Faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga. Berdasarkan hukum permintaan dan penawaran, maka suatu permintaan yang akan meningkat dapat menaikkan harga dan permintaan yang turun bisa menurunkan harga

Harga ialah nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang: mobil ini sangat mahal-nya; jumlah uang atau alat tukar lain yang bernilai, yang harus ditentukan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan dipasar tertentu. (Kampus Besar Bahasa Indonesia). Jumlah uang yang diterima oleh penjual dan hasil penjualan suatu produk barang atau jasa, yaitu penjualan yang berlangsung pada perusahaan atau tempat usaha atau bisnis; harga tersebut tidak selalu merupakan harga yang diinginkan oleh penjual produk atau jasa tersebut, tetapi merupakan harga yang benar-benar berlangsung sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli (price). (Otoritas Jasa Keuangan).

Suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu(Wikipedia).

Definisi Harga

Harga merupakan suatu nilai uang yang ditentukan oleh ketidak seimbangan barang atau jasa perusahaan dan segala sesuatu yang diadakan suatu guna untuk memuaskan keinginan konsumen.

Bisa dikatakan, harga merupakan suatu permainan dalam pemasaran. Maksudnya, apabila harga yang diterapkan oleh penjual terlalu tinggi maka harga tersebut tidak akan terjangkau oleh konsumen atau pelanggan, akhirnya akan berdampak pada lesu atau menurun pemasaran suatu produk di perusahaan tersebut.

Sebaliknya ketika harga yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut terlalu rendah maka akan berdampak pada rendahnya tingkat profitabilitas penjual.

Di sisi lain, konsumen menganggap barang yang ditawarkan dengan harga rendah tersebut merupakan barang lama atau barang yang kualitasnya buruk. Karena harga dari suatu barang itu dapat mencerminkan kualitas yang didambakan.

Tujuan Penetapan Harga

Bebrapa tujuan yang dapat diraih perusahaan melalui penetapan harga, yaitu:

1.Bertahan hidup (survival)

Pada kondisi tertentu, saat persaingan bisnis semakin tinggi, perusahaan menetaspkan harga jual produk di bawah harga pasar. tujuannya ialah untuk bertahan hidup (survival)

2.Memaksimalkan laba jangka pendek (keuntungan maksimum saat ini)

Perusahaan menetapkan harga serendah-rendahnya dengan asumsi pasar sangat peka terhadap harga. ini ialah “penentuan harga untuk menjalin pasar

(penetapan harga penetrasi pasar)’.

3.Peranan harga

Tujuan penetapan harga ialah untuk mencapai harga yang stabil dan tetap. Hal ini bisa untuk menghindari terjadinya perang harga

4.Memaksimalkan laba usaha

Salah satu tujuan penetapan harga ialah agar perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga

Dalam penetapan harga, salah satu yang harus diperhatikan ialah faktor yang mempengaruhinya yaitu:

1.Faktor langsung

Contoh: harga bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran, peraturan pemerintah, dan lainnya.

2.Faktor tidak langsung

Contoh: harga produk sejenis yang dijual oleh para pesaing, atau potongan untuk para penyalur dan konsumen.

Metode dalam Penetapan Harga

Ada 6 langkah yang dilakukan dalam menetapkan harga, yaitu:

  1. Memilih tujuan dalam penetapan harga

Semakin jelas tujuan perusahaan, maka semakin mudah perusahaan menetapkan harga.

  • Menentukan permintaan

Setiap harga ke tingkat permintaan yang berbeda, karena itu akan memiliki berbagai dampak pada pemasaran perusahaan.

  • 3.           Memperkirakan biaya
  • Perusahaan pasti ingin menetapkan harga yang menutupi biaya produksi, distribusi penjualan, termasuk tingkat-tingkat yang wajar untuk usaha dan risikonya.
  • 4.           Menganalisis biaya, harga dan penawaran pesaing
  • Perusahaan harus mempertimbangkan harga serta menambahkan nilai bagi pelanggan dan menambah nilai itu ke harga pesaing.
  • Memilih metode penetapan harga
  • Memilih harga akhir

Metode penetapan harga mempersempit kisaran dari mana perusahaan harus memilih harga akhirnya.

Demikian uraian diatas tentang faktor yang mempengaruhi penetapan harga semoga bermanfaat.