Social media specialist mendapatkan banyak perhatian saat ini, baik dari perusahaan yang ingin membawa pemasaran atau marketingmereka ke tingkat berikutnya dan dari mereka yang mencari karir yang kreatif, berdampak, dan menarik. Jika Anda tertarik dengan social media specialist harus mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang spesialis media sosial, serta skill social media specialist yang wajib dimiliki, apa aja sih?
1. Kesadaran Akan Tren
Tetap up to date dengan tren media sosial terbaru bukan hanya hal yang diperlukan skill social media specialist yang hebat. Dalam hal ini, tetap mengikuti tren dalam hal gaya konten dan jenis posting, bagaimana audiens bereaksi, dan keteraturan dan frekuensi posting, perlu dianalisis dan direvisi secara teratur untuk memastikan brand Anda selaras dengan pengguna yang diharapkan. untuk diubah menjadi pelanggan. Ini mungkin tidak terdengar glamor, tetapi memahami dan menganalisis milik pesaing Anda dan perilaku audiens target Anda sama pentingnya dengan mengetahui meme terbaru yang beredar. Meme, video, studi kasus, daftar, dan infografis yang cenderung kita anggap sebagai konten ‘viral’ juga penting, tetapi jika Anda benar-benar mengikuti tren populer, yang penting adalah kontennya, terlepas dari cara penyajiannya. Namun, relevan dengan merek Anda dan bernilai signifikan bagi audiens Anda.
2. Kreativitas
Diferensiasi adalah salah satu tantangan terbesar bagi merek di ruang media sosial dan skill social media speialist yang penting. Setiap pengelola media sosial ingin membuat konten yang menarik, berharga, dan layak untuk didengungkan, tetapi dibutuhkan kreativitas untuk menghasilkan ide yang menonjol. Ketika berbicara tentang keterampilan media sosial, kreativitas sangat serbaguna. Kreativitas membantu manajer media sosial:
- Kembangkan kampanye sosial yang inovatif dan berani mengambil risiko
- Buat konten multimedia yang menarik secara visual
- Pertimbangkan setiap detail estetika dari pos sosial, mulai dari gambar hingga tautan hingga pemformatan salinan
- Pimpin brainstorm produktif yang mengeluarkan ide-ide terbaik rekan satu tim mereka
- Asah dan perluas suara dan kepribadian merek mereka
3. Manajemen dan Perencanaan Waktu yang Hebat
Sebagai social media specialist, pengetahuan, skill, dan pengalaman Anda akan ditarik ke berbagai arah selama hari kerja rata-rata Anda. Baik Anda menjawab pertanyaan pelanggan di Twitter, membuat konten untuk kampanye Iklan Facebook Anda berikutnya, atau menganalisis statistik dari kolaborasi influencer Instagram terakhir Anda, Anda harus merencanakan seperti seorang profesional untuk mempertahankan semua hal itu. Untungnya ada banyak alat praktis di luar sana untuk membantu merencanakan kampanye, mengelola daftar tugas, mengedit dan berbagi kalender, dan menjadwalkan posting, memungkinkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk pembuatan konten atau interaksi waktu nyata dengan pengikut, penggemar, pengguna, dan pelanggan.
4. Keinginan untuk mempelajari alat dan proses baru
Seperti yang mungkin Anda perhatikan, skill social media specialit harus dilakukan selama hari-hari biasa! Namun, berkat sejumlah alat yang fantastis, banyak tugas spesialis media sosial dapat diotomatisasi, memberi mereka waktu untuk fokus pada pekerjaan yang membutuhkan kekuatan otak yang serius atau bakat kreatif. Atribut kunci dari individu yang sukses dalam peran ini adalah keinginan yang mengakar untuk menguasai semua teknologi di luar sana yang dapat membuat saluran dan campaign media sosial berjalan sebaik mungkin. Ini mungkin melibatkan:
- Penelitian alat baru dan proses populer
- Membandingkan dan bereksperimen dengan alat yang berbeda
- Dapatkan wawasan dari pakar pemasaran media sosial dan influencer
Nah, itulah empat skill social media specialist. Anda juga bisa mengonsultasikannya ke DIGIMA perihal manajemen konten untuk sosial media Anda.