Pemasaran digital merupakan lini pemasaran yg paling menjanjikan bagi perusahaan waktu ini.Teknik ini menjanjikan pasar yang lebih luas dengan biaya yang relatif lebih rendah daripada pemasaran tradisional. Namun jika Anda ingin sukses di dunia digital marketing, Anda perlu mempelajari salah satu kunci suksesnya yaitu menguasai copywriting.
Copy yang baik penting dalam pemasaran. Karena Anda dapat meyakinkan pelanggan target Anda dengan produk Anda, mendorong konversi, dan meningkatkan profitabilitas serta tujuan yang ingin dicapai bisnis Anda. Itulah mengapa banyak perusahaan mencari copywriter yang dapat mereka percaya sebagai bagian dari tim mereka. Nah, jika Anda ingin belajar copywriting untuk membantu karir copywriter tersebut, berikut adalah beberapa ulasan yang bermanfaat untuk Anda simak.
Apa itu copywriting?
Copywriting adalah seni menulis yang dapat menginformasikan, menginspirasi, dan mendorong seseorang untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu, seperti pembelian, pengisian data, dll. Tidak seperti penulisan konten biasa, bertujuan untuk mendorong konversi dari sebuah kampanye pemasaran digital.
Hadir dalam berbagai bentuk, termasuk lisan, tulisan, audio, dan visual. Iklan yang Anda lihat di jalan, skrip video yang Anda dengar, jingle dan podcast yang Anda dengar, nama dan deskripsi pada kemasan produk, konten di media sosial, slogan perusahaan, pemasaran email, brosur, dan situs web adalah contoh produk copywriting.
Nah, tampaknya menjadi kekuatan penting dalam pemasaran. Ternyata menulis teks yang menarik dan bermakna bukanlah hal yang mudah. Karena menulis copy iklan berbeda dengan tulisan biasa. Apa saja tips belajar copywriting? Yuk, simak penjelasannya!
4 Tips belajar copywrting bagi pemula
- Perbanyak membaca
Kunci terpenting untuk belajar menulis adalah untuk terus belajar. Salah satu cara untuk memulai adalah dengan membaca lebih banyak Berikut adalah beberapa contoh buku yang dapat Anda baca untuk meningkatkan keterampilan copywriting Anda.
- “The Adweek Copywriting Handbook” oleh Joseph Shugerman
- “Ogilvy on Advertising” oleh David Ogilvy
- “ Great Leads” oleh Michael Masterson dan John Ford
- “ How to Write a good advertisement” oleh Victor Schwab.
Selain buku tentang menulis, Anda juga dapat membaca koran, majalah, novel, dan blog dengan topik selain menulis. Dengan memperluas daftar bacaan Anda, Anda dapat membuat tulisan yang menarik dan berdampak.
- Pelajari iklan
Cara lain untuk belajar copywriting adalah dengan mempelajari iklan yang Anda lihat. Perhatikan bagaimana iklan mempromosikan produk ini dan menganalisis apa yang menarik Anda untuk mereka.
Lihat bagaimana salinan atau teks dikemas dalam iklan dan cari polanya. Menarik tentang bagaimana salinan dimasukkan ke dalam iklan dapat membantu Anda lebih memahami penggunaan copy dalam materi pemasaran menarik.
- Buatlah swipe file
Selain mengeluarkan ide dari kepala Anda, Anda juga dapat menulis copy iklan yang menarik perhatian di atas kertas dan mengumpulkannya dalam swipe file. Swipe file adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan copy yang menarik dan menggerakan Anda sebagai audiens. Contohnya termasuk kumpulan headline yang menarik atau copy pada iklan yang menurut Anda akan laku.
Kumpulkan semuanya dalam koleksi swipe file Anda untuk mempelajari struktur, tujuan, dan penerapan beberapa teknik copywriting yang hebat dan menarik. Anda juga dapat menggunakan swipe file ini jika Anda mencari ide dan inspirasi saat menulis copy sebuah kampanye.
- Pelajari dasar-dasar menulis persuasif
Seperti disebutkan sebelumnya, copywriting berfungsi untuk mendorong audiens Anda untuk mengambil tindakan tertentu. Itu sebabnya Anda harus bisa menulis kata-kata yang memengaruhi perilaku pembaca Anda. Untuk menulis copy yang efektif dan melibatkan audiens Anda, Anda juga perlu mempelajari dasar-dasar penulisan persuasif dengan benar.
Ada beberapa strategi dalam menulis persuasif yang perlu Anda pelajari seperti penggunaan repetisi, konsistensi, perbandingan, reasons why, storytelling dan lain-lain.
Jenis-jenis copywriting
Saat mempelajari copywriting, Anda harus memahami bahwa dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk dan kegunaan yang berbeda. Jenis-jenis copywriting meliputi:
- sales copywriting
Jenis ini adalah yang paling umum dan sering digunakan dalam banyak aspek pemasaran. Biasanya berisi teks yang terkait dengan artikel, deskripsi produk, kategori produk, dan iklan.
- SEO copywriting
Jenis tulisan ini diperlukan untuk mengoptimalkan SEO konten Anda sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh audiens Anda di mesin pencari.
- Web copywriting
Peran copywriting web adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan menceritakan kisah tentang produk. Biasanya datang dalam bentuk posting blog yang panjang, artikel dan konten media sosial.
- Technical copywriting
Jenis ini diperlukan untuk membuat panduan pengguna atau user guide. Copywriting teknis ini bukan tentang menjual apa pun, ini tentang memilih kata-kata sederhana yang merinci cara menggunakan produk Anda.
Nah, bagaimana menurut Anda? Balajar copywriting tidak sesulit kedengarannya, bukan? Hal utama yang perlu Anda perhatikan saat menulis copy adalah memikirkan cara berpikir calon pelanggan Anda. Buatlah tulisan Anda senyaman dan secocok mungkin, sesuai dengan psikologi target pasar Anda.
Jika Anda mau, Anda bisa meneliti psikologi prospek Anda. Semakin baik copy Anda, semakin baik konversi Anda. Bukankah itu tujuan pemasaran digital? Semoga berhasil dengan tulisan Anda, terima kasih telah membaca. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut artikel diatas Anda bisa menunjungi akun media sosial kami.