Kampanye pemasaran digital adalah rencana pemasaran yang biasanya menggunakan konten pemasaran melalui media digital. Kampanye pemasaran digital sangat berdampak positif untuk mendukung strategi pemasaran digital karena melalui proses ini akan membantu Anda dalam mencapai tujuan Anda.
Digital marketing campaign dinilai penting untuk perkembangan perusahaan. Poin pertama dari pentingnya pemasaran ini adalah efektivitas dalam membangun branding bagi sebuah perusahaan atau produk. Keuntungan lainnya adalah meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan platform digital yang berdampak langsung terhadap kelangsungan bisnis Anda.
Apalagi bila Anda merencanakan campaign atau kampanye yang bermanfaat bagi target pasar yang dituju. Hal inilah yang bisa menjadikan produk Anda berpengaruh bagi target pasar. Lantas, bagaimana cara membuat campaign yang baik agar berhasil merebut hati para target? Pada dasarnya untuk menghasilkan marketing campaign yang bagus diperlukan langkah-langkah yang terstruktur dan jelas. Berikut ini langkah yang harus dilakukan agar kampanye pemasaran digital berhasil dan sukses.
Langkah Membuat Kampanye Pemasaran yang Sukses dan Berhasil
- Membangun Persona
Membangun persona brand atau perusahaan akan mempermudah Anda untuk melaksanakan kampanye. Membangun persona akan membantu Anda untuk mengetahui apakah audiens yang disasar sudah sesuai dengan target pembuatan campaign.
- Menentukan Tujuan Campaign
Menentukan tujuan campaign merupakan hal kedua yang harus dilakukan setelah membangun persona. Ada berbagai tujuan dari dilakukannya campaign, mulai dari mendapatkan brand awareness atau meningkatkan penjualan produk atau jasa.
- Menentukan Platform Digital
Setelah menentukan tujuan campaign, selanjutnya adalah menentukan platform digital yang dijadikan media penyampaian campaign. Mengapa harus begitu? Karena masing-masing platform digital memiliki kriteria dan cara penyampaian yang berbeda. Misalnya di Instagram, cara penyampaian campaign lebih umum menggunakan foto atau video. Berbeda dengan website, penyampaian campaign lebih umum menggunakan teks.
- Membuat Perencanaan Campaign
Kemudian Anda membuat perencanaan campaign. Perencanaan campaign meliputi jangka waktu campaign dilakukan, target ROI yang harus dicapai, hingga penentuan konten kampanye yang sesuai dengan target audiens Anda.
- Melakukan Evaluasi
Setelah membuat perencanaan campaign dan mengeksekusinya, Anda bisa melakukan evaluasi dari campaign yang sudah dibuat. Evaluasi dilakukan untuk menjadi bahan pertimbangan apakah campaign layak dilakukan untuk promosi ke tahap berikutnya. Selain itu, ini juga dilakukan untuk melihat traffic dari campaign tersebut.
- Mempromosikan Campaign Melalui Iklan
Setelah dilakukan evaluasi dan mengetahui apakah konten tersebut layak dijadikan kampanye, maka selanjutnya adalah mempromosikan campaign tersebut melalui iklan. Iklan tidak hanya bisa dilakukan di televisi saja, namun juga di media sosial. Social media ads seperti Facebook Ads dan Instagram Ads akan membantu Anda untuk mempromosikan campaign tersebut, tujuannya adalah agar bisa menjangkau lebih banyak audiens yang sesuai dengan target pasar.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kampanye marketing yang Anda rencanakan akan dapat berjalan dengan baik.
Kelebihan Kampanye Pemasaran Digital
Penerapan digital marketing campaign ini tidak hanya memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan atau bisnis yang menggunakannya saja, namun juga memiliki kelebihan yang membuat banyak orang menggunakan strategi ini. Berikut ini kelebihan dari campaign marketing.
- Lebih Hemat Biaya
Kelebihan dari digital marketing adalah biayanya lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Memang, di awal proses branding akan mengeluarkan biaya besar. Namun, setelah brand dan pengikut sudah terbangun dan kuat, biaya pemasarannya juga akan berkurang.
- Tidak Perlu Banyak SDM
Dalam pemasaran yang dilakukan secara konvensional, pengeluaran terbesarnya adalah pemberian gaji kepada SDM. Namun dengan menggunakan campaign marketing Anda tidak perlu membayar banyak orang untuk menjual produk kepada orang-orang. Anda cukup menyebarkan promosi melalui media sosial saja. Bahkan orang yang dijangkau lebih banyak dengan menggunakan media sosial.
- Proses Branding Lebih Mudah
Kelebihan digital marketing campaign berikutnya adalah proses branding menjadi lebih mudah dan cepat. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional yang membutuhkan banyak biaya untuk branding lebih luas, di kampanye pemasaran digital ini Anda hanya perlu satu kali posting konten atau iklan untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda hingga ke ujung Indonesia, bahkan internasional.
- Potensi Pertumbuhan Drastis
Pertumbuhan bisnis akan meningkat drastis, terutama dari segi penjualan. Dengan menggunakan campaign marketing ini Anda tidak perlu menunggu puluhan tahun untuk berkembang menjadi penguasa industri.
Itulah pembahasan mengenai cara membuat kampanye pemasaran yang sukses dan berhasil. Penggunaan digital marketing campaign dinilai sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan. Selain itu kelebihan yang dimilikinya menjadikan strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya.