Strategi Pembuatan Konten Yang Menarik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Media sosial telah membuat pemasaran dari mulut ke mulut dengan lebih mudah, cepat, dan lebih tepat sasaran. Orang bisa saling mempengaruhi untuk menciptakan revolusi terbesar dalam strategi pemasaran. Tentu saja, ketika Anda memasukkan media sosial ke dalam strategi marketing Anda, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa strategi pembuatan konten yang menarik pada saat melakukan pemasaran konten. Pemasaran konten merupakan penyebaran pesan yang mendukung usaha dalam pemasaran yang bisa diarahkan kepada seluruh khalayak di berbagai waktu. Konten ini bisa berupa unggahan di media sosial, unggahan blog(artikel), deskripsi produk, situs web, tayangan slide, webinar, podcast, video, foto, dan lain sebagainya. Jumlah konten yang terbilang cukup besar hanya dapat menambah panjangnya antrean pesan untuk pengiriman. Dengan begitu maraknya model konten yang berbeda-beda, sangat mudah sekali dalam mengalihkan perhatian dari tujuan utama dari usaha pemasaran Anda. Lalu, apa sih strategi pembuatan konten itu? Yuk, simak!

Pengertian Strategi Pembuatan Konten

Secara umum, strategi konten adalah rencana yang mencakup pembuatan konten, manajemen, dan pengiriman kepada pelanggan. strategi ini seharusnya tidak hanya fokus pada konten yang berhubungan dengan pemasaran, tetapi juga melayani pelanggan Anda.

Pentingnya Strategi Pembuatan Konten yang Menarik

Alasan mengapa melakukan strategi dalam pembuatan konten itu dianggap penting itu dikuatkan dengan berbagai macam alasan, terutama bagi perusahaan dengan tujuan marketing. Alasan tersebut yang utama ialah, adanya strategi ini bisa membantu Anda mencapai tujuan yang Anda tetapkan sebagai pebisnis. Anda pastinya lebih memiliki rencana yang teratur yang bisa memudahkan Anda untuk menyelaraskan dengan tujuan yang ingin Anda capai. Selain itu, strategi ini juga bisa membantu Anda dalam memantau kemajuan pekerjaan yang Anda lakukan. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa kualitas pekerjaan Anda dan mengevaluasinya secara teratur.

Anda juga dapat mengembangkan strategi pembuatan konten yang membantu Anda dalam memperbarui rencana yang ada dengan mengikuti tren dan kebutuhan pelanggan. Tanpa strategi ini, Anda mungkin tidak mengetahui berapa banyak konten yang harus dibuat dan konten apa yang akan didistribusikan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan strategi ini untuk membuat konten yang mempunyai target kualitas tinggi untuk calon target Anda. Ini tentu saja menandai peningkatan yang efisien untuk membantu Anda mengontrol produksi konten Anda dengan lebih baik.

Jenis-Jenis Konten

Terdapat 7  jenis konten yang terdapat pada media sosial dan bisa Anda gunakan dalam strategi pembuatan konten marketing. 7 jenis konten tersebut antara lain;

  1. Tulisan(teks);
  2. Gambar/foto
  3. Video;
  4. Infografis;
  5. Meme;
  6. Podcast;
  7. Game.

Strategi Pembuatan Konten yang Menarik

Kualitas konten harus selalu dipertimbangkan saat melakukan tinjauan kualitas konten. Dengan memastikan bahwa setiap halaman, gambar, atau unduhan memiliki tujuan kepada pelanggan yang dituju, Anda dapat memastikan bahwa kontennya utuh. Strategi berikut dapat mengidentifikasi konten yang berkualitas dalam menyediakan metode praktis untuk memverifikasi keaslian konten. Strategi pembuatan konten yang menarik itu harus memuat:

Sesuai

Pastikan Anda memahami kebutuhan para pelanggan Anda, tetapi jangan membatasi diri Anda pada penawaran 24/7. Buat konten yang berhubungan dengan produk dan layanan yang Anda pasarkan sehingga pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan relevansi. Untuk alasan ini, ketika beberapa perusahaan menggunakan situs web mereka untuk memperbarui konten situs web mereka, jumlah pengguna meningkat. Aksesibilitas ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Jelas

Konten harus jelas dalam semua mode. Bahasa dan komposisi harus diperjelas. Konten yang baik harus berbicara kepada pelanggan Anda menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sopan. Sumber daya dan informasi harus mudah diakses dan harus dikonfigurasi untuk mengarah ke tautan aktif.

Memiliki pusat pada pelanggan

Memahami dan mengevaluasi peran pelanggan bisa membantu menjaga konten tetap fokus pada kerangka kerja kognitif pengguna, meningkatkan aksesibilitas, dan mengurangi risiko keterasingan pelanggan.

Singkat dan konsisten

Konsistensi dalam kata-kata, nada, dan format membuat pesan Anda lebih mudah dipahami dan membuat pelanggan Anda merasa nyaman. Pertimbangkan untuk menggunakan panduan gaya untuk memastikan konsistensi informasi. Konten dan informasi juga harus ringkas, langsung, dan tepat sasaran. Anda pastinya tidak menginginkan pelanggan tersesat dalam konten Anda.

Cocok untuk pemasaran

Ketika membuat sebuah konten, sebaiknya buatlah konten dan pertahankan konten yang tepat yang berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda, bukan menghalanginya. Itu berarti mempertimbangkan bagaimana membuat dan menjalankan strategi konten Anda memengaruhi sumber daya, keuntungan, dan kesejahteraan karyawan.

Itu saja pembahasan singkat kali ini, ternyata strategi pembuatan konten yang menarik itu sangat diperlukan dalam melakukan pemasaran loh.