7 Tips Menulis Deskripsi YouTube

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bisa dibilang tidak semua orang bisa menulis deskripsi video YouTube dengan benar, jadi membuat deskripsi YouTube bisa jadi susah-susah gampang. YouTube telah menjadi salah satu mesin pencari terbesar di dunia, jadi jangan asal-asalan saat menulis deskripsi video YouTube Anda. Jadi sebelum Anda menuliskannya, pikirkan juga efektivitas deskripsi video YouTube Anda di mesin pencari.

Nah, berikut ini bagaimana tips menulis deskripsi youtube yang menarik dan cerdas di video Youtube agar video Anda gampang ditemukan penonton. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

7 Tips menulis deskripsi youtube

Mari  kita ketahui tips membuat deskripsinya lebih dulu, supaya Anda juga memiliki bayangan deskripsi seperti apa yang seharusnya Anda tulis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak boleh asal-asalan dalam menuliskan deskripsi Youtube. Lalu bagaimana deskripsi Youtube yang benar?

Sebenarnya Youtube sendiri telah memberikan bocoran tips kepada penggunanya melalui situs resminya di Creator Academy. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang secara garis besar juga dibahas disana.

Tulis deskripsi yang dapat ditelusuri

Deskripsi dapat menyampaikan informasi penting yang membantu pemirsa menemukan video Anda di hasil penelusuran dan memahami apa yang ingin mereka tonton. Deskripsi yang baik dengan kata kunci yang tepat dapat membantu video Anda muncul di hasil penelusuran, yang dapat meningkatkan penayangan dan waktu tonton Anda.

  • Jelaskan video Anda dalam bahasa alami, bukan hanya sekumpulan kata kunci.
  • Cantumkan kata kunci terpenting di awal deskripsi.
  • Identifikasi 1-2 kata kunci yang mendeskripsikan video Anda dan soroti dalam deskripsi dan judul.
  • Gunakan Google Trends dan Perencana Kata Kunci Google Ads untuk mengidentifikasi kata kunci populer dan sinonimnya. Menyertakan istilah ini dapat memaksimalkan lalu lintas dari penelusuran Anda.
  • Jangan gunakan bahasa asing dalam deskripsi Anda karena dapat mengganggu pemutaran video dan melanggar kebijakan YouTube.

Maksimalkan deskripsi

Bidang deskripsi sangat membantu pemirsa untuk menemukan video Anda, mempelajarinya, dan memutuskan apakah akan menontonnya.

  • Berikan setiap video deskripsi unik. Jadikan video Anda lebih mudah ditemukan dalam pencarian dan menonjol dari video serupa.
  • Gunakan beberapa baris teks pertama untuk menjelaskan isi video Anda, termasuk kata kunci yang mudah ditelusuri dan bahasa yang mengalir secara alami.
  • Gunakan teks sisanya (yang muncul setelah pemirsa mengeklik “Tampilkan lebih banyak”) untuk memberikan informasi tambahan seperti topik saluran Anda, tautan ke media sosial, dan lain-lain.

Buat deskripsi yang dapat digunakan penonton

Kolom deskripsi hanya dapat menampilkan teks, tetapi Anda dapat membuatnya jadi menarik. Anda dapat menambahkan berbagai fitur interktif yang bisa membantu meningkatkan jumlah penayangan, menyorot kolaborasi, dan menumbuhkan basis subscriber.

  • Gunakan stempel waktu untuk membantu pemirsa melompat ke bagian penting dari video panjang.
  • Tautkan ke playlist yang berisi video terkait.
  • Ingatlah untuk mengawali semua alamat web dengan http:// agar dapat diklik.

Ukur efektifitasnya

Cari tahu bagaimana deskripsi Anda terlihat di halaman dan perangkat yang berbeda, dan bagaimana tampilannya di YouTube Analytics untuk melihat apakah deskripsi itu menarik penonton Anda dengan baik.

