Digital Marketing mengacu pada strategi pemasaran yang terhubung ke internet. Bahkan iklan radio dan iklan televisi juga termasuk strategi digital marketing. Digital marketing terus berkembang dan strategi baru bisa jauh lebih efektif. Di samping itu, digital marketing merupakan strategi untuk bersaing dengan kompetitor lainnya dan yang relevan dalam industri Anda. Jika bisnis Anda tidak memiliki adanya web atau digital, maka Anda kehilangan banyak peluang untuk menjangkau konsumen target Anda. Selain itu, berikut ini digital marketing memiliki beberapa jenis.
Jenis Digital Marketing
Ada banyak jenis digital marketing yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan bisnis Anda. Menggunakan beberapa cara dalam digital marketing dapat membantu Anda membuat strategi menyeluruh yang akan menghasilkan hasil terbaik. Untuk membantu Anda menentukan strategi pemasaran mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, berikut adalah enam jenis pemasaran digital yang paling efektif:
1. Content Marketing
Content marketing mengacu pada konten informasi, seperti posting blog, video petunjuk, dan materi instruksional lainnya. Jenis pemasaran ini membantu Anda terhubung dengan konsumen Anda dan menjawab pertanyaan mereka. Ini juga dapat membantu menghasilkan prospek dan menutup penjualan. Konten harus dipublikasikan secara teratur dengan mempertimbangkan target konsumen.
2. Search Engine Optimization
Optimisasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO) merupakan strategi yang membuat konten sedemikian rupa sehingga mesin pencari, seperti Google akan memberi peringkat tinggi pada website Anda di halaman hasil mesin pencari. Selain itu, Google menggunakan algoritme untuk memutuskan seberapa relevan website Anda dengan kata kunci yang dicari pengguna. Algoritme ini sering diperbarui dan strategi SEO harus disesuaikan secara teratur agar tetap efektif.
3. Social Media
Dengan social media marketing, platform media sosial digunakan sebagai salah satu saluran digital marketing. Iklan dapat dibeli untuk menjangkau audiens baru atau Anda dapat membuat profil untuk bisnis Anda di platform media sosial dan membuat postingan untuk mengiklankan produk baru, penjualan, atau konten yang baru diterbitkan. Platform media sosial yang akan Anda gunakan akan bergantung pada jenis audiens yang ingin Anda jangkau.
4. Email Marketing
Ketika seseorang mengunjungi situs website bisnis Anda, undang mereka untuk bergabung dengan daftar pelanggan email. Dengan izin mereka, Anda dapat mengirim email tentang penjualan, acara khusus, atau rilis produk. Pemasaran email sering diremehkah, tetapi hal ini tetap worth it untuk dijalankan.
Bagian terpenting dari saluran digital marketing ini adalah saluran itu harus memberikan nilai kepada pelanggan Anda. Tawarkan sesuatu yang eksklusif kepada mereka yang tidak akan mereka terima di tempat lain dan Anda dapat membangun hubungan yang saling menguntungkan yang akan meningkatkan loyalitas merek.
5. Event Marketing
Event marketing Sering dikaitkan dengan istilah experiential marketing, taktik ini membutuhkan lebih banyak waktu dan investasi daripada posting media sosial. Namun, hal ini dapat menawarkan keuntungan besar bagi marketing Anda, jika dilakukan dengan baik. Selain itu pemasaran acara menjadi lebih efektif di dunia yang sudah digital. Ketika komputer dan telepon penuh dengan iklan serta informasi, maka hal tersebut memberi orang alasan untuk berkumpul secara tatap muka.
Ternyata ada beberapa macam digital marketing untuk menjadi strategi dalam memajukan bisnis yang Anda jalani. Dalam daftar di atas terdapat lima mulai dari content marketing, social media marketing, event marketing, email marketing, dan SEO. Nah, apakah Anda ingin menggali lebih dalam marketing, maka Anda bisa mengunjungi sosial media dari DIGIMA dan Anda bisa mengkonsultasikan konten Anda di DIGIMA!