Suatu brand pasti menyajikan konten dengan benar, tidak hanya jumlahnya saja yang banyak, tetapi juga harus berkualitas tinggi dan bisa memberi nilai plus bagi para pelanggannya. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis atau pemasar harus membuat konten yang bagus atau melakukan kurasi konten pada bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, meningkatkan SEO, membangun loyalitas pelanggan, dan juga membantu meningkatkan bisnis Anda supaya menjadi lebih baik. Di bawah ini merupakan pengertian dari kurasi konten dan tips melakukan kurasi konten pada bisnis Anda.
Pengertian kurasi konten
Kurasi konten mempunyai artian berupa mengumpulkan, menyiapkan, atau menerbitkan konten dari pusat eksternal. Jadi, secara umum pengertian dari Kurasi konten ialah suatu kegiatan mengumpulkan, menyediakan, atau menyajikan suatu konten digital yang berisi tentang topik tertentu. Hal ini merupakan suatu dasar pemasaran bagi setiap perusahaan pemasaran online yang sukses saat ini.
Manfaat dari penerapan kurasi konten
Berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan kurasi konten. Di antaranya yaitu,
1. Mengoptimalkan bisnis anda
Tidak ada keraguan bahwa contoh manfaat sederhana dari penerapan kurasi konten yaitu mengoptimalkan dan mendukung pengembangan bisnis Anda di masa depan. Hal ini dikarenakan semakin banyak konten yang Anda buat maka, semakin besar kemungkinan produk Anda dalam menarik perhatian dari para pelanggan Anda.
2. Meningkatkan kredibilitas
Menurut laporan Triberr, mengkurasi konten berdasarkan sumber yang berkualitas, bisa membantu meningkatkan kredibilitas pada bisnis Anda. Tentu saja, kehati-hatian harus dilakukan saat mengkurasi konten yang sudah tersedia di internet. Jangan salah mengartikan sumber yang dapat membahayakan kredibilitas perusahaan Anda ya!.
3. Membangun Hubungan Pelanggan
Tidak dapat disangkal bahwa membuat konten melalui kurasi menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda. Pada saat Anda membuat lebih banyak konten, pelanggan atau pengguna Anda dapat memilih konten yang cocok untuk mereka baca. Dengan cara ini, hubungan antara Anda dan pelanggan Anda dibangun secara tidak langsung dan perlahan.
Tips melakukan penerapan kurasi konten pada bisnis Anda
Tips kurasi konten yang pertama yaitu Pilih dan tampilkan informasi sesuai kebutuhan.
Dalam konten yang telah Anda disajikan, Anda tentunya ingin memberikan informasi yang berharga kepada pembaca Anda. Jadi saat membuat konten, Anda perlu tahu apa tujuan/sasaran Anda untuk mengirimkan konten Anda. Dan informasi yang bermanfaat untuk pembaca Anda nantinya akan membantu membangun kepercayaan publik terhadap merek Anda. Selain itu, Anda harus memeriksa apakah topik yang disajikan relevan dengan operasi bisnis kita atau apakah kontennya memenuhi kebutuhan dan kepentingan pelanggan kita.
Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan saat membuat kurasi konten ini adalah mulai memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Selain itu, merek dapat membangun kepercayaan ketika konten bernilai dan memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, penting untuk menyeleksi dan menetapkan informasi yang sesuai dari konten yang akan Anda tampilkan.
Gunakan konten yang berharga.
Konten yang berharga adalah konten yang sebelumnya tidak diketahui oleh banyak kelompok sasaran. Jika Anda mengkurasi konten dan menemukan konten yang hanya sedikit diketahui orang, segera kurasi konten tersebut sebelum membagikannya dengan pembaca Anda. Karena, berdasarkan pendapat Content Marketing Institute, hal ini tentu akan terlihat lebih memukau di mata pembaca.
Jangan membuat konten yang menyinggung.
Jangan menyinggung para pembaca Anda. Tidak pernah kehabisan konten untuk dikuratori. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda bagikan. Anda mungkin menemukan diri Anda berbagi artikel oleh orang-orang inspiratif di bidang Anda. Namun, jika Anda baru mengenal ceruk ini, Anda mungkin tidak tahu bahwa orang tersebut tidak dihormati di industri ini. Hal ini dapat mengecewakan audiens Anda. Jangan membuat konten yang seolah-olah mengolok-olok tipe seseorang tertentu karena dapat menyinggung perasaan audiens Anda.
Gunakan media yang tepat.
Ada banyak media yang dapat digunakan pemasar untuk menyederhanakan proses kurasi konten. Misalnya, media untuk menemukan tren terbaru, serta media untuk menemukan sumber otoritatif yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Tentu saja, dengan alat yang tepat, kurasi konten menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien.
Tips terakhir dalam melakukan kurasi konten yaitu Memeriksa Klik.
Anda dapat membuat URL khusus/tautan khusus untuk konten bersama dan menggunakan Google Analytics untuk melihat klik pada setiap bagian konten. Dari sini nantinya Anda bisa mengetahui tema mana yang disukai audiens Anda. Ini membantu merek menentukan rencana konten berikutnya dan jenis konten apa yang akan ditawarkan.
Kurasi konten adalah cara yang bagus untuk mengisi umpan media sosial dan menambahkan konten Anda sendiri. Beberapa brand yang terkenal secara teratur membuat konten untuk membantu saluran sosial mereka tetap aktif. Ada beberapa alat kurasi konten yang dapat Anda gunakan untuk menemukan dan berbagi konten hebat dan mempromosikan konten Anda sendiri untuk kurasi. Semoga tips kurasi konten ini membantu