  • Pratinjau deskripsi Anda di penelusuran YouTube, laman tontonan, dan di seluruh perangkat seluler untuk melihat informasi terpenting dengan jelas.
  • Jadikan video Anda terlihat di hasil penelusuran YouTube. Analytics akan memberi tahu Anda kata kunci mana yang mengarahkan pengguna ke video Anda. Jika Anda tidak melihat topik utama atau topik penting video Anda di laporan penelusuran, kemungkinan deskripsi tidak berisi kata-kata tersebut.

Jika Anda harus mencari video itu sendiri, apa yang akan Anda ketik di bilah pencarian? Kata-kata ini harus disertakan dalam deskripsi.

Beberapa langkah untuk menyiapkan deskripsi video di Youtube

Setiap kali Anda mengunggah video baru ke saluran Anda, Anda akan diminta untuk menulis deskripsi. Semakin Anda dapat membuat video Anda menonjol dengan alat seperti bidang deskripsi, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil di YouTube. Anda juga dapat dengan mudah memperbarui deskripsi video jika Anda menambahkan atau menghapus informasi di lain waktu.  

  • Tulis deskripsi ketika mengupload video baru.
  • Menulis deskripsi yang jelas dan spesifik untuk setiap video akan memberikan hasil yang lebih baik.
  • Membuat deskripsi default dengan informasi tambahan (seperti deskripsi saluran) yang ditambahkan secara otomatis ke setiap deskripsi video.

Gunakan hashtag dalam deskripsi video Anda

Tagar (#) yang relevan dalam deskripsi video Anda memudahkan pemirsa menemukan video Anda saat mereka menelusuri tagar tertentu. Saat mengunggah video, Anda dapat menyertakan tagar (#hashtag #contoh) di judul atau deskripsi video. Tagar dalam deskripsi video adalah tautan yang dapat diklik pengguna untuk membuka halaman hasil pencarian tagar yang berisi video yang terkait dengan topik.

  • Tambahkan hashtag ke bagian deskripsi Anda untuk membantu pemirsa menemukan video Anda.
  • Hanya gunakan tagar yang terkait dengan video Anda. Misalnya, jika Anda mengunggah ulasan film tertentu, jangan sertakan tagar yang terkait dengan film lain atau film populer, aktor, atau topik yang tidak terkait untuk menipu pemirsa agar jumlah penayangan meningkat.
  • Sedikit usaha akan berhasil. Jangan penuhi deskripsi dengan hashtag. Jika video Anda berisi lebih dari 15 hashtag, YouTube akan mengabaikan semua tagar.
  • Hashtag sangat berguna saat digunakan dalam konten yang sedang tren seperti acara mendatang atau orang yang sedang bicarakan. Ini memastikan bahwa pemirsa yang mencari video terkait topik yang sedang tren menemukan berbagai konten yang sesuai.

Deskripsi yang cocok untuk pengiklan

Pengiklan dapat menargetkan video dengan istilah atau kata kunci tertentu dalam judul, deskripsi, atau tag mereka untuk memastikan video mereka menjangkau audiens yang dituju. Pengiklan juga dapat menggunakan istilah dan kata kunci untuk menolak konten yang tidak cocok dengan merek mereka.

  • Buat judul, tag, dan deskripsi yang akurat – Yang terpenting, metadata Anda harus mendeskripsikan konten video Anda secara akurat
  • Setiap kata berarti – Video yang berisi bahasa yang menyinggung, kontroversial, atau menjurus ke arah seksual dapat membuat beberapa pengiklan enggan menyertakan video tersebut dalam kampanye mereka.
  • Kata-kata dapat disalahartikan – Pengiklan sering kali memilih untuk tidak menyertakan kata atau frasa tertentu. Pertimbangkan bagaimana judul, tag, dan deskripsi Anda akan ditafsirkan oleh pengiklan.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai tips menulis deskripsi YouTube yang menarik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.