Rebranding dan Redesigning: Apa perbedaannya?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Dengan berkembangnya bisnis dan target pasar yang terus berevolusi, Anda perlu memperbarui brand anda agar tetap relevan. Namun, ketika Anda memulai research, Anda akan menemukan beberapa hal yang complicated. Meskipun secara terminologi berarti sama, kata “rebrand” dan “redesign” seringkali tidak disadari digunakan secara tertukar. 

Lalu, apakah Anda perlu refresh atau rebrand? Mari kita bahas perbedaan dari dua istilah ini. 

Gambaran Besar Brand Refresh

Brand refresh merupakan proses dari mengupdate brand Anda. Ketika me-redesigning brand, Anda pasti ingin mempertahankan identitas dan nilai inti dari brand itu sendiri, namun mengubah tampilan dan bahasa kepada target audience Anda. Itulah kapan Anda perlu mengubah logo dan design, slogan, colour palette, materi marketing, dan juga typograpy dari brand Anda. 

Alasan mengapa sebuah perusahaan mengivestasikan brand refresh sangatlah simple, karena terus berubah dan bertumbuh seiring berjalannya waktu. Jika brand Anda tetap saja sama ketika kebutuhan customer meningkat, maka Anda akan kehilangan keuntungan dan lagi ke pesaing lainnya. Maka perlu untuk terus me-refresh brand dengan redesigning brand Anda. 

Keuntungan dari Redesigning Brand 

Hal ini merupakan strategi yang impactful yang dapat membuat Brand Anda lebih menarik customer dan membantu Anda tetap berada pada laju perkembangan industri. Dengan me-refresh brand, Anda dapat memdapatkan keuntungan, diantaranya:

  • Pertahankan citra dan otoritas merek Anda secara keseluruhan.
  • Membuat merek Anda lebih segar dan modern.
  • Ikuti perkembangan dan permintaan pasar.
  • Perluas jangkauan Anda dan layani grup pelanggan baru.

Kapan Perlu Dilakukan Redesign?

Karena Anda sudah mengetahui keuntungan dari redesigning brand, Anda perlu mengetahui kapan Anda perlu melakukannya. Berikut ada beberapa keadaan dimana Anda perlu untuk redesingning brand Anda:

  • Brand sudah ketinggalan zamaan. Meskipun hal ini menggambarkan value dari brand secara sempurna selama 10 tahun, brand Anda tidak lagi bersandingan dengan audiens lagi. Cobalah untuk melihat lagi dan menilai brand Anda, lihat elemen-elemen yang membuat brand terlihat outdated, dan ubahlah. 
  • Perusahaan Anda telah berubah. Seiring berjalannya waktu, perusahaan Anda mengalami perkembangan dan tujuan, dan value juga berubah.
  • Brand Anda tidak konsisten. Brand melalui berbagai perbedaan warna, pattern, typography, logo, dan sebagainya.  
  • Target audiens Anda berubah 

Apa itu Rebranding

Jika redesigning adalah perubahan dari brand Anda, rebranding merupakan transformasi skala penuh dari brand Anda. Atau bisa dikatakan bahwa rebranding adalah pembangunan identitas baru dari suatu brand. Rebranding juga bisa diartikan sebagai perubahan mendetail dari merek Anda yang memengaruhi cara perusahaan Anda mengekspresikan nilai, tujuan, dan misinya kepada publik.

Keuntungan Rebranding

Melalui rebranding, Anda dapat mendapatkan keuntungan berupa:

  • Dapat mengelola taktik marketing Anda dan memengaruhi bagaimana pelanggan Anda akan memandang Anda.
  • Memungkinkan Anda menargetkan audiens yang relevan yang akan dikonversi menjadi prospek dan pelanggan.
  • Memisahkan diri Anda dari pesaing Anda.
  • Tetap kekinian di pasar sengit yang terus berevolusi.

Kapan Perlu Dilakukan Rebrand?

Rebranding lebih dari sekadar mereefresh logo, warna, atau situs web Anda. Rebranding berarti memperbarui setiap aspek brand Anda. Mulai dari story dan filosofinya hingga daya tarik visual. Ada beberapa kasus dimana rebranding tampak seperti menajdi pilihan yang logis, diantaranya:

  • Persaingan Anda meningkat dan merek Anda mulai tertinggal.
  • Anda menargetkan audiens yang salah atau audiens Anda telah berubah dari waktu ke waktu.
  • Taktik pemasaran yang berhasil untuk Anda beberapa waktu lalu tidak lagi beresonansi dengan audiens Anda.
  • Identitas merek Anda secara keseluruhan tidak konsisten, tidak relevan, atau ketinggalan zaman.
  • Harapan dan tuntutan industri telah berubah.
  • Anda sedang mempersiapkan merger atau akuisisi besar-besaran.

Itulah pengertian rebrand, redesign, beserta perbedaan, keuntungan, dan kapan Anda harus melakukan hal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Jika Anda membutuhkan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website dan emdia sosial DIGIMA