Pengertian Key Visual Dalam Desain Dan Multimedia

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Halo semuanya, pada artikel kali ini saya akan membahas apa itu pengertian key visual dalam desain dan multimedia. Untuk anda yang penasaran seperti apa itu ulasannya, yuk ketahui selengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Key Visual dalam Desain dan Multimedia

Tentu saja untuk anda yang beru terjun atau menekuni dunia desain dan multimedia pasti akan mendengar apa itu key visual. Visual Utama merupakan gambar maupun ilustrasi yang digunakan oleh merek secara konsisten untuk keperluan pemasaran maupun meningkatkan pencitraan merek kepada konsumennya. Di mana salah satu dari komunikasi pemasaran suatu merek atau merek adalah menggunakan Visualisasi.

Adapun ciri – ciri dari key visual yaitu sebagai berikut:

  • Sederhana dan mudah dijangkau oleh audiens ataupun konsumen
  • Jelas dan unik
  • Membangkitkan emosi audiens ataupun konsumen brand

Hampir semua merek pasti aik itu yang skalanya masih kecil atau sudah tingkat perusahaan pasti menggunakan key visual sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian menggunakan key visual sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian audiens nya. Untuk jangka waktunya sendiri bermacam – macam.

Ada brand yang memanfaatkan key visual secara jangka panjang. Ada juga hanya beberapa waktu saja untuk keperluan suatu kampanye pemasaran yang menyesuaikan dengan apa yang sedang viral pada saat itu.

Fungsi Tombol Visual

Fungsi utamanya adanya visual yaitu untuk membangun komunikasi antara merek ataupun iklan yang sangat mudah diingat dengan visual dalam hal ini desain grafis maupun multimedia.

Visualisasi yang dipakai pada kampanye benar – benar dutujukan untuk:

  • Memudahkan pengenalan terhadap suatu merek
  • Membangkitkan ingatan audiens terhadap brand
  • Dan munculkan minat sefmen audiens yang dituju

Yang harus anda ingat adalah key visual juga harus dapat menghasilkan dampak positif bagi audiens maupun merek.

Apakah Logo Termasuk dalam Key Visual?

Kalau kita berbicara desain dan multimedia suatu brand pasti kita langsung berdampak pada logonya. Nah kira – kira apakah logo itu termasuk dalam key visual? Penjelasannya adalah logo dan key visual adalah dua hal yang berbeda dalam brand dunia.

Ada perbedaan di antara keduannya, yaitu:

  • Key Visual tidak hanya dibuat untuk membentuk suatu identitas merek atau merek. Bekerja juga untuk menyampaikan suatu cerita kepada audiens nya. Sehingga key visual ini biasanya lebih dinamis dan lebih menarik dari pada logo saja.

Sedangkan logo berbentuk statis, di mana dari awal diperkenalkan warna, bentuk dan filosopi nya hanya itu saja. Televisi memang di masa mendatang ada perubahan logo maka akan berubah juga yang lainnya.

Tips Merancang Key Visual yang Berhasil

Nah, kira – kira bagaimana sih membangun key visual yang profesional dan berhasil menarik perhatian audiens terhadap suatu merek? Berikut ini tips – tips yang bisa anda ikuti.

Mengenal dan Memahami Suatu Merek

Menciptakan key visual akan sulit dan tidak berhasil jika anda tidak mengenal dan memahami suatu merek yang akan dibuatkan key visualnya. Mengenal dan memahami merek bisa dikenal dari:

  • Apa visi misinya
  • Nilai perusahaan dan merek
  • Siapa yang tepat untuk brand
  • Dan layanan apa saja yang ditawarkan oleh suatu brand

Semakin anda mengenal dan memahami faktor – faktor dia atas maka key visual dalam bentuk desain maupun multimedia akan sangat mudah.

Nantinya anda bisa menentukan:

  • Bentuk atau bentuk
  • Gaya atau gaya
  • Dan juga karakteristik dari key visual

Bisa bilang ini adalah fondasi yang harus anda kuasai jika ingin membangun key visual yang berhasil audiens terhadap suatu brand.

Itulah ulasan mengenai pengertian key visual dalam desain dan multimedia beserta fungsi utama dan juga tips merencangnya. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial.