Mengenal Influencer Marketing: Pengertian dan Peran Penting

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal mengenai digital marketing. Setelah itu, banyak sekali bagian-bagian dalam digital marketing. Salah satu bagiannya adalah influencer marketing. Kemungkinan Anda mengetahui mengenai “influencer” di Instagram atau dapat dikatakan influencer marketing Instagram. Influencer marketing di Instagram ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mendorong kinerja bisnis, itulah sebabnya banyak merek mengalihkan lebih banyak anggaran ke campaign digital marketing sosial media influencer. Namun, Anda memerlukan strategi yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Baik Anda baru memulai atau telah bermitra dengan puluhan influencer, artikel ini akan membantu Anda mendalami mengenai influencer marketing.

Apa sih Influencer Marketing?

Influencer marketing merupakan melibatkan merek yang berkolaborasi dengan influencer online untuk memasarkan salah satu produk atau layanan.

Contonya melibatkan selebriti YouTube PewDiePie. Dia bekerja sama dengan pembuat film horor di katakombe Prancis di bawah Paris, membuat serangkaian video di mana dia menjalani tantangan di katakombe. Itu adalah konten yang sempurna untuk 111 juta pelanggan PewDiePie dan menerima hampir dua kali lipat penayangan sebagai cuplikan film. Semua orang menang. Di samping itu, influencer marketing bukan hanya tentang menemukan seseorang dengan audiens dan menawarkan mereka uang atau eksposur sehingga mereka dapat mengatakan hal-hal baik tentang Anda. Itulah gunanya selebritas viral. Influencer adalah orang-orang yang membangun merek mereka sendiri dan mengembangkan audiens mereka. Secara alami, mereka akan melindungi reputasi mereka dan orang-orang yang mempercayai mereka. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kesabaran dan fokus untuk sukses di media sosial, satu pengikut organik pada satu waktu orang-orang seperti ini tidak tertarik melakukan pemasaran influencer semata-mata demi uang.

Mengapa Hal ini Penting ?

1) Influencer Marketing Dapat Membantu Memperkuat Kesadaran Merek Anda

Brand awareness adalah salah satu alasan utama mengapa pembisnis menggunakan marketing influencer. Karena influencer memiliki pengikut yang tinggi, mereka memiliki kekuatan besar untuk meningkatkan eksposur suatu brand dengan menjangkau banyak orang dalam satu posting. Jika pengikut mereka memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi, kemungkinan besar rekomendasi dan produk yang mereka posting akan diperhatikan dan dipertimbangkan oleh pengikut mereka. Ketika suatu merek berkolaborasi dengan influencer, itu dapat membantu mereka menonjol dan menarik pengikut baru untuk diri mereka sendiri, memberi mereka peningkatan visibilitas dan peluang untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik.

2) Anda Dapat Menjangkau Target Audiens dengan Menggunakan Influencer

Mengidentifikasi dan menjangkau audiens target Anda sangat penting dalam setiap strategi pemasaran. Pemasaran influencer adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan potensial Anda, pastikan Anda melakukan riset. Periksa apakah mereka relevan dengan merek Anda, miliki pengikut ‘nyata’ yang merupakan audiens target Anda dan bahwa mereka selaras dengan citra merek Anda. Memilih influencer yang pengikutnya adalah audiens target Anda memungkinkan kampanye/pesan atau produk Anda dilihat oleh orang-orang yang mungkin tertarik dengan apa yang dapat Anda tawarkan dan terlibat dengan Anda – yang tentu saja merupakan tujuan akhir menggunakan pemasaran influencer .

3) Kemitraan Influencer Membantu Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Anda

Konsumen cenderung mempercayai konten dan rekomendasi dari influencer, karena mereka dilihat sebagai pihak ketiga. Itulah kekuatan terbesar dari influencer dan kepercayaan yang dimiliki pengikut mereka terhadap pendapat mereka. Berkolaborasi dengan influencer yang dapat dipercaya dan relevan akan memperkuat reputasi merek Anda serta mendukung kredibilitas Anda. Jadi, ketika mereka membagikan pendapat mereka tentang merek Anda, itu akan dilihat sebagai kesaksian asli dan akan membantu Anda membangun pengikut pendukung merek yang setia.

Itulah, pentingnya influencer dalam dunia sosial media Instagram. Selain itu, jangan di anggap remeh peran influencer dalam mempromosikan barang atau layanan yang Anda miliki dalam dunia bisnis. Jika Anda ingin menggali lebih dalam mengenai seputar marketing bisa menghampiri informasi lain di blog DIGIMA