Tujuan merek ini mencakup tujuan akhir dari bisnis yaitu pendapatan serta citra merek yang baik untuk dijual dan dipasarkan. Setiap bisnis memiliki tujuan merek dan target yang berbeda tergantung pada tujuan ingin Anda capai. Salah satu tujuan umum dari sebuah brand adalah untuk mengidentifikasi bisnis atau perusahaan sehingga mereka dapat dibedakan dari perusahaan lain. Selain memiliki identitas bisnis sehingga berbeda dengan perusahaan lainya.
Tujuan Brand
Berikut ini ada beberapa tujuan merek:
- Membangun kesadaran merek (Brand Awareness)
Kesadaran merek adalah persentase pelanggan yang mengetahui dan mengingat merek anda. Misalkan pelanggan akan menyebutkan merek anda pada saat mereka ketika ditanya tentang kategori produk tertentu seperti kaos. Tujuan dari kesadaran untuk mendominasi pasar dan mempermudah proses penjualan.Setelah Anda membangun kesadaran dalam pasar maka kesadaran ini adalah cara untuk melindungi kelangsungan bisnis anda. Hal ini disebabkan karena brand anda selalu mendapatkan perhatian dari pasar dan juga brand anda akan selalu mendapat kepercayaan oleh pelanggannya.
- Menciptakan koneksi emosional
Ketika konsumen membeli produk atau jasa layanan Anda berdasarkan dari perasaan dan hubungan mereka dengan bisnis Anda. Membuat hubungan emosional adalah bagian penting dari strategi branding Anda.
- Membedakan produk
Konsumen selalu memiliki alasan untuk membeli suatu produk jika mereka memahami mengapa suatu produk atau layanan berbeda atau bahkan lebih baik dari produk atau layanan lain. Hal ini menempatkan perusahaan pada posisi yang aman karena pelanggan selalu memiliki alasan yang jelas untuk membeli produk tersebut.
- Menciptakan kredibilitas dan kepercayaan
Strategi merek membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana merencanakan dan mengembangkan kepercayaan dan kredibilitas. Pada dasarnya, merek atau merek adalah reputasi yang muncul dari janji yang dibuat dan ditepati secara konsisten. Hal ini menyebabkan kesadaran pasar yang lebih besar dan peningkatan kesadaran akan nama merek dan dampak visual dari logo, warna, kemasan, produk , dll. simbol dapat dikenali. Selain itu, merek Anda akan memiliki tingkat prestise yang tinggi dan produk Anda akan sulit dikalahkan oleh pesaing Anda. Jika merek Anda gagal menginspirasi kepercayaan dan keyakinan, tujuan dan strategi branding Anda akan gagal.
- Memotivasi pembelian Merek
merupakan alat pemasaran yang sangat efektif dan efisien untuk membangun minat pelanggan,gengsi, motivasi dan daya tarik pembelian bagi pelanggan. Mereka memiliki insentif untuk membeli produk Anda meskipun belum diluncurkan.
Manfaat Brand
Merek sangat dibutuhkan oleh suatu produk karena selain merek merek memiliki nilai yang kuat merek juga memilki manfaat bagi produsen, konsumen dan publik seperti yang dikemukakan Bilson Simamora (2001), yaitu:
- Bagi Konsumen manfaat merek yaitu:
- Merek dapat memberi tahu sesuatu kepada pembeli tentang kualitas produk atau layanan mereka.
- Merek dapat menarik perhatian pembeli pada produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka.
2. Manfaat merek bagi perusahaan
- Merek dapat memudahkan penjual dalam mengolah pesanan dan menelusuri masalah yang timbul.
- Merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh suatu produk.
- Merek memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan menguntungkan.
- Merek membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar.
3. manfaat merek bagi publik
- Pemberian merek memungkinkan kualitas produk lebih terjamin dan lebih konsisten.
- Merek dapat meningkatkan efisiensi pembeli karena merek dapat memberikan informasi tentang produk mereka dan di mana membelinya.
- Merek dapat mendorong inovasi dalam produk baru, karena produsen terdorong untuk menciptakan keunikan baru guna mencegah peniruan dari para pesaing.
Bicara tentang manfaat, kemudian kegunaan, apa yang Anda dapatkan dari sesuatu. Apa itu merek dagang? Apa keuntungannya? Apakah ada keuntungan? Merek menawarkan manfaat berikut kepada produsen:
- Mempermudahkan perusahaan dalam menangani produk, jika Anda memiliki masalah maka akan lebih mudah untuk menulusurinya.
- Membantu dalam mengatur persediaan dan laporan keuangan, memiliki nama pada produk Anda memudahkan untuk mengidentifikasi saat menjual ke pelapor keuangan.
- Merek dagang juga akan membantu memberikan perlindungan hukum untuk fitur atau aspek unik suatu produk secara legal.
- Brand name dapat dilindungi melalui merek dagang yang terdaftar, proses pembuatan dapat dilindungi melalaui hak paten, kemasaran dapat dilindungi melalui hak cipta dan dasain-desain.
- Hak atas kekayaan intelektual memastikan bahwa perusahaan dapat berinvestasi dengan aman menanam modal dalam brand dan menuai keuntungan semua aktivitas yang berharga.
Manfaat Brand
Manfaat merek bagi produsen menurut Keller dalam Tjiptono (2005), dikatakan bahwa merek berperan sebagai :
- Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau pelacakan produk bagi perusahaan, terutama dalam pengorganisasian persediaan dan pencatatan akuntansi.
- Bentuk proteksi hukum terhadap fitur yang unik. Merek bisa mendapatkan perlindungan property intelektual. Nama merek bisa diproteksi melalui merek dagang terdaftar (registered trademarks), proses pemanufakturan bisa dilindungi melalui hak paten, dan kemasan bisa diproteksi melalu hak cipta (copyrights) dan desain. Hak-hak property intelektual ini memberikan jaminan bahwa perusahaan dapat berinvestasi dengan aman dalam merek yang dikembangkannya dan meraup manfaat dari aset bernilai tersebut.
- Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi dilain waktu. Loyalitas merek seperti ini menghasilkan predictability dan security permintaan bagi perusahaan dan menciptakan hambatan masuk yang menyulitkan bagi perusahaan lain untuk masuk pasar.
- Sarana menciptakan asosiasi dan makna unik yang membedakan produk dari para pesaing.
- Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan hukum, loyalitas pelanggan, dan citra unik yang terbentuk di dalam benak konsumen.
- Sumber financial returns, terutama menyangkut pendapatan masa datang.
Itu salah satu penjelasan tentang tujuan dan manfaat merek. Kemudian pelajari cara menggunakannya untuk produk atau bisnis Anda. Semoga kinerja bisnis Anda dapat berkembang. Beberapa perusahaan bersedia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membangun brand mereka. Jika penjelasan kami kurang jelas Anda bisa mengunjungi web kami. Agar bisnis menjadi lebih efektif sistematis.