Di tengah persaingan bisnis ketat saat ini, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk bisa mengakses informasi yang tepat pada saat dibutuhkan. Software customer relationship management (CRM) adalah solusi yang membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan prospek dan konsumen lebih efisien. Maka dari itu, anda dapat menemukan banyak jenis – jenis CRM dipasaran. Jenis – jenis CRM yang berbeda dapat membantu tujuan bisnis anda dari berbagai sudut. Memilih sistem CRM yang terbaik untuk perusahaan anda harus melihat tujuan bisnis dan kendala utama yang harus diselesaikan. Lalu apa saja jenis – jenis CRM?
Terdapat 3 jenis – jenis CRM yang perlu anda ketahui, yaitu sebagai berikut:
1.CRM Operasional
Pengertian CRM Operasional adalah perangkat digital yang dapat memudahkan proses bisnis yang meliputi sales automation, marketing automation, dan service automation. CRM operasional merupakan jenis CRM yang paling umum dan populer di antara berbagai industri bisnis.
Apa Manfaat Menggunakan Operasional CRM?
Berikut ini adalah manfaat operasional CRM bagi bisnis:
- Memiliki layanan konsumen yang baik, karena semua data konsumen disimpan dalam satu sistem. Data tersebut dimanfaatkan untuk memahami konsumen dan memberikan customer experience terbaik.
- CRM operasional dapat memberikan anda peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dari data yang berhasil sistem kumpulkan. Dengan retensi konsumen yang meningkat dan konversi yang lebih tinggi pada prospek baru, penjualan pasti akan bagus.
Contoh CRM Operasional
- Sales Automation
- Marketing Automation
- Service Automation
2.CRM Analitik
Pengertian CRM analitik adalah sistem CRM yang dapat membantu manajemen atas, marketing, sales, dan customer service dalam menentukan cara terbaik melayani konsumen. fungsi utama CRM jenis ini adalah analisis data.
Siapa yang Harus Menggunakan CRM Analitik?
CRM analitik cocok untuk bisnis yang ingin memanfaatkan data untuk memperoleh gambaran bagaimana alur konsumen mereka.
Apa Manfaat CRM Analitik bagi Bisnis?
Berikut adalah beberapa manfaat CRM analitik bagi bisnis:
- Membantu menganalisis pasar dan mengevaluasi bisnis secara keseluruhan.
- Memberikan peramalan dan perencanaan keunggan yang lebih akurat, serta menentukan metodologi terbaik untuk sales, marketing, dan support.
- Memahami prospek dan konsumen dengan lebih baik dengan cara menganalisis data secara terstruktur.
- Meningkatkan efektivitas sistem CRM dan menganalisis KPI yang ditentukan oleh perusahaan.
3.CRM Kolaboratif atau Strategis
Pengertian CRM Kolaboratif adalah sistem CRM yang dapat membantu perusahaan untuk membagikan informasi konsumen antar unit bisnis seperti tim sales, marketing, pendukung, dan teknis.
Siapa yang Harus Menggunakan aplikasi CRM Kolaboratif?
Bisnis yang memiliki beberapa cabang atau lokasi akan sangat cocok dengan jenis ini. CRM dapat membuat sinkronisasi antar unit bisnis. CRM kolaboratif juga cocok untuk perusahaan yang sangat mengandalkan komunikasi antar departemen.
Apa Manfaat CRM kolaboratif bagi Bisnis?
Selain itu, CRM Kolaboratif juga memiliki beberapa manfaat menguntungkan lainnya, seperti;
- Mengurangi biaya layanan konsumen.
- Meningkatkan nilai tambah produk anda.
- Memberikan up – selling yang lebih baik kepada klien yang sudah ada.
- Meningkatkan tingkat retensi konsumen dan loyalitas.
- Membantu berkomunikasi dengan, mempertahankan, dan melayani lebih banyak konsumen dengan lebih sedikit sumber daya.
- Meningkatkan interaksi saluran.
Itu dia jenis – jenis CRM yang dapat digunakan bisnis. CRM operasional, CRM analitik, dan CRM kolaboratif memiliki kelengkapan dan keuntungan yang berbeda – beda. Ini dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.
Demikian artikel diatas yang membahas tentang Mengenal jenis – jenis CRM pada bisnis, semoga bermanfaat.