Ketahui Perbedaan Media Pemasaran Online; Online Shop, Market Place, dan E-Commerce

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apa Itu Pemasaran Online?

Bisa diartikan bahwa pemasaran online adalah sebagai media (dalam bentuk digital) untuk penjual barang dan jasa secara elektronik melalui internet. Meskipun antara penjual atau pemilik toko tidak bertemu dan bertatap muka secara langsung. Terdapat berbagai media pemasaran yang semakin naik daun saat ini, dan mempunyai perbedaan sendiri-sendiri.

Namun memulai belanja lewat internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu  barang dan jasa melalui gambar yang disertakan, harga, serta informasi tentang produk lainnya.

Apa Perbedaan Antara Online Shop, Marketplace, E-commerce?

Banyak metode media pemasaran yang kini menjamur di dunia maya, mengetahui metode yang pas untuk bisnis online Anda suatu hal yang wajib. Lantas, muncul istilah online shop, marketplace, dan e-commerce. Dalam hal ini, terdapat perbedaan antara media pemasaran online. Mari kita pelajari satu persatu!

Online Shop

Online shop atau yang disebut dengan toko online ialah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, Facebook, Instagram atau Whatsapp.

Marketplace

Sedangkan Marketplace ialah model bisnis yang mana web site yang bersangkutan tidak hanya mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Sebuah web site menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.

E-Commerce

Walau sedikit berbeda, sistem belajar e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah web site, kemudian meng klik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Bedanya ialah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk Anda. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan ialah pas.

Seseorang tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli barang kebutuhannya, hanya dengan melihat produk online shop yang berbasis E-Commerce, mereka dengan mudah mendapatkan kebutuhannya tanpa harus bersusah payah mengantre. Dan Transaksi online ini dapat dilakukan 24 jam.

e-Commerce memungkinkan seseorang berbisnis tanpa keluar rumah, dengan bermodal komputer dan jaringan internet, kegiatan E-Commerce dapat dilakukan di mana saja. Harga yang ditawarkan oleh pengguna E-Commerce pada barang produksinya rata-rata dibawah harga pasaran, dan tentunya banyak di lirik kaum pembeli lokal maupun internasional.

Dalam siklus jual beli biasa (Offline), konsumen hanya mencakup daerah itu saja, tetapi dalam E-Commerce perusahaan dapat mengembangkan usahanya ke daerah bahkan negara lain yang tentunya meningkatkan keuntungan perusahaan.

Mana yang lebih Bagus Dari Ketiganya?

Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda merasa lebih nyaman untuk berbelanja online dengan menanyakan secara langsung kepada penjual, Anda bisa mencoba belanja di marketplace yang memiliki harga pas, tidak ada tawar menawar dan langsung transfer setelah menge klik tombol “beli”. Atau jika Anda ingin membeli barang yang dijual langsung dari agen resminya, kita bisa memilih opsi e-commercekk.

Cara Aman dan Mudah Bertransaksi Online

  1. Kenali reputasi toko online
  2. Bayar lewat rekening bersama
  3. Jika memungkinkan, pilih metode COD
  4. Gunakan layanan internet banking
  5. Waspada penipuan

Adakah Tantangan Dalam Mengembangkan Bisnis Online?

Tentu ada, media pemasaran dengan berbagai perbedaan metode, menghasilkan tantangan berbeda misalnya:

  1. Masyarakat Indonesia, yang masih belum terbiasa dengan berbelanja dengan katalog.
  2. Masih harus melihat secara fisik atau memang barang yang akan dijual.
  3. Masih senang menawar harga yang dijual.
  4. Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang.

Berbisnis menggunakan metode online berarti harus mempersiapkan Anda untuk mempelajari perubahan dengan cepat. Demikian penjelasan mengenai perbedaan media pemasaran diatas semoga bisa membantu Anda, selamat mencoba.