Dalam periklanan dunia, Anda pasti sering bertemu melihat pay per click (PPC) dan cost per click (CPC). Akan tetapi, apakah anda sudah paham berkait perbedaan letak antara PPC dan CPC? Sering kali, para marketer ataupun pemula memasang iklan digital diinternet untuk meningkatkan traffic website. Hal itu dilakukan entah lewat Google Ads, Facebook Ads, ataupun iklan lainnya yang berada di berbagai platform. Nah, dari iklan tersebut biasanya ada istilah PPC dan CPC kira – kira apa perbedaan letak antara kedua hal itu? Jangan khawatir, berikut ini merangkumnya untuk Anda.
Mengenal PPC dan CPC
Agar tidak muncul di antara kedua istilah ini, mari kita bahas terlebih dahulu pengertiannya masing – masing.
- Pengertian PPC ( bayar per klik )
Menurut Search Engine Journal, PPC adalah jenis iklan digital yang memungkinkan seseorang untuk memasang iklan di platform pilihannya. Setiap kali iklan yang ditampilkan diklik oleh pengguna, periklan harus membayar. Aktivitas ini memang efisien dilakukan untuk kegiatan pemasaran dan periklanan di dunia digital. Kenapa bisa dibilang efisien? Sebab, Anda bisa memasang iklan yang relevan dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna. Sebagai contoh, ada website yang memiliki noche berupa traveling. Nah, kemudian Anda memasang iklan terkait promo jasa biro traveling – anda. Secara tidak langsung, iklan yang Anda pasang akan muncul di situs web traveling tersebut.
Dengan begitu, ada kemungkinan pengguna yang mengunjungi situs web itu akan penasaran dan menge – klik iklan yang Anda pasang. Nah, setiap kali ada orang yang melakukan klik terhadap iklan Anda, Anda harus melakukan pembayaran kepada penyedia layanan iklan yang dipakai.
- Pengertian BPK ( biaya per klik )
Jika PPC merupakan jenis atau model dalam dunia digital, CPC cenderung mengarah pada berapa jumlah biaya yang harus ditentukan setiap klik yang dilakukan oleh pengguna. Dilaporkan dari Web FX, CPC atau cost per click adalah jumlah yang harus diluncurkan untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengguna pada salah satu iklan PPC. Lalu, bagaimana biaya per klik atau CPC ini dihitung?
Google Ads sebagai salah satu penyedia layanan iklan biasanya akan mempertimbangkan beberapa faktor dalam menghitung biaya iklan yang harus ditentukan oleh periklan:
- Tawaran maksimum
- Peringkat iklan
- Skor kualitas
Tawaran maksimum atau tawaran maksimum adalah jumlah biaya yang Anda bayarkan saat iklan diklik oleh orang. Anda harus menetapkan batas tawaran yang maksimal untuk mendapatkan prospek dari iklan tersebut.
Perbedaan letak PPC dan CPC
Nah, setelah mengetahui pengertian dari PPC dan CPC, kini saatnya berahli ke perbedaan antara keduanya. Jika diperjelaskan dari penjelasan di atas dapat dipastikan bahwa PPC lebih mengarah kepada jenis iklan digital dan pengiklan harus membayar di setiap klik yang dilakukan orang. Sementara CPC merupakan berapa jumlah yang harus dipilih dari setiap iklan yang diklik. Sebagai contoh, di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu faktor Google Ads dalam menghitung biaya iklan adalah dengan tawaran maksimum. Nah, jika Anda memutuskan tawaran maksimum 5 dolar AS dari setiap iklan yang diklik, Anda harus membayar sebesar harga tersebut.
Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan letak antara PPC dan CPC. Jangan sampai tertukar, sebab pada dasarnya kedua istilah tersebut memiliki perbedaan. Nah, agar lebih paham pemasaran digital, Anda bisa mempertajam keterampilan dalam pemasaran dunis dan periklanan dalam belajar langsung dari para ahli berpengalaman.