Apa itu Web Crawling dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Web crawling adalah proses yang memungkinkan situs web muncul di mesin pencari. Proses ini dilakukan dengan bantuan web crawler. Baik proses maupun tools web crawler itu sendiri tidak begitu diketahui oleh orang. Padahal, ini membawa sejumlah fungsi yang bahkan berperan penting dalam meningkatkan peringkat sebuah website.

Karena itu, artikel berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai web crawling mulai dari pengertian, dan cara kerjanya. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu web crawling?

Kebanyakan orang hanya mengandalkan search engine optimization (SEO) untuk mendapatkan situs web mereka di halaman pertama search engine results page (SERP) Google. Sebenarnya ada proses lain yang juga berperan penting dalam proses ini. Salah satu prosesnya adalah web crawling.

Web crawling adalah proses di mana mesin pencari mengirimkan tim robot (crawler atau spider) untuk menemukan dan memeriksa konten situs web. Dimana konten ini bisa berupa artikel, gambar, video ataupun dokumen.  

Alat yang digunakan dalam web crawling adalah web crawler atau sering disebut web spider. Alat ini menemukan konten terbaru dengan mengidentifikasi dan menyimpan semua tautan yang ditemukannya pada halaman yang dipindai, lalu menambahkannya ke indeks, berupa database yang berisi URL.

Saat pengguna mencari konten di mesin pencari menggunakan kata kunci tertentu, search engine akan mencarinya di indeks dan menentukan konten apa yang paling sesuai untuk pengguna tersebut. Adapun beberapa contoh tools populer untuk web crawling adalah Googlebot, HTTrack, Cyotek Webcopy, dan Webhose.

Cara kerja web crawler

Sebuah website tidak dapat ditemukan begitu saja oleh search engine. Search engine harus melakukan crawling dan indexing terlebih dahulu untuk dapat menampilkan konten website pada SERP mereka.

Sedangkan untuk crawling, web crawler memulai pekerjaannya berdasarkan daftar link halaman yang sebelumnya dipindai dari sitemap suatu situs web. Dalam daftar link tersebut, dia akan menemukan link-link tambahan yang tersebar. Pada titik ini, ini crawling ke link-link terbaru dan prosesnya akan terus berulang di link selanjutnya.

Meski begitu, web crawler tidak sembarangan dalam melakukan crawling. Ada tiga hal yang biasanya menjadi pertimbangan agar proses crawling dapat berjalan lebih efektif.

  • Tingkat relevansi halaman

Web crawler menentukan halaman yang akan di crawling berdasarkan kepentingan dan relevansinya. Halaman-halaman penting biasanya memiliki konten atau informasi yang dibutuhkan banyak orang. Itu sebabnya mesin pencari mengindeksnya sehingga orang dapat mengaksesnya dengan lebih mudah.

  • Kunjungan rutin

Konten Internet terus berubah setiap detik. Entah karena diupdate, dihapus atau dipindahkan ke lokasi lain.

Akibatnya, perayap harus mengunjungi beberapa laman web secara teratur untuk memastikan bahwa versi yang diindeks adalah yang terbaru. Apalagi pada halaman-halaman yang penting dan memiliki banyak pengunjung, bisa dipastikan crawler sering mengunjungi halaman tersebut dan teratur.

  • Sesuai keinginan robots.txt

Web crawler juga menentukan laman mana yang perlu diindeks berdasarkan permintaan robots.txt. Jadi, sebelum crawling ke situs website, web crawle terlebih dahulu memeriksa file robots.txt dari website itu terlebih dahulu.

Robots.txt sendiri merupakan file pada sebuah website yang berisi informasi tentang halaman mana yang boleh diindeks dan yang tak boleh diindeks.

Dengan demikian, Web crawling adalah proses di mana search engine menemukan dan memindai konten pada halaman web untuk mengindeksnya dalam database berisi URL. Proses ini berperan penting dalam membawa website ke halaman atas atau halaman pertama SERP Google.

Selama proses, web crawler mempertimbangkan beberapa hal tentang halaman mana yang akan di-crawl. Salah satu pertimbangannya adalah seberapa pentingnya dan relevan sebuah halaman web.

Jadi jika Anda ingin situs web Anda mendapat peringkat teratas di halaman SERP, Anda perlu membuat konten bermanfaat yang menyediakan informasi yang dibutuhkan orang. Anda bisa mempelajarinya sendiri atau membayar jasa ahli di bidang content creating. Apabila Anda ingin lebih lanjut mengetahui tentang kami Anda dapat mengunjungi akun media sosial kami.