Saat ini, penggunaan media sosial sudah umum di hampir semua kalangan. Mulai dengan Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Youtube dan banyak jenis yang lainnya. Dan seiring berjalannya waktu, kegunaannya tidak sebatas untuk sekedar berteman dan mendapatkan informasi, tetapi juga menjalankan bisnis, media periklanan, dan banyak hal lain yang bisa Anda manfaatkan di media sosial. Anda juga bisa mendapatkan pembaruan dari media sosial hanya dengan menggulir di ponsel pribadi Anda. Anda juga dapat berkontribusi langsung pada pembentukan opini dan memberikan kekuatan dan dukungan dengan opini Anda. Anda juga dapat memahami pengertian, manfaat, kelebihan serta kekurangan media sosial dari informasi di bawah ini.
Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah media di mana Anda dapat membuat konten yang menarik, membagikannya di jejaring sosial, blog, forum, wiki, dan memberikan dukungan dan pendapat tentang informasi, acara, produk bisnis, dan konten menarik lainnya. Dengan pesatnya perkembangan internet dan teknologi smartphone, media sosial juga berkembang pesat. Dengan akses yang mudah, masuk akal jika hal ini menjadi fenomena besar yang mempengaruhi arus informasi. Fenomena ini tidak hanya terjadi di negara maju, tetapi juga di Indonesia saat ini.
Manfaat Media Sosial bagi Dunia Pemasaran
Manfaat utama media sosial untuk bisnis dan pemasaran adalah meningkatkan kesadaran merek di pasar yang lebih luas. Penggunanya tidak dibatasi secara geografis. Artinya, bisnis pemasaran Anda tidak terbatas pada audiens atau target pasar tertentu.
Selain poin-poin tersebut, menerapkan media sosial bagi pemasaran juga memiliki manfaat sebagai berikut:
- Iklan dapat bersifat periodik atau berkelanjutan, baik berbayar maupun gratis.
- Bangun kredibilitas merek melalui lebih banyak interaksi bisnis dengan pelanggan
- Dapatkan lebih banyak prospek dan prospek lebih mudah
- Meningkatkan penjualan dan omset
- Lebih murah atau lebih murah dari promosi tradisional
- Bangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda.
Kelebihannya Sebagai Sarana Pemasaran
Di zaman modern ini, ada orang-orang yang aktif menggunakan media ini di berbagai kalangan. Hal ini juga merupakan cara tercepat dan terpenting untuk memasarkan produk dan layanan yang ingin Anda tawarkan menggunakan media ini. Menggunakannya sebagai sarana pemasaran juga mempunyai kelebihan. Berikut adalah kelebihan dari pemasarannya:
1. Fleksibel. Cara Anda memasarkan produk di media ini sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja.
2. Biaya operasional yang rendah. Dengan adanya hal ini dalam produk pemasaran, pengguna dan pemasaran tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, bahkan dapat dilakukan secara gratis. Jadilah kreatif dalam membuat audiens Anda tertarik dengan konten yang Anda tawarkan.
3. Memiliki akses yang luas
Anda memiliki akses ke berbagai komoditas di tingkat nasional dan internasional. Anda sering mendengar istilah “pengiriman global” di media ini. Ini berarti pengiriman internasional di mana Anda bisa menjual produk dengan kesadaran yang jelas bahwa produk tersebut merupakan buatan oleh orang di luar negeri.
4. Pengoperasian yang mudah
Memang, cara Anda menggunakannya tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Karena menggunakan media ini sederhana dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kebanyakan orang.
Kekurangannya Sebagai Sarana Pemasaran
Tak hanya memiliki kelebihan saja, menggunakan media sosial sebagai sarana bisnis dan pemasaran juga ada kekurangannya loh. Apa saja kekurangannya? Yuk, simak!
1. Kurangnya kepercayaan.
Kedua belah pihak, mungkin tidak mempercayai antara satu sama lain, baik pelanggan maupun Anda sebagai penjual. Jadi itu bisa diibaratkan dengan pelanggan yang percaya bahwa iklan mereka tidak sesuai dengan harapan mereka dan Anda tidak percaya bahwa kejujuran pelanggan dapat dipercaya pada jenis perdagangan sosial ini yang berkemungkinan pelanggan Anda melakukan tindakan penipuan.
2. Kekecewaan pada ekspektasi produk.
Sebagai pelanggan, pemasaran ini bisa menambah kekecewaan pelanggan yang akhirnya membeli produk secara online karena tidak dapat melihat produk secara langsung dan mengandalkan informasi dari foto dan ulasan. Orang lain yang membeli barang itu sudah membeli toko.
3. Mempertahankan reputasi perusahaan itu sulit.
Mengenai poin mengecewakan harapan produk pelanggan tersebut di atas, jika ada pelanggan yang mengabaikan pemeriksaan produk yang dijual oleh Anda dalam rangka untuk menurunkan nama toko, maka akan mempengaruhi reputasi perusahaan dan toko Anda, dan harga produk akan diturunkan, bisa juga Kualitas dilihat oleh pelanggan lain.
Oleh karena itu, penting bagi pengusaha untuk menciptakan pemasaran pada media ini. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi yang jelas dan terkini tentang barang yang dijual, daftar foto dan ulasan nyata untuk setiap penjualan, dan ciptakan praktik yang aman dan dapat dipercaya.