul 17.00
- Kamis, pukul 07.00 dan 23.00
- Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00
Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, bukan dengan seberapa banyaknya orang melihat postingan Anda.
Twitter merupakan platform media sosial yang memilik jutaan pengguna aktif tiap bulannya. Twitter berpotensi menjadikan platform online marketing yang efektif, meskipun anda bakal terbatas dengan jumlah maksimal 280 karakter per unggahan.
Rasio klik tertinggi, dikutip dari Thesmallbusiness adalah pada hari Senin dan Kamis, tepatnya pukul 13.00 dan 15.00. anda bisa memanfaatkan waktu ini sebagai jadwal yang ideal untuk mengunggah produk anda. Sementara itu, untuk waktu yang paling buruk adalah pada akhir pekan, pukul 20.00 ke atas dan hari Jumat pukul 15.00 ke atas. Hal inilah yang membedakan metode beriklan seorang konsultan bisnis digital dengan orang yang asal beriklan digital. Segala yang dilakukan oleh seorang kosultan bisnis online ketika melakukan penayangan iklan digital selalu penuh dengan perhitungan sehingga iklan yang dilakukan bukan Cuma efektif namun juga efisien. Meski tidak ada aturan bahwa anda harus mengikuti metode atau cara beriklan para pakar konsultan internet marketing, namun ada baiknya jika anda juga mampu menguasai teknik dalam menjalankan good digital marketing.
Demikian ulasan tentang Waktu Yang Tepat untuk Promosi Online Sesuai Metode Konsultan Bisnis Online yang telah selesai Sasana Solusi Digital ulas untuk anda semua.