Saat ini, banyak milenial yang akhirnya memutuskan untuk bekerja freelance atau disebut dengan freelancer. Freelance dipandang lebih nyaman dan fleksibel, terutama di pasar kerja yang kompetitif. Pekerjaan freelance memiliki banyak alternatif kebutuhan yang lebih spesifik dari segi keterampilan yang dimiliki setiap orang.
Jika Anda ingin menjadi seorang freelancer, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, seperti bagaimana memasarkan skill Anda dan spesifikasi apa yang Anda butuhkan. Jika artikel terakhir saya membahas mengelola bisnis kecil. Di bawah ini adalah beberapa tips dan tools yang digunakan oleh freelancer marketing.
Tips menjadi freelancer marketing online:
- Ketahui Keterampilan Anda
Pertama, Anda perlu mengetahui keterampilan apa yang dapat Anda miliki, bidang apa yang Anda sukai, hobi apa yang Anda miliki, dan kemampuan spesifik apa yang Anda miliki. Ini penting karena Anda akan melakukan aktivitas untuk memasarkan keahlian Anda.
- Riset pasar
Melakukan riset pasar dan riset terhadap target pelanggan sesuai bidang spesialisasi. Ini berkaitan dengan bagaimana Anda masuk ke dunia posting pekerjaan, apa yang mungkin dibutuhkan klien Anda, dan bagaimana Anda memasarkan diri Anda untuk mendapatkan pekerjaan atau proyek.
- Portofolio
Siapkan portofolio yang terkait dengan pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Persiapkan karya, pencapaian, atau kemampuan terbaik yang dapat dilihat calon klien untuk merangsang minat mereka menggunakan layanan Anda.
- Keseriusan dalam bekerja
Bahkan jika Anda seorang freelancer, tunjukkan profesionalisme di tempat kerja. Selalu berusaha untuk disiplin dalam proyek pekerjaan, terutama yang memiliki tenggat waktu yang memuaskan klien.
- Penyesuaian waktu
Apakah Anda memiliki kebiasaan kerja yang baik, seperti disiplin jam kerja dan waktu istirahat. Jangan tunda pekerjaan Anda. Alangkah baiknya jika pekerjaan dapat diselesaikan lebih awal dari tenggat waktu yang ditentukan.
- Kualitas pekerjaan
Selalu cross-check setiap pekerjaan yang telah diselesaikan sebelum menyerahkannya kepada pelanggan. Pastikan kualitas pelayanan yang Anda berikan dan pekerjaan yang Anda lakukan maksimal agar klien puas dengan hasil kerjanya nanti dan bisa bekerjasama lagi di kemudian hari.
Tools Frelancer Marketing
Untuk mendukung pekerjaan Anda, Anda juga membutuhkan sesuatu yang dapat Anda gunakan sebagai “senjata” ketika berhadapan dengan klien dan proyek kerja. Beberapa “senjata” atau tools ini adalah:
- Kalender
Tuliskan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan: tenggat waktu, tanggal rapat, tanggal mulai, tanggal mulai kerja, dll. agar tidak ada yang terlewat. Hal ini terkait dengan pengelolaan proyek yang sedang Anda kerjakan, sehingga tidak ada duplikasi usaha. Buat agenda online menggunakan aplikasi Google Kalender.
- Penyimpanan berbasis cloud
Pekerjaan online juga membutuhkan media penyimpanan. Baik Anda menggunakan media penyimpanan tradisional seperti flash drive, hard drive eksternal, dll. Anda tetap perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah kehilangan data. Salah satunya adalah menyimpan data melalui layanan cloud seperti Google Drive.
- Alat komunikasi
Bekerja dalam pertemuan fisik minimal harus didukung dengan sarana komunikasi yang tepat untuk memastikan kelancaran semua masalah yang berkaitan dengan informasi pekerjaan. Beberapa peralatan yang mungkin diperlukan seperti akses internet yang memadai, alat obrolan video seperti Skype.
- Contracting and Legal Paperwork
Selalu minta klien Anda untuk kontrak atau perjanjian kerjasama. Ini adalah kesepakatan antara Anda dan klien mengenai konten pekerjaan, apa yang harus dan tidak boleh dilakukan, aturan dan ketentuan, dll. Ada berbagai jenis perangkat lunak kontrak bisnis, seperti HelloSign, dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
- Finance tools
Sebagai penyedia layanan, kita perlu memiliki sistem untuk transaksi keuangan. Transaksi keuangan yang dimaksud adalah pembayaran, kwitansi pembayaran, dan klaim dalam bentuk invoice. Lunaz adalah software invoice pilihan saat membuat faktur pembayaran dengan serangkaian fitur layanan yang cukup lengkap seperti detail transaksi, melacak status transaksi, mencatat pembayaran yang diterima, melihat statistik keuangan, dan banyak lagi.
- Productivity tools
Pekerjaan yang dilakukan atau disepakati dapat bervariasi untuk setiap proyek yang dilakukan. Selalu perbarui alat produktivitas yang mendukung pekerjaan Anda. Beberapa penyedia klien mungkin memiliki atau meminta Anda untuk menggunakan alat tertentu yang terkait dengan proyek yang mereka lakukan. Untuk melakukannya, pastikan Anda memiliki alat yang sesuai dengan kebutuhan proyek yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda seorang desainer dapat menggunakan aplikasi seperti Adobe Collection atau perangkat lunak grafis lainnya.
- Sosial media management tools
Gunakan media sosial yang Anda miliki atau sedang populer dengan audiens Anda untuk melakukan pemasaran Anda. Membangun sistem manajemen media sosial untuk memastikan bahwa “pemasaran” itu sendiri selalu up to date. Menggunakan aplikasi Hootsuite adalah pilihan untuk mengelola media sosial Anda.
Pekerjaan, meski dalam bentuk freelance, tergolong bisnis yang harus menjaga kelangsungannya. Mirip dengan bisnis, Anda juga harus terus menjual keterampilan Anda sehingga Anda dapat mendapatkan proyek kerja yang berkelanjutan meskipun jam kerja fleksibel. Salah satu cara software invoice digunakan adalah untuk membantu dalam upaya mengelola kelangsungan jenis pekerjaan ini. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga dapat membangtu Anda.
Apabila Anda bila ingin mengathui artikel diatas lebih lanjut Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.