Bagaimana sih Susunan Team Digital Marketing yang Ideal?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda yakin bahwa tim digital marketing Anda sudah tersusun dengan baik ? Anda sebagai pembisnis pasti memikirkan susunan atau tim digital marketing karena tim marketing  penting bagi bisnis untuk memasarkan sebuah produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan Anda lewat media online. Selain itu, mereka juga menarik konsumen untuk membeli atau menggunak sesuatu yang Anda buat. Lalu, bagaimana  susunan tim digital marketing yang baik ?

Content Manager

Manajer Konten mengawasi strategi pemasaran konten, upaya masuk, dan semua konten yang dihasilkan untuk dan oleh perusahaan. Mereka memastikan setiap konten mencapai tingkat kualitas yang diinginkan dan mematuhi pedoman  yang ditetapkan. Mereka berusaha untuk mendorong dalam pembuatan konten menarik yang akan menarik dan mempertahankan target.

Blog Writer

Blog adalah bagian integral dari bisnis apa pun. Mereka telah menjadi salah satu kekuatan pendorong agar website sering dikunjungi oleh semua orang dan mungkin mereka terlihat mudah dalam pengerjaan “penulisan”, tetapi tidak semudah yang dilihat loh karena mereka juga melakukan research sebelum menulis konten. Nah, tanggung jawab mereka untuk menulis dan mengedit konten untuk blog untuk menyajikan audiens target dengan jumlah nilai tambah yang tepat untuk menghasilkan keterlibatan lebih lanjut melalui saluran pemasaran.

Editor Media (Video + Audio)

Kata-kata tertulis bukanlah satu-satunya cara untuk melibatkan audiens. Lewat via video dan audio melalui podcast telah substansial selama beberapa tahun terakhir. Memiliki seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat konten yang hebat sangat penting untuk strategi pemasaran apa pun yang ingin memanfaatkan sebanyak mungkin saluran komunikasi. Jumlah pengetahuan dan kreativitas yang tepat akan mengarahkan lalu lintas dalam gerombolan.

Social Media Manager

Media sosial lebih dari sekadar cara untuk mempromosikan konten dan ide. Ini adalah saluran yang digunakan oleh calon pelanggan dan media untuk berkomunikasi langsung dengan perusahaan, menawarkan umpan balik, menyampaikan keluhan, atau sekadar memulai percakapan dengan merek yang mereka sukai.

Creative Manager

Creative Manage bertugas mengawasi semua upaya kreatif dan grafis yang mewakili merek perusahaan. Dari struktur dan tata letak situs web, hingga logo, hingga tindakan taktis untuk memastikan perhatian utama audiens. Kemudian peran ini membutuhkan kapasitas untuk berinovasi dan perhatian terhadap detail.

Marketing Strategist

Inti dari setiap strategi pemasaran adalah menemukan audiens yang tepat dan menjangkau mereka dengan cara yang paling rapi. Peran ahli strategi pemasaran adalah untuk melihat lebih luas pada perspektif pemasaran dan memberikan arahan yang benar kepada tim pelaksana. Tanggung jawab seorang ahli strategi pemasaran meliputi:

  1. Mengidentifikasi audiens yang tepat
  2. Menemukan platform yang tepat untuk penargetan
  3. Menciptakan perjalanan pengguna yang tepat
  4. Memahami strategi kata kunci

Data Analyst

Analis data merupakan melihat perilaku di mana orang lain hanya melihat angka dan mereka sebagai data analyst memahami dorongan atau kekurangannya saat orang lain hanya melihat parameter metrik. Tugas mereka adalah mengambil data dingin dan keras yang disediakan oleh berbagai alat analitik, dan memberinya makna. Analis ini akan mengumpulkan jawaban yang Anda butuhkan yang lebih dalam dari data dan membuat saran yang tepat untuk suatu perbaikan.

Ternyata team digital marketing tidak boleh asal memilih karena mereka yang akan mengenalkan, memasarkan produk atau jasa milik Anda, dan menarik konsumen. Selain itu, jika Anda