Jika Anda bekerja di industri di mana faktor seasonal atau musiman merupakan faktor besar, maka brand Anda perlu berpartisipasi. Jika tidak, Anda bisa kehilangan peluang pendapatan yang signifikan. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari mengapa konten musiman penting dan mendapatkan tips untuk membantu merencanakan strategi seasonal content atau konten musiman Anda.
Apa itu Seasonal Content?
Konten musiman berfokus pada topik, tren, dan peristiwa yang terjadi pada waktu yang sama sepanjang tahun. Jenis konten ini harus mewujudkan gaya hidup merek Anda dan industri tempat Anda berada. Misalnya Anda bekerja di e-commerce. Pemasar dapat mengembangkan konten untuk banyak hari libur, seperti Hari Buruh, Black Friday, atau kontentanggal kembar, dan sebagainya.
Jika Anda bekerja dalam industri yang menonjolkan ke-musiman-nya atau ke-trendy-annya, seasonal content dapat membantu Anda merencanakan kalender konten Anda dan memberi Anda waktu untuk mengembangkan dan menerapkannya. Melakukannya membantu konten musiman Anda diindeks di search engine dan dibagikan di newsletter. Anda juga dapat membuat promosi di sekitar waktu-waktu ini dalam setahun.
Evergreen vs. Seasonal Content
Penting untuk memahami perbedaan antara konten evergreen dan konten musiman.
Konten evergreen lebih merupakan permainan jangka panjang dan sebagian besar selalu berguna, tidak peduli jam berapa sepanjang tahun. Contoh konten evergreen bisa dengan “Apa yang harus Anda ketahui tentang alergi kacang.” Tidak masalah jam berapa Anda akan mempromosikannya, karena orang yang menderita alergi kacang bisa kapan sjaa dalam jangka waktu setahun.
Topik konten yang lebih musiman dapat berupa “Apa yang harus Anda ketahui tentang flu pada tahun 2022,” di mana Anda dapat berbicara tentang musim flu pada tahun tertentu, gejala, dan informasi penting lainnya tentang jenis flu tertentu.
Konten musiman lebih merupakan kebutuhan mendesak yang dapat menjadi viral, atau membuat keterlibatan cepat di media sosial, sementara evergreen membantu untuk permainan jangka panjang.
Mengapa Seasonal Content Penting?
Ketika konten musiman dilakukan dengan benar, Anda dapat mengundang orang baru ke brand Anda, meningkatkan interaksi/keterlibatan, dan mendorong mereka ke dalam alur siklus penjualan Anda.
Konten musiman menunjukkan bahwa brand Anda juga relevan dan tetap terkini. Tidak memiliki konten musiman, terutama ketika industri Anda dapat atau bahkan perlu memanfaatkannya, mungkin menyiratkan bahwa brand Anda basi atau tidak relevan.
Keuntungan dari Seasonal Content
Ada banyak manfaat memiliki konten musiman sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, seperti:
- Dapat mempromosikan brand Anda dengan sesuatu yang istimewa, seperti sale (obral) atau perilisan produk baru.
- Menginformasikan audiens Anda tentang topik-topik penting. Misalnya bagaimana industri kesehatan dan kebugaran mempromosikan memulai kebiasaan sehat baru di tahun baru.
- Menjaga pelanggan Anda tetap setia, terutama jika mereka tahu Anda biasanya melakukan promosi selama waktu-waktu tertentu dalam setahun atau sebulan (misalnya, promo tanggal kembar). Hal ini juga bis membawa orang baru ke dalam siklus penjualan Anda.
- Meningkatkan peluang pelanggan kembali ke brand Anda, terutama jika Anda memiliki voucher atau kartu pelanggan sebagai bagian dari strategi Anda.
- Mendapatkan tanggapan positif dan emosional dari audiens Anda.
Untuk memperbarui seasonal content, Anda dapat memanfaatkan potongan bagian konten musiman yang sudah ada. Karena buka konten evergreen, konten musiman pada halaman lama yang diindeks dapat dengan mudah diperbarui dan digunakan kembali untuk meningkatkan brand Anda. Publish konten musiman yang diperbarui sebagai konten baru. Anda tidak perlu membuat halaman baru. Cukup perbarui postingan atau halaman blog yang ada.
Follow instagram DIGIMA untuk mendapatkan informasi dan tips-tips lainnya.