Saat membuat konten, Anda tentu ingin konten tersebut mendorong traffic organik yang konsisten dari waktu ke waktu. Nah, untuk melakukan itu Anda perlu tahu apa itu konten Evergreen?
Memliki konten blog jenis evergreen akan sangat bermanfaat untuk mempertahankan traffic yang stabil dalam jangka panjang lho! Selain itu jika Anda mengelola konten yang selamanya hijau (terus dibutuhkan). Anda tidak perlu harus diterbitkan satu buah artikel setiap harinya. Anda hanya perlu memeliharanya, sehingga isi artikel itu tetap relevan dari waktu ke waktu, masa ke masa.
Apa itu konten evergreen?
Konten evergreen adalah konten yang tidak pernah kedaluwarsa. Ini telah digunakan secara konstan selama berabad-abad. Meski tidak perlu diupdate, tetap relevan dan ada terus pencarinya.
Ingat, ya, ada perbedaan antara banyak pencarinya dengan ada pencarinya. Seorang pencari tidak harus banyak. Dengan demikian, konten evergreen tidak menjamin traffic tinggi seperti konten viral. Namun, menjanjikan Anda kestabilan kunjungan.
Lalu, apa saja yang termasuk dalam jenis-jenisnya dan bagaimana cara membuatnya? Kita pahami dulu alasannya yuk, sebelum mulai membuatnya.
Manfaat konten evergreen
Kenapa Anda sebaiknya membuat strategi konten evergreen untuk setiap blog yang Anda punya? Menurut beberapa keunggulan konten evergreen.
Berikut ini lima manfaat konten evergreen:
- Cara paling efektif untuk meningkatkan traffic blog dalam jangka panjang.
- Konten yang dibuat akan terus dicari oleh orang baru (pemula).
- Lebih sedikit upaya pembuatan konten, tetapi tetap memberi traffic yang terus menerus.
- Selalu menerima traffic lalu lintas permintaan yang teratur sepanjang waktu.
- Penurunan lalu lintas sangat jarang terjadi, tetapi meningkat seiring waktu.
7 ide konten evergreen yang layak Anda coba
Berikut ini beberapa jenis konten yang merupakan sebuah pembahasan yang masuk kategori evergreen, yaitu:
Artikel how to (tutorial)
Semua artikel dengan kata kunci cara melakukan, cara membuat, cara menangani, cara menghapus, cara memperbaiki, cara mengatur, cara mengedit, cara mendaftar, cara menambah, cara menghasilkan, dll adalah artikel tentang how to (tutorial).
Artikel jenis ini merupakan artikel yang paling banyak dicari dan dicari oleh orang sepanjang waktu. Target audiens artikel ini adalah anak muda yang ingin belajar saja. Akan selalu ada anak muda yang lahir dengan pengetahuan tentang bagaimana membutuhkan sesuatu, bagaimana membuat sesuatu, bagaimana memperbaiki sesuatu, bagaimana menghasilkan sesuatu.
Terus gali jalan dengan cara terbaru. Metodenya disesuaikan dari waktu ke waktu, tetapi konten utamanya tetap sama.
Listicle ( artikel daftar)
Menurut kami, artikel jenis ini paling mudah dibuat. Seperti itu, penggemarnya cukup banyak. Nah, klue untuk artikel jenis ini biasanya mengandung kata berikut ini:
- Cara (how to, tutorial, langkah) contoh: 5 cara menghikangkan rasa cemas (nyambung sama poin satu ya)
- Paling (the most) contoh: 20 tokoh introvert paling menginspirasi
- Rekomendasi (pilihan) misalnya: 10 film yang cocok buat introvert, buku, pekerjaan, hobi
- Jenis (perbedaan yang masih dalam satu kategori) misal: jenis introvert ada 4 yaitu star
- Kenapa- Karena. Misal kenapa perempuan introvert adalah sosok yang anggun? nah, disitu di-urai jawabannya dengan jawaban. Sebab, a, b, c, d. Atau karena 1, 2, 3, 4.
Bertema agama (rujukan)
Untuk itu, kami telah memposisikan artikel-artikel religi, khususnya Islam, sebagai layak untuk dimasukkan dalam peringkat konten evergreen kami. Dalam Islam, umat Islam didorong untuk memberikan pengetahuan monoteistik (ilahi). Juga dikenal sebagai Geser Agama. Meski penduduk Muslim sangat besar, insya Allah banyak orang baru yang terus terpesona oleh Islam yang merupakan agama dominan di Indonesia.
Jika ini dikerjakan, maka Anda akan mendapat pahala. Jariyah. Bukan Cuma traffic dan uang saja. Melainkan akhiratnya dapet.
Alasannya orang pasti butuh artikel agama. Sudah pasti. Bahkan, menurut sebuah hadist “siapa yang beriman kepada Allah & hari akhir hendaklah ia berkata baik atau diam.”- (Hr. Bukhari)
Ini artinya bahwa, sangat tidak diperkenankan berbicara yang tidak bermanfaat & tidak berguna. Kalo memang mau berbicara, atau menulis, atau berkarya hendaknya yang bermuatan positif.
Jangan sampai clickbait untuk traffic, justru ketidakberkahan itu nggak dianjurkan. Ada begitu banyak cara kreatif untuk membuat konten yang unik namun menghasilkan klik.
Edukasi, ilmu bermanfaat dan info terbaru yang berkembang (update)
Bisa jadi, orang lain belum tahu mengenai ilmu yang sudah Anda ketahui. Bahkan jika Anda menganggapnya sepele, itu adalah wawasan baru bagi orang lain. Ilmu yang bermanfaat mengandung Amalan Jariyyah, dan ketika dilakukan, mereka yang memberikannya akan mendapat pahala. Jadi sampaikan pengetahuan yang Anda tahu bahwa Anda harus mengisi peran ini terlepas dari reaksi di sekitar Anda.
“Kita harus membranding diri dengan skill ahli yang kita kuasai.”
Nanti, justru akan mengumpulkan orang-orang yang mau belajar sesuai dengan pengetahuan yang Anda bagikan. Alhasil, lebih enak lagi menyampaikan ilmunya. lebih menyenangkan, dan lebih menarik.
Review: artikel mengulas produk, layanan, pengalaman
Sebagian besar teks, gambar, podcast, dan video pada umumnya dibuat untuk tujuan periklanan bersifat komersial (penjualan).
Jualan/berdagang tidak sekedar dapat menghasilkan uang saja, lebih dari itu berdagang & memposting produk / layanan / jasa yang sangat membantu orang lain yang sedang membutuhkan info mengenai manfaat, keunggulan suatu produk/layanan/jasa.
Untuk itu, memposting barang-barang jualan sangat berguna. Saran kami, jangan lupakan niat awal Anda untuk membantu orang yang membutuhkan. Gunakan teknik marketing dan copywriting ilmiah saat menulis iklan yang mempromosikan produk Anda. Tujuannya supaya lebih efektif, teranalisa & optimal untuk fungsi penjualan.
Dengan demikian, itulah kira-kira ide konten evergreen yang dapat Anda coba. Selamat mencoba. Jangan mudah lelah atau putus asa. Nyatanya, membuat konten, khususnya konten evergreen, bukanlah hal yang mudah, namun kalau sudah menikmatinya. Sesulit apapun akan terasa indah dibaca dan semakin lama akan semakin mudah.