Coba pikirkan, apakah Anda perlu mengetahui pesaing bisnis Anda di dalam dan luar negeri untuk menjadi sukses? Ide ini seperti tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi. Analisis pesaing yang baik juga dapat membantu Anda membawa rencana kampanye pemasaran Anda selangkah lebih maju dan mentukan strategi kompetitor konten mana yang dapat mengungguli pesaing Anda. Itu tidak terlalu buruk, kecuali kenyataan bahwa Anda mungkin ingin menggunakan beberapa taktik dan ide mereka untuk konten mereka. Anda tidak mungkin meletakkan pekerja Anda sebagai mata-mata di perusahaan kompetitor bukan? Atau datang ke kantor mereka lalu masuk-masuk ke ruangan marketing juga tidaklah mungkin. Bagaimana cara legal dan tepat untuk memantau kompetitor secara diam-diam.
bagaimana itu?
- Setelah menganalisis topik konten yang disajikan oleh pesaing Anda, buat konten tentang topik lain yang tidak ditawarkan oleh pesaing Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan menarik audiens lain yang tidak menangkap konten
- Curi beberapa ide mereka yang menurut Anda menarik dan kembangkan sesuai dengan masalah yang muncul di perusahaan Anda sendiri.
- Pikirkan sesuatu yang dapat mengalahkan pesaing Anda dan fokus
Facebook Ad libarary
Jika Anda berencana untuk menggunakan iklan Facebook dan Instagram dalam strategi pemasaran Anda berikutnya, Anda dapat menggunakan Perpustakaan Iklan Facebook untuk melihat jenis iklan apa yang sedang digunakan pesaing Anda. Perpustakaan Iklan Facebook sendiri adalah alat gratis resmi oleh Facebook yang sebenarnya digunakan untuk menampilkan daftar iklan yang ditayangkan oleh akun yang terdaftar. Fungsi aslinya adalah untuk memberikan informasi secara transparan tentang dunia periklanan Facebook kepada masyarakat umum. Masukkan nama pengguna untuk akun pesaing Anda dan Anda akan segera melihat iklan yang ditampilkan pesaing Anda. Dari penempatan, materi iklan, teks hingga jenis CTA yang Anda gunakan. Harap perhatikan bahwa perpustakaan iklan Facebook hanya dapat melihat iklan yang sedang aktif. Anda tidak akan melihat iklan yang dinonaktifkan atau dijadwalkan. Karena itu, disarankan untuk memeriksanya secara teratur.
Cek ranking SEO meraka
SEO adalah strategi kompetitor organik yang menggunakan mesin pencari sebagai sumber informasi utama. Ini juga dapat diakses oleh semua orang, sehingga Anda dapat memantau bagaimana situs pesaing Anda bekerja dengan kata kunci yang ditargetkan secara legal. Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti SEMrush dan WhatsMySERP. Semua alat ini membantu Anda secara teratur memantau lokasi domain situs web pesaing Anda tanpa memberi tahu atau diam-diam memberi tahu pesaing Anda. Dan tentu saja, setelah memahami apa yang dilakukan pesaing, Anda dapat menerapkan strategi SEO utama Anda. Namun, karena hasil personalisasi Google, hasil pencarian mungkin berbeda dari perangkat ke perangkat.
Follow sosial medianya dan pantau kontennya
Media sosial juga merupakan salah satu saluran yang paling efektif untuk strategi pemasaran, karena juga merupakan ruang publik yang dapat diakses oleh banyak orang. Anda dapat melacak akun yang dikelola oleh pesaing Anda dan menganalisis aktivitas harian mereka. Pilih untuk mendapatkan jangkauan berdasarkan konten, hashtag, atau influencer. Setelah Anda mengetahui hal ini, Anda dapat mengejar strategi pelengkap. Artinya, untuk melengkapi kekurangan yang ada di akun kompetitor. Ini adalah strategi yang paling umum dan biasanya bolak-balik nanti.
Cek sumber backlink mereka
Ini masih terkait dengan strategi SEO, dan Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti ahreps dan SEMrush untuk menemukan daftar tempat menanam backlink (tautan referensi). Dengan cara ini, Anda dapat melihat bagaimana profil backlink pesaing Anda disematkan. Tentu saja, Anda juga dapat menyematkannya di tempat yang sama. Anda tidak hanya perlu fokus pada pesaing Anda, tetapi Anda juga dapat menganalisis situs web non-bisnis lainnya untuk mendapatkan informasi backlink yang lebih luas.
Cek sumber traffic melalui similar web
SimilarWeb adalah alat pemasaran digital yang membantu Anda melihat profil pengunjung untuk situs web di Internet. Informasi ini hanya gambaran umum, tetapi memberi Anda informasi yang cukup tentang sumber lalu lintas pesaing Anda. Namun, SimilarWeb hanya bisa menganalisa apakah website yang ingin Anda intip sudah terdaftar di database dan datanya cukup. Jika pesaing Anda masih belum memiliki cukup pengunjung, Anda tidak dapat menggunakan strategi ini.
Pantau dan menangkan kompetisi bisnis Anda
Gunakan strategi di atas untuk memahami sepenuhnya pesaing Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mempersiapkan atau menyesuaikan strategi yang lebih matang dan berpengaruh sehingga pelanggan Anda dapat menghubungi Anda.
Nah, diatas adalah penjelasan tentang mata-matai strategi kompetitor. Memata-matai pesaing seharusnya sudah cukup untuk strategi pemasaran jangka panjang. Analisis mereka dan buat kampanye Anda sendiri. Tentukan identitas merek Anda. Anda bisa mengunjungi web DIGIMA kami dapat membantu Anda menjelaskan mata-matai strategi kompetitor.