8 Cara Membuat Keyword SEO Natural

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kata kunci memainkan peran yang sangat penting dalam artikel konten SEO. Ini karena kata kunci adalah topik utama artikel. Oleh karena itu, mengetahui cara Membuat Keyword SEO Natural penting bagi penulis artikel konten.

Kata kunci dianggap sebagai alat yang paling penting, sehingga penulis artikel konten sering memaksakan keberadaan kata kunci dalam artikel yang mereka tulis. Akibatnya, artikel penuh dengan kata kunci. Dampaknya kemudian justru akan mendapatkan pinalti dari google karena melakukan spamming.

Sebagai mesin pencari yang digunakan oleh manusia, Google sepenuhnya berpusat pada manusia. Ini berarti bahwa pengalaman pengguna sangat berpengaruh dan algoritme Google dirancang untuk beradaptasi dengan preferensi manusia.

Kuncinya adalah tetap mematuhi koridor SEO yang ditetapkan oleh google. Hanya saja, tetap memperhatikan bahwa yang akan membacanya nanti manusia. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara membuat keyword SEO natural. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan:

Cara membuat keyword SEO natural

  • Lakukan riset kata kunci  

Seperti yang sudah disebutkan, artikel SEO tidak lepas dari kata kunci yang ada pada namanya. Oleh karena itu, hal terpenting saat menulis artikel adalah meneliti kata kunci yang akan digunakan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kata kunci mana yang paling banyak dicari oleh pengguna Google dan yang memiliki persaingan paling sedikit. Selain itu, melalui riset kata kunci, penulis dapat mengetahui gambaran seperti apa yang akan dituliskannya artikel nanti.

  • Jangan memfokuskan tulisan pada ‘keyword’

Setelah Anda memiliki kata kunci, mulailah proses menulis. Ikuti proses penulisan artikel langkah demi langkah dari awal sampai akhir. Konten yang disarankan adalah jangan terlalu fokus pada kata kunci agar penulisan kata kunci artikel secara natural.

Itu sedikit kontradiksi. Namun yang perlu dipahami adalah Anda harus fokus pada konten yang ditulis, bukan kata kunci yang Anda gunakan.

Salah satu trik umum untuk melakukan ini adalah mengetahui dengan tepat apa yang harus diketik dalam kata kunci Dengan kata kunci seperti ini, pembaca akan menemukannya dari artikel. Dari sana, penulis dapat memulai proses penulisan secara lebih natural.  

  • Tulislah tulisan untuk dibaca manusia

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan penulis adalah target audiens. Bagi seorang penulis, kehadiran pembaca tidak tergantikan. Sederhananya, penulis menulis artikel untuk dibaca orang lain.

Tanpa pembaca, kalimat yang dihasilkan tidak berguna. Oleh karena itu, tulislah apa yang dapat dipahami oleh audiens target. Perhatikan bahwa Google menyetel algoritmenya semirip mungkin dengan “pemahaman pembaca”.

  • Gabungkan keyword utuh dan keyword tak utuh

Salah satu fitur artikel SEO adalah Anda dapat menemukan kata kunci dalam pembahasan. Ini sebenarnya merupakan persyaratan SEO yang harus dipenuhi oleh semua artikel konten SEO. Hanya saja, perlu diperhatikan untuk tidak memenuhi artikel yang ditulis dengan keyword.

Cara membuat keyword SEO natural yang disarankan adalah dengan menggabungkan penggunaan keyword untuh dan tak utuh. Yang dimaksud dengan keyword utuh yakni exact keyword yang digunakan, sementara keyword tak utuh adalah keyword yang telah disisipi oleh kata lain.

Hal ini untuk menghindari terlalu banyak kata kunci. Juga, ingat bahwa kata kunci dalam kalimat harus ditulis sealami mungkin. Dengan begitu, tidak terlihat canggung atau memaksa saat membaca, dan cocok dengan teks.

  • Buat pembahasan sesuai judul yang dibuat

Judul memainkan peran penting dalam setiap karya tulis. Begitu juga dengan isi artikelnya. Untuk itu, artikel SEO harus menyertakan kata kunci dalam judul. Keberadaan keyword pada ini judul sekaligus mempertegas sudut mana yang diangkat dalam pembahasan artikel.

Judul yang Anda buat merupakan landasan dasar bagi alur pembahasan artikel tulisan Anda. Dengan kata lain, artikel tidak boleh berbeda dengan judul. Di sisi lain, judul juga harus dapat menjelaskan apa yang sedang dibahas oleh artikel tersebut. Hal ini juga dijadikan pertimbangan bagi mesin pencari untuk mengenali konten apa yang ditulis dalam artikel tersebut.

  • Tulis artikel yang Panjang

Mungkin poin yang satu ini tidak ada hubungannya dengan teknis dengan penulisan keyword secara natural. Namun, semakin panjang teksnya, semakin Google menyukainya. Hal ini dibuktikan dengan artikel yang mencapai peringkat teratas dengan ribuan kata. Juga, semakin panjang teks, semakin mudah untuk menempatkan kata kunci.

  • Selalu cek keyword density

Poin yang satu ini sempat disinggung di atas, bahwa artikel dengan overstuffing keyword hanya akan dianggap sebagai artikel spam oleh Google. Untuk itu, pastikan untuk selalu mengecek keyword density atau sebaran keyword.

Kami menyarankan Anda untuk menjaga pengulangan kata kunci dalam artikel Anda antara 0,5K dan 1.000 kata. Jadi jika artikel Anda panjangnya 1000 kata, jumlah pengulangan kata kunci yang disarankan adalah 5-10.

Penempatannya harus acak dan tidak ditumpuk secara sepihak. Pastikan Anda memiliki kata kunci di paragraf pertama. Juga, jangan sertakan beberapa kata kunci yang disebutkan dalam paragraf yang sama.

  • Perhatikan pemilihan anchor text

Anchor text adalah kata atau frasa yang dipilih untuk ditautkan ke halaman tertentu di situs web yang sama atau situs web lain. Tak jarang, penulis artikel konten memilih exact keyword sebagai anchor text. Padahal hal tersebut sebaiknya dihindari.

Anda juga harus membatasi penempatan anchor text dalam artikel. Jika terlalu banyak, Google akan mengklasifikasikannya sebagai link spam dan memberikan rating buruk. Pastikan juga anchor text yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan konten halaman yang dituju.

Dengan demikian, memahami cara membuat keyword SEO natural adalah keterampilan yang dapat diperoleh penulis. Selama ada kemauan dan usaha, penulis dapat menghubungkan kata kunci dengan kalimat secara alami tanpa memberi kesan dipaksakan.