Social media specialist fokus pada pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial perusahaan. Sekarang, pekerjaan ini banyak dicari oleh perusahaan untuk mengontrol dan membuat konten sosial media untuk jasa, bisnis, ataupun apapun. Selain itu, apakaha mereka hanya membuat konten saja? tentunya tidak. Berikut ini tugas social media specialist yang wajib Anda ketahui
Tugas seorang spesialis media sosial:
Biasanya pihak perusahaan mencari spesialis media sosial yang berpengalaman dan antusias untuk bergabung dengan tim kreatif kami. Anda sebagai social media specialist akan bertanggung jawab untuk membuat kampanye media sosial dan pengelolaan harian media sosial perusahaan. Kecintaan Anda pada media sosial sebagai alat komunikasi akan menghasilkan penerapan dan penerapan praktik terbaik media sosial di semua saluran media sosial dengan tugas sebagai social media specialist:
1). Riset – yaitu mengumpulkan informasi, mengamati tren, mencari inspirasi untuk membuat posting di saluran sosial, dan menganalisis langkah-langkah persaingan.
2.) Membuat konten – membuat konten dan grafik untuk posting. Setiap social media specialist harus mengetahui kekhususan komunikasi di setiap situs jejaring sosial dan mengikuti tren yang berlaku. Ahli media sosial perlu tahu kapan harus menerapkan tagar atau emoji yang sesuai, tag atau tanda mana yang akan digunakan, atau ke sisi mana penerima mengalihkan.
3.) Melakukan posting dan publikasi terjadwal (perencanaan konten) – tanggung jawab manajer konten harus membuat kalender posting atau konten yang telah direncanakan sebelumnya untuk dipublikasikan. Menjaga jadwal memungkinkan untuk publikasi reguler pada waktu tertentu. Ini penting jika kita ingin mempublikasikan ketika kelompok sasaran tertentu paling sering berada di portal. Terlebih lagi, kalender dengan rencana konten juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan departemen lain di perusahaan. Alat dan platform yang memungkinkan konten menyimpan kalender, penjadwalan, dan mengotomatiskan publikasi posting meliputi: hootsuite, buffer, sproutsocial, dan loomly.
4.) Menggunakan alat pemasaran saluran sosial – praktik yang baik dari spesialis media sosial adalah mengelola publikasi posting di jejaring sosial. Misalnya, Pengelola Bisnis Facebook adalah alat untuk manajemen konten terperinci di Facebook dan Instagram perusahaan.
5.) Kerjasama dengan desainer grafis – komunikasi dengan departemen desain grafis merupakan bagian integral dari pekerjaan manajer konten, terutama di perusahaan besar atau agensi kreatif. Misalnya, spesialis media sosial membuat teks dan berkonsultasi dengan grafik di mana harus ditempatkan pada grafik. Itulah mengapa pemahaman tentang komposisi dan pengetahuan tentang tren desain sangat diperlukan dalam proyek ini.
6.) Kerjasama dengan influencer – bekerja di media sosial sering melibatkan kolaborasi dengan influencer (orang-orang yang menetapkan tren di industri dan memiliki audiens yang besar dalam bentuk banyak pengikut di akun media sosial mereka). Jenis praktik ini mendukung kegiatan pemasaran perusahaan. Saat bekerja sama dengan influencer atau mitra penting perusahaan, Anda dapat membuat strategi terkait crossposts (menerbitkan posting identik di profil berbeda), berbagi konten, dan menyiapkan posting tamu dengan tanda perusahaan di profil lain.
Persyaratan dan Kualifikasi Pekerjaan
- Pengalaman sebagai Spesialis Media Sosial atau peran serupa
- Ahli Strategi Media Sosial menggunakan media sosial untuk kesadaran dan kesan merek
- Pengetahuan yang sangat baik tentang Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Instagram, Google+, dan praktik terbaik media sosial lainnya
- Memahami SEO dan metrik lalu lintas web
- Pengalaman melakukan riset audiens dan persona pembeli
- Pemahaman yang baik tentang KPI media sosial
- Keakraban dengan desain dan penerbitan web
- Keterampilan multitasking yang luar biasa
- Pemikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah
- Pemain tim
- Keterampilan manajemen waktu yang baik
- Keterampilan interpersonal dan komunikasi yang hebat
Itulah tugas social media specialist dan kualifikasi pekerjaan tersebut. Selain itu, Anda bisa menggali informasi lain perihal social media specialist di DIGIMA. Semoga informasi di atas membantu Anda.