Loyalitas Pelanggan; Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Tentu saja, Anda sebagai wirausaha harus mengenali berbagai strategi dalam menciptakan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. semakin banyak pelanggan setia yang Anda miliki, maka akan semakin besar pula perkembangan bisnis Anda. Bermacam-macam jenis inisiatif dan strategi yang bisa diambil dari perusahaan Anda untuk meningkatkan loyalitas penjualan produk Anda. Mungkin salah satunya ialah dengan meningkatkan loyalitas pelanggan untuk kelangsungan bisnis Anda. Bisnis dapat memperoleh manfaat lebih banyak dari pelanggan tetap daripada bisnis tanpa mereka. Indikator bahwa pelanggan dicap memiliki loyalitas yang tinggi terhadap suatu perusahaan merupakan indikasi bahwa pelanggan memiliki minat positif atau publik terhadap perusahaan dan produknya dengan meninjau cerita dan pengalaman mereka. Lalu apa sih loyalitas pelanggan itu?

Pengertian Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan merupakan kesetiaan pelanggan terhadap suatu merek atau produk. Apabila pelanggan telah mempercayai suatu produk, maka orang tersebut mungkin ingin berhenti memikirkan produk yang lain dan memakai produk yang telah mereka percayai. Pelanggan setia bisa setia menunggu launchingan produk terbaru meski rela mengantre selain menggunakan repeat order. Hal ini merupakan salah satu aset yang harus dijaga dan tentunya sangat berharga yang bisa mempengaruhi kelangsungan hidup dari suatu perusahaan. Oleh karenanya, Anda sebagai pelaku bisnis perlu mengetahui tata cara pengukur loyalitas pelanggan dan bagaimana menciptakan pelanggan yang benar-benar loyal.

Selain itu, pelanggan setia mempertimbangkan dampak dari pengalaman positif mereka sebelumnya dan menyarankan kolaborator terdekat mereka untuk membeli atau menggunakan produk yang mereka gunakan. pertimbangkan untuk membeli kembali produk dari kami, yang mengarah pada kunjungan berulang karena loyalitas.

Untuk memenangkan pelanggan setia, perusahaan harus menciptakan nilai lebih dalam produk mereka, melalui manfaat pelanggan. Nilai pelanggan adalah perbedaan atau perbandingan antara manfaat atau segala sesuatu yang diterima konsumen atau pelanggan dan segala sesuatu yang dikorbankan atau dikeluarkan pelanggan untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Menurut Kotler, nilai pelanggan atau purchase value  yang lebih unggul dari pesaing menciptakan kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan  berperan dalam menciptakan loyalitas pelanggan.

Indikator Loyalitas Pelanggan

Ada beberapa indikator yang dapat Anda gunakan untuk mengukur loyalitas pelanggan. Menurut buku Strategi Pemasaran buku Fandy Tjiptono (2002), indikator dalam loyalitas pelanggan adalah:

  • pembelian kembali

Ketika seseorang membeli kembali suatu produk, itu bisa berarti suatu kesetiaan.

  • Kebiasaan mengonsumsi merek.

Orang yang terbiasa memakai merek tersebut akan terus membeli produk yang sama.

  • Merek yang selalu saya sukai

Loyalitas merek juga ditunjukkan dengan menyukai lambang.

  • Tetap memilih merek

Seseorang dapat terus memilih merek meskipun ada pilihan lain.

  • Merasa yakin bahwa merek tersebut adalah yang terbaik

Ini juga merupakan tanda loyalitas pelanggan bahwa satu merek dianggap lebih unggul dari yang lain.

  • merekomendasikan merek terhadap pelanggan lain

Orang-orang yang setia pada lambang mereka dan senang dengan produk layanan mereka jauh lebih mungkin untuk menawarkan produk mereka kepada orang-orang di sekitar mereka.

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, pastinya Anda membutuhkan beberapa cara. Di bawah ini terdapat 6 cara dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Antara lain,

Pemeliharaan Kualitas Produk

Pelanggan pasti akan kecewa ketika produk perusahaan makanan dan minuman turun. Oleh karena itu, kualitas produk harus dijaga. Semakin Anda menjaga kualitas produk Anda, semakin kecil kemungkinan pelanggan Anda akan kecewa. Pelanggan lebih setia kepada perusahaan ketika mereka tidak kecewa.

Tingkatkan Kualitas Produk

Tentu saja, jika kualitas produk ingin dipertahankan, levelnya harus dinaikkan. Artinya, untuk meningkatkan kualitas produk yang sudah dimiliki perusahaan. Peningkatan kualitas produk bagi perusahaan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengganti material standar dengan material terbaik di kelasnya.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik adalah kewajiban setiap karyawan perusahaan. Namun, karyawanlah yang sering bertemu dengan pelanggan yang memimpin. Pelayanan terbaik tidak hanya tentang penyajian makanan, tetapi juga tentang sikap staf, misalnya keramahan, senyum, sambutan dan respons cepat terhadap keluhan pelanggan.

Memberikan Banyak Promosi

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, jangan lupa untuk menjalankan promosi produk di waktu-waktu penting. Misalnya pada HUT perusahaan Anda, Anda menyediakan promo berupa buy2 get1, buy2 free 15%, cashback, atau yang lainnya. Ada banyak momen penting yang bisa dipilih, misalnya saja, HUT perusahaan, Hari libur tertentu, hari libur nasional, maupun peringatan yang lainnya.

Hadiahkan Program Loyalitas

Untuk meningkatkan retensi pelanggan, Anda perlu menyiapkan program loyalitas. Ada dua cara untuk mendaftar program loyalitas ini, yaitu:

  • Pertama, kami akan memberi Anda kartu keanggotaan. Pemegang kartu keanggotaan berhak atas berbagai manfaat, termasuk potongan harga.
  • Kedua, berikan poin. Poin ini diperoleh sesuai dengan jumlah pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Jadi semakin banyak Anda berbelanja, semakin banyak poin yang Anda peroleh. Poin reward diberikan dalam bentuk potongan harga atau makanan gratis jika poin yang diperoleh memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Minta Penilaian Pelanggan

Setiap pelanggan harus dievaluasi untuk produk atau menu yang ditawarkan. Seorang penghubung khusus dapat ditunjuk untuk kritik dan saran untuk dipertimbangkan dalam evaluasi. Dari sekian banyak ulasan yang diterima, Anda dapat memilih ulasan mana yang akan diterapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di masa mendatang.

Tetap Terhubung Dengan Pelanggan Anda

Membangun relasi dengan pelanggan bisa dilakukan melalui banyak platform seperti Instagram. Karyawan yang bertindak sebagai administrator media sosial harus siap menjawab pertanyaan pelanggan. Dengan demikian, loyalitas pelanggan meningkat karena mereka merasa diperhatikan untuk menciptakan ikatan yang kuat antara mereka dan perusahaan.

Sekian pembahasan ini semoga bisa membantu Anda.